❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Apa Itu Sistem ADAS pada Mobil? Ini Dia Penjelasannya

sistem adas mobil

Saat teknologi terus berkembang, otomotif juga mengalami evolusi yang signifikan.

Salah satu inovasi yang semakin mendominasi di dunia otomotif, khususnya roda empat, adalah sistem ADAS atau Advanced Driver Assistance Systems, yang menghadirkan solusi cerdas untuk meningkatkan keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi saat mengemudi.

Sistem ini memadukan sensor, perangkat lunak, dan komponen elektronik untuk memberikan bantuan kepada pengemudi dalam mengelola kendaraan dan mengurangi risiko kecelakaan.

Untuk lebih jelasnya mengenai sistem kemudi yang satu ini, berikut telah tim rustpro.id rangkum informasi tentang apa itu sistem ADAS mobil, komponen-komponennya, dan fitur-fitur utamanya.

Tak lupa juga kami berikan beberapa contoh mobil yang telah menerapkan sistem canggih ini.

Penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa Itu Sistem ADAS?

Sistem ADAS adalah sekumpulan teknologi pada mobil yang dirancang untuk membantu pengemudi dalam mengemudi, mengurangi stres, dan meningkatkan keselamatan di jalan.

Meskipun tidak menggantikan peran pengemudi, ADAS berfungsi sebagai asisten yang mengambil tindakan preventif atau intervensi saat terdeteksi adanya situasi berisiko.

Tujuan utamanya adalah mengurangi angka kecelakaan, melindungi penumpang, dan meningkatkan pengalaman mengemudi secara keseluruhan.

Komponen Sistem ADAS

Sistem ADAS mobil terdiri dari berbagai komponen, diantaranya:

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  • sensor,
  • kamera,
  • radar,
  • lidar,
  • perangkat lunak pengolahan data, dan
  • kontrol elektronik.

Sensor seperti radar dan kamera berfungsi untuk mengumpulkan informasi sekitar kendaraan, sementara perangkat lunak pengolahan data menganalisis informasi tersebut untuk mengambil keputusan yang tepat.

Fitur Utama Sistem ADAS

Sistem ADAS mencakup berbagai fitur yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan, antara lain:

Emergency Braking

Sistem ini dapat mendeteksi jika kendaraan di depan Anda tiba-tiba berhenti atau mengurangi kecepatan, dan secara otomatis melakukan pengereman darurat jika pengemudi tidak merespons tepat waktu.

Lane Departure Warning

Sensor kamera mengawasi garis marka jalan. Jika kendaraan mendekati batas garis tanpa tanda lampu sein, sistem akan memberi peringatan kepada pengemudi.

Adaptive Cruise Control

Fitur ini memungkinkan kendaraan menjaga jarak yang aman dengan kendaraan di depan, secara otomatis menyesuaikan kecepatan jika ada perubahan lalu lintas.

Blind Spot Monitoring

Sensor mengawasi area blind spot kendaraan dan memberi peringatan jika ada kendaraan di samping yang tidak terlihat dalam kaca spion.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Kaca Film Two Way, Gelap di Luar Terang di Dalam

Contoh Mobil yang Menerapkan Sistem ADAS

Salah satu contoh mobil yang menerapkan sistem ADAS adalah Wuling Almaz R5.

Mobil ini memiliki 11 fitur yang disematkan pada sistem ADAS, diantaranya ada Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Trafic Jam Assisance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Selain itu, ada juga mobil asal keluaran parbik Toyota, yaitu Toyota Raize yang juga memiliki sistem ADAS di dalamnya dengan naman Toyota Safety Sense.

Sistem ADAS juga dapat ditemui mobil-mobil keluaran parbikan Honda, seperti Hondar BR-V, Honda HR-V, dan Honda CR-V.

Untuk mobil-mobil produk Honda ini, mereka menggunakan sistem yang menyerupai ADAS dengan nama Honda Sensing.

Contoh mobil lainnya yang juga menyematkan sistem ADAS adalah Hyundai Creta dengan nama Hyundai Smarta Sense.

Ingin Mobil Awet dan Tahan Lama? Lapisi dengan Anti Karat di RustPro Sekarang! Dijamin Garansi 8 Tahun

Salah satu cara untuk menjaga performa mobil agar dapat awet dan tahan lama adalah dengan melapisinya dengan lapisan pelindung anti karat.

Sifat merusak dari karat selain dapat merusak estetika mobil, juga dapat menurunkan performa mobil secara keseluruhan.

Oleh karena itu, RustPro menawarkan layanan anti karat mobil dengan jaminan garansi yang tidak main-main.

Kami menggunakan cat anti karat berbahan dasar rubber atau karet yang memiliki tingkat ketahanan yang sangat superior dalam melindungi mobil dari ancaman karat atau korosi.

RustPro menjamin kualitas cat anti karat ini dengan memberikan jaminan garansi hingga 8 tahun.

Selain itu, RustPro juga menyediakan layanan penyemprotan ulang secara GRATIS setiap tahunnya selama masih dalam periode garansi.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera reservasi sekarang dan nikmati keindahan dan kenyamanan mobil Anda untuk jangka waktu yang lama.

Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di nomor 0812-1130-9522.

Info lengkap mengenai biaya pemasangan anti karat mobil dan info layanan RustPro lainnya bisa Anda dapatkan melalui Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Buat Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda dapat mengunjungi cabang RustPro yang terletak di lokasi berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Lokasi: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Demikianlah informasi mengenai sistem ADAS mobil, mulai dari komponen-komponennya

Dalam rangka untuk memahami dan mengoperasikan dengan benar sistem ADAS, penting bagi pengemudi untuk membaca panduan pengguna dan mendapatkan pelatihan yang tepat.

Dengan menggabungkan kecerdasan buatan dan teknologi sensor, sistem ADAS membantu mengarahkan otomotif menuju era yang lebih aman, cerdas, dan terhubung.

RUSTPRO

It's My Responsibility