❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

6 Bahaya Mobil Terkena Banjir Rob, Begini Tips Mengatasinya

mobil terkena banjir rob

Mobil Terkena Banjir Rob– Memiliki mobil yang terkena banjir rob adalah pengalaman yang menakutkan dan memprihatinkan bagi para pemilik mobil. Banjir rob dapat menyebabkan kerusakan serius pada mobil, mulai dari mesin hingga sistem listrik.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan informasi seputar bahaya dan tantangan yang dihadapi mobil yang terendam banjir rob, serta langkah-langkah yang harus diambil untuk memulihkan dan melindungi mobil Anda setelah mengalami bencana alam yang menghancurkan tersebut. Dengan pengetahuan dan tindakan yang tepat, Anda dapat mengatasi dampak banjir rob pada mobil Anda dan mengembalikan mobil ke kondisi yang baik.

Baca Juga: 3 Langkah Darurat saat Mobil Terkena Air Laut, Harus Sigap agar Tak Rusak!

Bahaya Mobil Terkena Banjir Rob

Mobil terkena banjir rob menghadapi beberapa bahaya yang harus diperhatikan. Berikut adalah beberapa bahaya yang dapat terjadi pada mobil yang terendam banjir rob:

1. Kerusakan Mesin

Air banjir rob yang masuk ke dalam mesin mobil dapat menyebabkan kerusakan serius. Air dapat masuk ke ruang bakar atau sistem pelumasan, menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen vital seperti piston, silinder, atau crankshaft. Hal ini dapat mengakibatkan mesin mogok atau bahkan kerusakan permanen.

2. Kerusakan Sistem Listrik

Air yang masuk ke dalam kabel dan komponen sistem listrik mobil dapat menyebabkan korsleting atau kerusakan pada sistem tersebut. Ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen seperti kumparan, sensor, atau modul elektronik. Mobil mungkin tidak dapat dinyalakan atau mengalami masalah pada lampu, klakson, atau sistem lainnya.

3. Korosi

Air banjir rob sering kali mengandung garam dan partikel-partikel yang korosif. Jika air tersebut tidak segera dibersihkan, dapat menyebabkan korosi pada bagian-bagian logam mobil seperti bodi, sistem knalpot, atau sistem rem. Korosi dapat merusak struktur dan mengurangi keamanan serta nilai jual mobil.

4. Kerusakan Interior

Air banjir rob dapat merusak interior mobil, termasuk jok, karpet, panel pintu, atau sistem audio. Air yang tergenang dalam mobil dapat menyebabkan bau yang tidak sedap, jamur, atau kerusakan permanen pada material interior.

5. Gangguan Sistem Rem

Jika air banjir masuk ke dalam sistem rem mobil, dapat menyebabkan hilangnya efektivitas pengereman. Air dapat mengikis kampas rem dan mengurangi daya cengkeram kaliper rem pada cakram atau drum. Ini dapat mengakibatkan pengereman yang tidak responsif atau bahkan kegagalan rem.

6. Penurunan Kinerja Suspensi

Air yang terendam dalam banjir rob dapat mempengaruhi kinerja suspensi mobil. Air yang masuk ke dalam shock absorber atau sistem suspensi dapat mengurangi kemampuan suspensi untuk menyerap guncangan, mengurangi kenyamanan berkendara, dan meningkatkan risiko kerusakan pada komponen suspensi.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Tips Mobil Terkena Banjir Rob

Inilah beberapa tips mobil terkena banjir rob yang bisa diterapkan jika terjadi pada Anda:

Jangan mencoba menyalakan mobil

Jika mobil terendam air banjir, jangan mencoba menyalakannya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada sistem elektronik dan mesin mobil. Matikan sistem listrik dan segera hubungi bengkel atau layanan derek.

Jangan menghidupkan sistem listrik

Hindari menghidupkan sistem listrik mobil, termasuk lampu, klakson, atau sistem audio. Air yang masuk ke dalam sistem listrik dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan serius.

Jangan menginjak pedal gas atau rem

Jika mobil terendam dalam air banjir, hindari menginjak pedal gas atau rem. Air yang tergenang dalam sistem rem dapat mengurangi efektivitas pengereman dan mengakibatkan kecelakaan. Biarkan mobil dalam keadaan mati sampai diperiksa oleh teknisi.

Bawa mobil ke bengkel secepatnya

Setelah terkena banjir rob, segera bawa mobil Anda ke bengkel atau hubungi layanan derek. Biarkan teknisi yang berpengalaman melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memperbaiki kerusakan yang ada. Jangan mencoba memperbaiki sendiri jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup.

Periksa asuransi mobil Anda

Cek apakah mobil Anda memiliki perlindungan asuransi terhadap banjir. Jika ya, laporkan kejadian ini ke perusahaan asuransi Anda agar dapat memproses klaim perbaikan atau penggantian komponen yang rusak.

Bersihkan dan keringkan mobil

Setelah mobil diperiksa dan diperbaiki oleh bengkel, pastikan untuk membersihkan dan mengeringkan mobil secara menyeluruh. Hindari meninggalkan sisa-sisa air dalam mobil karena dapat menyebabkan korosi dan kerusakan lebih lanjut.

Perhatikan tanda-tanda kerusakan

Setelah mobil diperbaiki, perhatikan tanda-tanda kerusakan yang mungkin muncul dalam beberapa hari atau minggu setelah kejadian banjir. Jika ada masalah atau kerusakan tambahan yang timbul, segera bawa mobil kembali ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.

Pasang Anti Karat

Salah satu bahaya mobil terkena banjir rob adalah dapat menyebabkan korosi atau karat pada bagian-bagian penting mobil, seperti sasis, mesin, dan sebagainya. Oleh karena itu, solusi yang tepat jika mobil Anda terkena banjir rob adalah segera melapisinya dengan cairan anti karat sebelum menimbulkan masalah karat yang lebih serius.

Baca Juga: 8 Dampak Buruk Mobil Jatuh ke Laut, Yuk Simak!

mobil terkena banjir rob
6 Bahaya Mobil Terkena Banjir Rob, Begini Tips Mengatasinya

RustPro adalah bengkel modern yang telah menjadi bagian dari Dokter Mobil Indonesia yang berfokus pada pemasangan anti karat mobil. Buat Anda yang mobilnya baru saja atau sering melewati genangan banjir rob, segera bawa ke RustPro agar ditangani oleh teknisi otomotif yang berpengalaman.

Tim teknisi kami sangat memahami dan menguasai SOP yang harus dilakukan apabila mobil terkena banjir rob. Pemasangan anti karat dapat membuat mobil Anda terhindar dari korosi yang diakibatkan oleh air banjir rob yang berasal dari laut.

Jadi, jangan ragu untuk membawa mobil Anda ke workshop RustPro jika tidak ingin terkena karat akibat banjir rob!

Hubungi Customer Service kami untuk pemesanan antrian secara online di nomor WhatsApp 0813-1150-2678. Khusus di bulan Juni 2023 ini, kami sedang ada promo spesial diskon hingga 30% untuk seluruh layanan.

Info lengkap tentang layanan-layanan di bengkel RustPro silahkan kunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Jika Anda berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya, khususnya Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Bekasi, silahkan datang ke alamat RustPro cabang Pengangsaan Dua yang berada di Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Itu dia informasi mengenai bahaya mobil terkena banjir rob dan tips mengatasinya. Penting untuk segera mengambil tindakan setelah mobil terkena banjir rob. Bawa mobil ke bengkel terdekat untuk inspeksi menyeluruh dan perbaikan yang diperlukan. Usahakan untuk tidak mencoba menghidupkan mobil atau mengendarainya sebelum diperiksa oleh teknisi yang berpengalaman.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility