❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

3 Langkah Darurat saat Mobil Terkena Air Laut, Harus Sigap agar Tak Rusak!

3 Langkah Darurat saat Mobil Terkena Air Laut

Bertamasya saat liburan panjang atau akhir pekan di daerah pantai memang sangat menyenangkan. Namun, semua ini bisa menjadi sangat menyebalkan apabila mobil terkena air. Terkena air laut dapat merusak sistem yang penting pada mobil. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengambil tindakan penanganan darurat yang tepat ketika mobil terkena air laut. Agar tak membawa ‘oleh-oleh’ berupa kerusakan akibat mobil terkena air laut, pastikan Anda menyimak informasi selengkapnya di bawah ini!

Langkah Penanganan Darurat saat Mobil Terkena Air Laut

Butuh penanganan yang sigap, berikut ini adalah langkah yang bisa Anda lakukan saat mobil kesayangan Anda terkena air laut saat sedang digunakan untuk bertamasya di daerah pesisir pantai.

  1. Segera Basuh dengan Air Tawar

Ketika mobil terkena air laut, penting untuk segera membasuhnya dengan air tawar. Hal ini karena air laut dapat menyebabkan kerusakan pada bagian dalam mobil, seperti komponen mesin, sistem pendingin, dan rangka dan menyebabkan karat serta korosi. Air tawar akan dapat membersihkan debu dan garam yang menempel di permukaan mobil, sehingga mengurangi risiko kerusakan bagian mesin dan juga rangka. Selain itu, air tawar juga dapat membantu menghilangkan bau yang tak sedap karena air laut. Dengan membasuh mobil dengan air tawar, maka mobil akan terlihat lebih bersih dan lebih sehat.

  1. Tutup Jendela dan Pintu Mobil

Saat mobil terkena air laut, pastikan air laut tak masuk ke dalam kabin mobil dengan menutup pintu dan jendela mobil dengan rapat. Air laut yang masuk ke dalam kabin mobil sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem elektronik, komponen mekanik, dan komponen lainnya yang ada di dalam mobil. Kerusakan ini dapat menyebabkan mobil rusak dan tidak dapat dioperasikan. Selain itu, masuknya air laut ke dalam kabin mobil juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dalam mobil. Hal ini akan membuat kenyamanan berkendara menurun.

  1. Jangan Menyalakan Mesin

Karena saat mesin mobil menyala, air laut akan masuk ke dalam sistem pendingin mesin. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada mesin, sehingga biaya perbaikannya akan menjadi sangat mahal. Selain itu, ada juga kemungkinan bahwa mesin mobil akan mati setelah beberapa saat sehingga akan meningkatkan risiko kecelakaan.

Mesin mobil juga dapat menghasilkan panas yang dapat menyebabkan lebih banyak air masuk ke dalam mobil. Dengan demikian, risiko kerusakan yang lebih besar akan terjadi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak menyalakan mesin saat mobil terkena air laut.

Efek Buruk Mobil Terkena Air Laut

Mobil yang terkena air laut dapat menimbulkan berbagai efek buruk. Air laut dapat menimbulkan korosi pada bagian dalam mobil, seperti bagian mesin, sistem pengapian, komponen bahan bakar, dan lain-lain. Air laut juga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen elektronik, seperti sistem kontrol motor, sistem penggerak roda, dan lain-lain. Selain itu, air laut juga dapat menyebabkan komponen plastik, karet, dan logam lainnya mengalami kerusakan. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada jalur elektris, menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan, dan menyebabkan gangguan pada sistem suspensi. Akibat lain yang dapat terjadi adalah kerusakan pada komponen cat dan bodi, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mobil.

Baca Juga: Banjir Penyebab Karat: Bagaimana Solusi Untuk Mobil Anda?

Cegah Kerusakan Akibat Mobil Terkena Air Laut dengan Layanan-layanan RUSTPRO!

Memnbawa mobil saat bertamasya ke daerah pantai memang sangat menyenangkan. Namun bahaya dari paparan air laut pada mobil seringkali terabaikan oleh para pengguna mobilnya hingga berujung pada kerusakan di berbagai komponen mobil, salah satunya munculnya karat dan keropos di bodi mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Pencegahan bodi mobil dari karat bisa dicegah dengan pengaplikasian lapisan anti karat mobil berbahan dasar karet atau rubber yang lebih ringan, tahan di suhu tinggi, serta tak mudah luruh akibat zat pelarut. Lapisan anti karat ini bisa Anda dapatkan dari  anti karat mobil RUSTPRO yang memiliki masa garansi hingga 8 tahun!

Sedangkan permukaan eksterior dan interior mobil bisa selalu terlindungi dari paparan air laut yang korosif dengan pengaplikasian coating mobil di RUSTPRO. Coating mobil di RUSTPRO menggunakan formulasi paling terbaru dan satu-satunya di Indonesia, yakni Graphene 10 H+ Protection. Lapisan graphene memiliki ketahanan yang jauh lebih keras dan tahan gores serta bisa jaga warna cat mobil agar lebih cerah, jauh lebih unggul dari Nano dan Ceramic Coating biasa.

Nah, khusus bagi Anda yang bermukim di sekitar Cipete, Fatmawati, Cilandak, Cinere, Lebak Bulus, hingga Tangerang Selatan, RUSTPRO Lebak Bulus telah hadir untuk berikan layanan-layanan tersebut dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Satu lokasi dengan Dokter Mobil Cirendeu, Anda juga bisa dapatkan layanan perawatan dan perbaikan mesin mobil di sini!

Lokasi: 14, Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Namun karena lengkap dan berkualitasnya layanan di sini, seringkali antrean di RUSTPRO Lebak Bulus kerap kali penuh antrean. Agar Anda bisa langsung dapat penanganan tanpa harus menunggu antrean, pastikan untuk melakukan reservasi dulu melalui telepon atau WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Penutup

Efek mobil terkena air laut memang sangat buruk bagi mobil. Sehingga pastikan untuk segera melakukan tindakan darurat saat mobil terkena air laut dan berikan perlindungan preventif dengan lapisan anti karat mobil dan coating mobil berkualitas TOP dari RUSTPRO!

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility