❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Benarkah Air Hujan Merusak Cat Mobil?

Benarkah Air Hujan Merusak Cat Mobil

Agar mobil tetap terlihat bagus, pemilik mobil perlu menjaga kondisi mobil secara teratur, termasuk mengurus cat mobil. Namun, bagaimana jika kondisi cat mobil terkena air hujan? Apakah benar air hujan merusak cat mobil? Jawabannya mungkin tidak sama bagi setiap orang.

Namun, salah satu hal yang pasti adalah diperlukan beberapa kiat untuk menghindari kerusakan pada cat mobil akibat air hujan. Dalam artikel ini, kita akan membahas efek air hujan pada cat mobil serta kiat-kiat yang perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan pada cat mobil akibat air hujan.

Apakah Air Hujan Merusak Cat Mobil?

Secara umum, air hujan tidak akan merusak cat mobil. Namun, ada beberapa faktor yang dapat membuat air hujan dapat merusak cat mobil.

  1. Kualitas Air Hujan yang Buruk

Air hujan yang jatuh dari langit bisa saja membawa kotoran, asam sulfat, asam nitrat, dan partikel-partikel lainnya yang tidak baik untuk cat mobil. Apabila kotoran tersebut menempel pada permukaan mobil dan dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini bisa membuat cat mobil menjadi terkelupas atau rusak.

  1. Pemakaian Sabun atau Deterjen yang Tidak Cocok

Ketika mencuci mobil, terkadang ada beberapa orang yang menggunakan sabun atau deterjen yang tidak cocok dengan cat mobil. Sabun atau deterjen yang tidak cocok dapat membuat lapisan pelindung pada cat mobil terkelupas dan akhirnya rusak. Hal ini bisa membuat air hujan menjadi penyebab kerusakan pada cat mobil.

  1. Tidak Segera Membersihkan Mobil Setelah Hujan

Air hujan sendiri tidak akan merusak cat mobil, namun ketika air hujan sudah mengering pada permukaan mobil dan tidak segera dibersihkan, maka hal ini bisa membuat cat mobil menjadi rusak. Karena ketika air hujan mengering, kotoran dan partikel-partikel lainnya akan tertinggal pada permukaan mobil. Hal ini bisa membuat cat mobil menjadi kusam, atau bahkan rusak.

  1. Kondisi Cat Mobil yang Sudah Buruk

Jika cat mobil sudah dalam kondisi yang buruk atau sudah menunjukkan gejala-gejala kusam dan terkelupas, maka air hujan bisa mempercepat kerusakan pada cat mobil tersebut. Hal ini bisa terjadi karena lapisan pelindung pada cat mobil sudah aus dan tidak mampu lagi melindungi permukaan mobil dari efek buruk air hujan.

Dalam kesimpulannya, air hujan sendiri tidak akan merusak cat mobil. Namun, ada beberapa faktor seperti kualitas air hujan, pemakaian sabun atau deterjen yang tidak cocok, tidak segera membersihkan mobil setelah hujan, dan kondisi cat mobil yang sudah buruk yang bisa membuat air hujan menjadi penyebab kerusakan pada cat mobil. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kondisi cat mobil agar tidak rusak dan tetap terlihat bagus.

Hal yang Perlu Dilakukan saat Mobil Terpapar oleh Air Hujan

Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan saat mobil terpapar air hujan:

  • Bersihkan mobil secara teratur: Setelah terpapar air hujan, segera bersihkan mobil dengan cairan pencuci mobil yang aman untuk cat. Pastikan untuk menghindari pemakaian sabun atau deterjen yang tidak cocok dengan cat mobil. Setelah itu, bilas mobil dengan air bersih dan keringkan dengan kain kering.
  • Hindari terkena air hujan saat parkir: Saat parkir mobil, usahakan untuk memarkirkan mobil di tempat yang terlindung dari air hujan. Jika tidak ada tempat yang terlindung, pastikan untuk menutup mobil menggunakan cover atau perlindungan lainnya.
  • Lakukan perlindungan pada cat mobil: Lakukan perlindungan pada cat mobil dengan memberikan lapisan pelindung pada permukaan mobil. Ada beberapa jenis pelindung cat mobil yang bisa dipilih, seperti wax atau ceramic coating.
  • Cek kondisi cat mobil secara berkala: Pastikan untuk secara berkala memeriksa kondisi cat mobil. Apabila terdapat kerusakan atau gejala-gejala terkelupas, segera perbaiki atau ganti cat mobil dengan yang baru.
  • Lakukan perawatan mobil secara berkala: Melakukan perawatan mobil secara berkala seperti mengganti oli, mengecek kondisi ban, dan perawatan mesin dapat membantu menjaga kesehatan mobil, termasuk cat mobil.

Jangan biarkan kotoran menempel pada permukaan mobil: Kotoran yang menempel pada permukaan mobil dapat menyebabkan kerusakan pada cat mobil jika tidak segera dibersihkan. Oleh karena itu, pastikan untuk segera membersihkan kotoran yang menempel pada mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menghilangkan Noda di Mobil Putih

Dalam kesimpulannya, untuk menjaga kondisi cat mobil tetap baik dan terhindar dari kerusakan akibat air hujan, diperlukan perawatan dan perlindungan yang tepat. Bersihkan mobil secara teratur, hindari terkena air hujan saat parkir, lakukan perlindungan pada cat mobil, cek kondisi cat mobil secara berkala, lakukan perawatan mobil secara berkala, dan jangan biarkan kotoran menempel pada permukaan mobil.

Beri Perlindungan Sempurna dari Paparan Air Hujan dengan Coating Detailing dari Rustpro

Air hujan memang memiliki sifat yang korosif. Sangat berbahaya jika tetesan air hujan yang menempel ke bodi mobil tak segera dibersihkan, sebab ancaman karat dan kerusakan di bodi mobil jelas akan sangat mudah terjadi apabila mobil tak segera dibersihkan.

Salah satu cara agar tetesan air hujan tak bisa merusak permukaan bodi mobil adalah dengan melakukan perawatan coating dan detailing. Rustpro menjadi bengkel spesialis coating dan detailing yang banyak direkomendasikan oleh banyak pengguna mobil di Indonesia untuk merawat bodi mobil agar terjaga selalu kondisinya.

Rustpro menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10 H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia. Formulasi Graphene ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Dengan masa garansi hingga 1 tahun, jelas kualitas dari coating dan detailing Rustpro memang sangat terjamin.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Surabaya, dan Bandung, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Lebak Bulus
    Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  2. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216
  3. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

Karena seringkali layanan coating dan detailing mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Penutup

Secara umum, air hujan tidak akan merusak cat mobil, namun beberapa faktor seperti kualitas air hujan yang buruk, pemakaian sabun atau deterjen yang tidak cocok, tidak segera membersihkan mobil setelah hujan, dan kondisi cat mobil yang sudah buruk dapat membuat air hujan menjadi penyebab kerusakan pada cat mobil.

Oleh karena itu, diperlukan beberapa kiat untuk menghindari kerusakan pada cat mobil akibat air hujan, seperti membersihkan mobil secara teratur, hindari terkena air hujan saat parkir, lakukan perlindungan pada cat mobil, cek kondisi cat mobil secara berkala, lakukan perawatan mobil secara berkala, dan jangan biarkan kotoran menempel pada permukaan mobil.

Untuk penanganan sempurna, pastikan bawa mobil Anda ke Rustpro untuk mendapatkan layanan coating detailing terbaik yang ampuh mencegah air hujan merusak permukaan cat mobil. Dengan pelayanan prima dan kualitas produk sempurna, jelas Rustpro adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda percayakan dalam perawatan hingga perbaikan tampilan bodi mobil kesayangan Anda.

RUSTPRO

It's My Responsibility