5 Sumber Bunyi Duk Duk pada Kaki-kaki Mobil dan Cara Mengatasinya

Bunyi Duk Duk pada Kaki Mobil

Bunyi Duk Duk pada kaki-kaki mobil bisa menjadi petanda buruk bagi mesin mobil. Mungkin saja, ada gangguan pada mesin maupun perangkat mobil yang lainnya. Apalagi, jika bunyi duk duk yang muncul pada bagian kaki mobil.

Seperti yang diketahui, bagian kaki mobil dan kolongnya adalah bagian yang selalu berinteraksi dengan jalan. Tentu saja, hal ini membuat bagian ini cukup rawan atas kerusakan, akibat benturan, atau pemakaian yang berlebihan. Kerusakan pada bagian ini juga sangat berbahaya bagi pengendara.

Terutama jika sedang melewati jalan yang tidak rata dan bergelombang. Jika tidak diperiksa dan diatasi segera bisa menyebabkan kecelakaan yang fatal. Karena itu, ada baiknya tidak meremehkan bunyi duk duk yang terdengar dari kaki mobil ini.

Sebelum, membawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan. Sebagai pemilik kendaraan, tidak ada salahnya untuk memeriksa terlebih dahulu dan mencari tahu. Apa yang menjadi sumber bunyi duk duk pada bagian kaki-kaki mobil.

5 Sumber Bunyi Duk Duk Pada Kaki-kaki Mobil

Bunyi Duk Duk pada Kaki Mobil

Bunyi duk duk yang terdengar pada bagian kaki mobil ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Terutama kerusakan pada komponen yang ada di dekat ban. Pada beberapa situasti, bunyi duk duk yang terdengar di kaki mobil merupakan hal yang normal. Mungkin saja, terjadi benturan atau memang kapasitas mesin yang seperti itu.

Namun, ada kalanya bunyi tersebut menandakan sesuai tidak normal. Terutama pada 5 komponen yang akan dibahas di bawah ini. Berikut ini merupakan komponen yang sering menjadi sumber bunyi duk duk pada bagian kaki-kaki mobil.

1. Long Tie Rod Sudah Aus

Long tie rod adalah komponen mesin yang berada di bawah kaki mobil dan bisa menyebabkan Bunyi Duk Duk pada Kaki-kaki Mobil. Komponen ini terdiri atas beberapa bagian. Di antaranya adalah ball join, rack end, dan tie rod itu sendiri. Ketiga komponen ini berkerja sama agar gerak kaki mobil bisa stabil dan mengikuti gerak kemudi yang ada di atas.

Namun adakalanya, setelah lama digunakan, long tie rod ini menjadi aus maupun longgar. Hal inilah yang menyebabkan munculnya bunyi duk duk pada bagian kaki mobil. Selain bunyi duk duk, ausnya long tie rod juga diiringi dengan kemudi mobil yang menjadi berat.

Umumnya long tie rod menjadi cepat rusak dan aus karena cara menyetir pengemudia. Terutama, pada jalanan yang rusak dan bergelombang. Jika pengemudi melewati jalan yang tidak rata dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini akan memberikan beban berlebih pada long tie rod. Menyebabkan komponen di dalamnya saling berbenturan dan cepat aus.

2. Bushing Arm Menjadi Tipis

Komponen bushing arm juga menjadi salah satu penyebab bunyi duk duk pada bagian kaki-kaki mobil. Umumnya sebuah mobil akan memiliki 8 bushing arm dengan 4 pada bagian depan, dan 4  lainnya di bagian belakang. Fungsi dari komponen ini adalah untuk menahan getaran yang diterima dari ban dan mesin mobil.

Bentuk komponen ini seperti botol namun terbuat dari pipa besi yang dilapisi. Bushing arm bisa menjadi tipis karena lapisan karetnya yang hilang. Hal ini berkaitan dengan penggunaan yang kasar dan perawatan yang jarang.

3. Longgarnya Bushing Stabilizer

Komponen bushing stabilizer memiliki fungsi sama seperti bushing arm yaitu menahan getaran Bunyi Duk Duk pada Kaki Mobil. Hanya saja, getaran yang ditahan oleh komponen ini berasal dari link stabilizer. Bushing stabilizer juga berfungsi agar getaran ini tidak mempengaruhi chasis mobil.

Sama seperti bushing arm, komponen ini juga bisa menjadi longgar dan aus. Penyebab utamanya adalah lamanya penggunaan, atau mungkin penggunaan yang kasar dari pengemudinya. Longgarnya bushing stabilizer inilah yang menyebabkan ruang pada komponen.

Akhirnya, membuat komponen saling berbenturan dan menyebabkan bunyi duk duk. Namun, mungkin saja bunyi duk duk pada komponen ini, disebabkan oleh baut yang tidak dipasang dengan kencang.

4. Shock Breaker Tidak Bekerja

Jika bunyi Bunyi Duk Duk pada Kaki-kaki Mobil sering terdengar ketika mobil melewati jalan yang tidak rata. Kemudian, hal ini juga diiringi dengan bantingan-bantingan keras dalam mobil. Hal ini bisa saja menandakan bahwa shock breaker pada mobil tidak bekerja dengan baik. Karena, shock breaker merupakan komponen dalam mobil yang berfungsi untuk menahan goncangan dalam mobil.

5. Karet Support pada Shock Breaker Aus

Bunyi Duk Duk pada Kaki-kaki Mobil Masih pada komponen shock breaker, komponen ini memiliki bagian bernama karet support. Karet support berada di bagian atas shock breaker. Bagian ini juga yang menghubungkan shock breaker dengan badan mobil. Jadi, jika bagian ini rusak atau mungkin aus maka shock breaker tidak akan mampu menahan goncangan.

Akibatnya akan terjadi Bunyi Duk Duk pada Kaki-kaki Mobil pada bagian ini. Diiringi juga bantingan keras pada bagian dalam mobil. Terutama, ketika melewati jalan yang tidak rata.

Dibaca Juga: Rekomendasi Bengkel Anti Karat Berkualitas Terpercaya

Cara Mengatasi Bunyi Duk Duk Pada Kaki Mobil

Setelah mengetahui sumber bunyi duk duk pada kaki-kaki mobil, selanjutnya akan dibahas tentang bagaimana cara mengatasi bunyi tersebut.  Seperti yang dijelaskan di atas, ada banyak komponen yang bisa menjadi sumber dari suara duk duk pada kaki mobil.

Karena itu sebelum mengatasinya, para pemilik kendaraan harus memastikan dulu mana yang menjadi sumber bunyi. Apakah bagian long tie rod, shock breaker, bushing arm, atau bagian yang lain. Sebenarnya, jika dilihat secara keseluruhan penyebab dari bunyi duk duk pada kaki-kaki mobil ini relatif sama.

Antara ausnya karet pelapis pada komponen, longgarnya pemasangan, atau kondisi komponen yang rusak karena kurangnya perawatan. Karena itu, cara utama dalam mengatasi hal ini adalah melakukan perawatan pada mobil terutama pada bagian kaki mobil.

Kebanyakan komponen tersebut terbuat dari besi karena itu perawatan anti karat secara khusus dilakukan. Apalagi, pada bagian kolong dan kaki mobil. Untuk perawatan anti karat, percayakan semuanya pada RUSTPRO.

RUSTPRO adalah treatment khusus di mana bagian mobil yang dinginkan akan dilapisi dengan laisan anti karat. Bahan pelapis dari RUSTPRO ini terbuat dari karet atau rubber. Dijamin akan lebih efektif dibandingkan pelapis yang menggunakan bahan aspal.

Bahkan RUSTPRO sudah dilapisi dengan bahan yang soundproof atau kedap suara. Bahan ini dapat mengurangi suara dari luar mobil hingga 20dB. Jadi, dijamin tidak akan ada lagi bunyi duk duk pada kaki-kaki mobil yang akan terdengar dari bagian kaki mobil para pemilik.

Selain itu, pelapis anti karat dari RUSTPRO juga punya kelebihan lain. Seperti ketahanannya dan keawetannya. RUSTPRO memiliki ketahanan terhadap air mulai dari air hujan, air panas, sampai air garam dan Bunyi Duk Duk pada Kaki-kaki Mobil. Hal ini membuat RUSTPRO sangat ideal digunakan pada daerah tropis seperti Indonesia.

Itulah cara mengatasi bunyi duk duk pada kaki-kaki mobil. Jangan ragu untuk menggunakan perawatan dari RUSTPRO untuk mengatasi masalah tersebut. Dapatkan garansi hingga 8 tahun dari RUSTPRO untuk menjamin kesehatan mesin kendaraan anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.