❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Penyebab dan Cara Mengatasi Bunyi Duk Duk pada Kaki Mobil

bunyi duk duk pada kaki mobil

Semua orang yang memiliki mobil tentunya akan merasa panik dan khawatir jika mulai muncul bunyi duk duk pada kaki mobil. Kekhawatiran yang menghantui kala muncul bunyi ini adalah takut kalau mobilnya mengalami masalah secara tiba-tiba dan membahayakan keselamatan saat berkendara.

Bunyi duk-duk pada kaki mobil bisa menjadi indikasi adanya permasalahan pada bagian kaki-kaki mobil. Bunyi duk-duk ini bisa saja berasal dari ban depan atau ban belakang. Bunyi duk-duk pada kaki mobil seperti itu biasanya akan muncul saat mobil melewati jalan-jalan bergelombang atau rusak.

Mengenal Sumber Bunyi Duk-Duk pada Kaki Mobil

bunyi duk duk pada kaki mobil

Pada saat muncul bunyi di kolong mobil, pasti kamu akan merasa terganggu bahkan sebal karena suaranya sungguh menganggu kenyamanan selama berkendara. Terlebih bunyi itu muncul ketika sedang dalam kondisi jalanan macet. Pasti kamu akan bingung, apa yang sedang terjadi pada mobil kesayanganmu?

Munculnya bunyi duk duk pada kaki mobil itu biasa terjadi pada mobil yang sudah berusia di atas 5 tahun. Namun, semua itu tergantung pemakaian pribadi masing-masing. Terlebih kalau mobil tidak pernah mendapatkan perawatan sama sekali, pasti bunyi duk duk pada kaki mobil semakin parah.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa bagian mobil yang menjadi sumber bunyi duk duk pada kaki mobil. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Karet bushing arm sudah menipis

Penyebab pertama ada bunyi duk-duk pada mobil adalah diakibatkan karena karet bushing yang menipis. Komponen ini berfungsi sebagai penahan getaran dari ban dan mesin mobil. Bunyi duk-duk akan terasa semakin kencang ketika karet bushing sudah semakin menipis. Sehingga kamu harus segera melakukan pergantian karet bushing arm agar tidak muncul kembali bunyi duk-duk.

2. Long tie rod alami keausan

Apabila terjadi keausan pada komponen long tie rod, maka akan terjadi bunyi duk-duk pada bagian kolong mobil. Pada bagian long tie rod ini terdapat 3 bagian, yaitu tie rod, ball joint, dan rack rend. Komponen tersebut berfungsi agar kaki-kaki mobil bisa bergerak selaras dengan setir.

Ketika komponen long tie rod ini ada yang sudah aus, maka setelannya akan menjadi longgar. Hal inilah yang menyebabkan muncul bunyi pada mobil bagian bawah. Nah, untuk mengatasinya kamu harus mengganti komponen yang aus dan mengisi pelumas mobil agar tidak muncul lagi bunyi duk duk pada kaki mobil.

3. Ball Joint

Bunyi selanjutnya muncul pada bagian ball joint yang muncul saat mobil belok ke kanan atau ke kiri. Bunyi ini berasal dari bunyi besi yang sedang beradu. Nah, solusi untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan pergantian komponen atau dengan memberi pelumas.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

4. Strut Bar

Bunyi yang muncul pada bagian strut bar ini biasanya lebih halus dibandingkan bunyi yang berasal dari bushing arm. Bunyi ini muncul karena karet strut bar yang pecah. Jika terjadi hal demikian, maka kamu harus mengganti karet strut bar yang baru agar tidak muncul lagi bunti berdecit akibat karet strut bar yang pecah.

5. Bearing

Bunyi-bunyi meresahkan pada mobil bisa saja terjadi pada bagian bearing atau laher. Bunyi ini bisa terjadi karena komponen bearing ini pecah atau retak. Kalau kamu tidak segera melakukan pergantian saat bearing pecah atau retak, maka roda mobil akan sulit berputar. Tentunya ini sangat membahayakan ketika mobil sedang dikendarakan.

Bearing bisa pecah karena pelumasnya sudah habis dan mobil sering melewati jalan-jalan bebatuan dan rusak dengan kecepatan tinggi. Sehingga bearing mengalami kerusakan, yang ditandai dengan muncul retak atau pecah, dan harus segera mendapatkan perawatan.

6. Link Stabilizer

Apabila muncul bunyi duk duk pada kaki mobil dengan suara halus, entah di bagian belakang atau depan, menunjukkan kalau ada karet yang pecah. Masalah ini muncul karena seringnya mobil melewati jalanan yang rusak dan memaksa kecepatan tinggi.

Kalau memang bunyi duk duk ini terjadi pada link stabilizer, maka kamu harus segera menggantinya dengan karet yang baru. Jangan sampai kamu menunda untuk melakukan pergantian dengan komponen yang baru, agar mobil tetap nyaman digunakan.

7. Per daun belakang

Bunyi per daun belakang biasanya terjadi karena kondisinya karatan dan kering. Jadi untuk mengatasi hal ini kamu perlu mengaplikasikan anti karat mobil yang terbaik. Mengingat dengan pemberian lapisan anti karat khusus mobil, maka per daun belakang tidak sampai kering dan karatan dan menimbulkan bunti duk duk pada kaki mobil.

8. Shockbreaker

Bunyi duk duk pada mobil akan lebih terasa ketika melewati jalanan yang rusak dan berlubang. Terlebih kalau kamu berkendara dalam kecepatan tinggi, pasti bunyinya akan semakin keras.

Pada saat melewati jalan yang berlubang tersebut, bantingan pada bagian shockbreaker juga akan terasa keras. Maka dari itu, penting sekali melakukan perawatan secara rutin,] terutama mengaplikasikan anti karat pada bagian kolong mobil agar tidak muncul bunyi duk duk pada kaki mobil.

Dibaca Juga: 5 Sumber Bunyi Duk Duk pada Kaki-kaki Mobil dan Cara Mengatasinya

Solusi Atasi Bunyi Duk Duk Pada Kaki Mobil

Setelah tahu beberapa sumber penyebab bunyi duk duk pada kaki mobil, maka jangan tunda untuk segera melakukan perbaikan. Hal ini bertujuan agar mobil kamu tidak semakin rusak parah dan membahayakan keselamatan saat berkendara. Nah, untuk mencegah terjadinya bunyi duk duk pada kaki mobil muncul lagi, silahkan kunjungi bengkel mobil terpercaya untuk segera ditangani.

Salah satu cara untuk menjaga komponen bagian kolong dan kaki-kaki mobil adalah dengan mengaplikasikan anti karat khusus kolong mobil. Bagian kolong mobil adalah bagian yang paling rawat terkena karat dan korosi. Sehingga dengan mengaplikasikan anti karat akan membuat mobil bebas karat dan korosi.

Sebenarnya selain untuk mencegah terjadinya karat pada mobil, penggunaan anti karat yang bagus bisa menjadi solusi untuk mencegah terjadinya bunyi duk duk pada kaki mobil. Kamu bisa melakukan pemasangan anti karat di RustPro sebagai bengkel resmi yang terpercaya dalam pengaplikasian anti karat mobil.

Ada beberapa keunggulan ketika menggunakan anti karat di RustPro untuk kaki kaki mobil. Proses pengaplikasian lapisan anti karat RustPro lebih nyaman dan minim bising, karena lapisan anti karat berbahan dasar karet atau rubber. RustPro sendiri merupakan layanan yang memberikan perlindungan maksimal untuk mobil kesayangan agar bebas karat.

Banyak orang yang sudah mengandalkan RustPro sebagai solusi mengatasi masalah komponen kaki kaki mobil yang bising. RustPro sudah direkomendasikan oleh Dokter Mobil Indonesia sehingga sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

Baca Juga : Rekomendasi Cat Anti Karat Mobil Terbaik Untuk Anda!

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan RustPro. Inilah keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan lapisan anti karat RustPro:

  1. Menggunakan chemical khusus berbahan dasar karet atau rubber, sehingga anti karat bisa tahan lama hingga 10 tahun. Tentu ini bisa menjadi solusi terbaik untuk menjaga kaki-kaki mobil tetap bagus dan bebas karat.
  2. RustPro berupaya penuh memberikan pelayanan yang terbaik, dengan ditangani langsung oleh teknisi yang profesional dan berpengalaman. Ketika pekerjaan dilakukan oleh tenaga yang profesional, maka hasilnya lebih detail dan teliti.
  3. Sebagai peredam suara bising. Jadi dengan mengaplikasikan anti karat RustPro pada mobil, selain untuk menjaga anti karat, juga bisa sebagai peredam suara bising. Jadi dengan mempercayakan RustPro, mobil kamu akan lebih nyaman dan aman untuk berkendara.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi bunyi duk duk pada kaki mobil. RustPro bisa menjadi pilihanmu untuk mengaplikasikan anti karat pada kolong mobil agar tidak mudah karatan dan menimbulkan bunyi duk duk pada kaki mobil lagi. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan mengenai suara yang muncul dari kaki-kaki mobil. RUSTPRO selalu memberikan pelayanan terbaik untuk berbagai mobil yang ada. Pakai perlindungan anti karat mobil dari RUSTPRO sekarang juga (klik disini).

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility