❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Rekomendasi Cairan Coating Mobil Tahan Lama dan Penjelasannya!

Cairan coating mobil

Teknologi dalam cairan coating mobil profesional telah berkembang pesat dari waktu ke waktu.  Pada tahap awal perkembangannya, cairan coating mobil hanya bergantung pada bahan baku utama yaitu lilin, kemudian baru berkembang menjadi sealant cat.  Sekarang, sudah ada banyak  cairan coating mobil  yang menggunakan bahan baku berteknologi canggih seperti  SIO2 dan graphene.

Saat ini, pelapis keramik dan graphene adalah dua teknologi paling tahan lama yang tersedia sebagai bahan baku cairan coating mobil untuk melindungi cat kendaraan Anda.  Memilih di antara keduanya mungkin tampak rumit, tetapi hari ini kami akan membantu Anda memutuskannya. Untuk membandingkan cairan coating mobil berbahan dasar keramik dan graphene, kita harus fokus pada fitur penentu utama dari kedua teknologi termasuk daya tahan, kilap, hidrofobisitas, harga, biaya, dan kemudahan aplikasi.

Cairan Coating Mobil

Cairan coating mobil

Cairan coating mobil berbahan graphene diklaim dapat menawarkan daya tahan yang baik dan lebih tahan terhadap noda air daripada pelapis keramik, sementara pelapis keramik biasanya lebih murah dan lebih mudah tersedia.  Baik pelapis keramik dan graphene serupa dalam hal gloss, hidrofobisitas dan metode aplikasi.  Dengan mempertimbangkan karakteristik ini, keputusan tampaknya lebih sulit dibuat. Dengan memahami lebih lanjut tentang kedua teknologi dapat sangat meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam memilih satu dari yang lain.

Sekilas Penjelasan mengenai Cairan Coating Mobil Berbahan Dasar Keramik

Cairan coating berbahan dasar keramik terdiri dari silikon dioksida, atau silika, yang sering kali berasal dari kristal kuarsa.  Mereka dikombinasikan dengan banyak bahan kimia lain untuk menghasilkan cairan, yang bila diterapkan pada mobil dan dibiarkan untuk memperbaiki lapisan cat layar mobil, sekaligus membentuk lapisan tambahan yang jelas. Cairan coating berbahan dasar keramik sebenarnya telah ada sejak 2008 dan selama dekade terakhir telah menjadi populer di dunia detailing.  Mereka adalah bentuk perlindungan cat pilihan bagi orang-orang yang mencari sesuatu yang tahan lama karena mereka dapat mengungguli sealant dan lilin dalam umur panjang dan perlindungan keseluruhan.

Sejak peluncuran cairan coating berbahan dasar keramik pertama kali, sekarang sudah banyak produsen yang menawarkan berbagai tingkat coating keramik yang dapat diterapkan oleh pemilik kendaraan pribadi atau profesional terlatih.

Sekilas Penjelasan mengenai Cairan Coating Mobil Berbahan Dasar Graphene

Cairan coating mobil berbahan dasar Graphene adalah generasi berikutnya dari perlindungan cat mobil, yang muncul setelah pelapis keramik.  Graphene adalah zat yang terbuat dari atom karbon yang disusun dalam struktur sarang lebah yang sangat tipis, tetapi sangat tangguh, bahkan lebih keras dari berlian.

Durabilitas Cairan Coating Mobil Berbahan Dasar Graphene vs Keramik

Baik cairan coating berbahan keramik dan graphene keduanya sama-sama tahan lama, sebagian besar menawarkan daya tahan setidaknya 1-2 tahun.  Inilah salah satu alasan mengapa banyak pemilik mobil lebih memilihnya daripada wax dan sealant, yang hanya menawarkan perlindungan berbulan-bulan dibandingkan bertahun-tahun.

 Ada berbagai tingkat coating keramik dan graphene yang semuanya bertahan dalam jumlah waktu yang berbeda.  Sebagian besar cairan coating berbahan keramik mengklaim dapat bertahan antara 2-5 tahun.  Lalu, sebagian besar coating berbahan graphene mengklaim daya tahan setidaknya 5 tahun, beberapa bahkan memperpanjang perlindungan 7 tahun.

Hidrofobisitas

Kedua jenis lapisan keramik dan graphene sangat hidrofobik dan akan mengeluarkan air dari permukaan dengan sangat cepat. Lapisan graphene mengklaim menawarkan sudut kontak air yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa air lebih kecil kemungkinannya untuk tetap berada di permukaan karena tetesan air akan cenderung menggelinding saat berada lebih tinggi di permukaan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Kebanyakan orang akan kesulitan membedakan antara hidrofobisitas graphene berkualitas baik dan pelapis keramik. Tingkat ketahanan air biasanya akan tergantung pada kualitas lapisan dan bukan pada apakah itu graphene atau keramik.

Aplikasi

Perbedaan antara aplikasi cairan coating mobil berbahan graphene dan keramik sangat sedikit. Anda akan membutuhkan permukaan cat yang benar-benar kosong untuk mengaplikasikan kedua jenis coating tersebut. Jadi, pencucian menyeluruh, dekontaminasi, dan pemolesan serta pengecatan yang benar diperlukan sebelum aplikasi pelapisan. Aplikasi coating juga harus diterapkan di lingkungan yang dikontrol suhu. Untuk mengaplikasikan coating mobil berbahan graphene atau keramik, coating perlu digunakan dengan aplikator, bekerja ke permukaan dalam bagian-bagian kecil, diratakan dan digosok ketika lapisan telah terlihat mengkilap. Oleh karena itu, biasanya cairan coating mobil berbahan graphene atau keramik diaplikasikan oleh para profesional di ruang yang dikontrol suhu dan tertutup.

Gloss dan Finishing

Pelapis keramik dan graphene biasanya menawarkan kilau basah pada cat, seperti sealant. Hanya ada sedikit perbedaan antara jenis hasil akhir yang Anda dapatkan dari cairan coating mobil berbahan graphene atau keramik. Keduanya menawarkan tampilan dingin dan basah yang terlihat fantastis setelah selesai. Namun, kunci untuk hasil akhir yang sempurna adalah persiapan permukaan kendaraan Anda yang cukup.

Dibaca Juga: Pengertian Coating Mobil Dan Manfaatnya Untuk Kendaraan Anda!

Jadi, Mana Pilihan Terbaik Untuk Anda?

  • Cairan coat berbahan dasar keramik umumnya lebih mudah tersedia dan memiliki biaya yang lebih rendah.
  • Cairan coat berbahan dasar graphene umumnya bertahan lebih lama dan cenderung tidak menyebabkan bintik-bintik air.
  • Cairan coat berbahan dasar keramik dan graphene sama-sama menawarkan tingkat kilap, kelicinan, dan kemudahan aplikasi/preparasi yang serupa.

Ada banyak variasi dalam setiap jenis coating antar merek, jadi lakukan riset tentang coating mana pun yang Anda pilih untuk menemukan opsi terbaik. Terlepas dari mana yang Anda pilih, bila diterapkan dengan benar, Anda akan mendapatkan lapisan pelindung yang memuaskan untuk kendaraan Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memanfaatkan jasa professional.

Pengaplikasian Cairan Coating Mobil dengan Layanan Profesional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada solusi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengaplikasikan coating pada kendaraan secara maksimal, yaitu melalui layanan profesional. Sebenarnya, memang memungkinkan untuk mengaplikasikan coating ke mobil secara pribadi. Namun mengaplikasikan coating pada mobil sendiri menggunakan peralatan yang terbatas sangat memakan waktu dan tidak menjamin terjangkaunya keseluruhan mobil. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan pemeriksaan kendaraan profesional.

Salah satu penyedia layanan pemeriksaan, coating mobil, serta servis mobil profesional yang bisa Anda pilih untuk mobil yang baru kebanjiran adalah RUSTPRO dari Dokter Mobil. Sesuai dengan namanya, RUSTPRO merupakan bengkel mobil yang menyediakan ragam jenis layanan coating untuk mencegah karat pada mobil Anda. Pengaplikasian coating di bengkel RUSTPRO dikerjakan oleh para profesional dan menggunakan alat serta bahan yang sudah sesuai standar, sehingga layanan ini dijamin dapat memelihara warna mobil Anda layaknya mobil baru.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai penggunaan cairan coating mobil. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian cairan coating pada mobil sangat penting dan bermanfaat untuk menjaga kualitas warna cat bodi mobil secara keseluruhan. Untuk itu bagi Anda yang tertarik untuk mengaplikasikan coating untuk mobil, janganlah ragu untuk mendapatkan layanan profesional dari bengkel terkemuka seperti RUSTPRO untuk hasil terbaik. Anda bisa menghubungi admin Rustpro di (klik disini) untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

RUSTPRO

It's My Responsibility