Pengertian Coating Mobil Dan Manfaatnya

Coating Mobil

Coating mobil merupakan salah satu bentuk perlindungan yang harus diberikan pada mobil. Dikatakan harus karena coating akan melindungi badan mobil dari kerusakan dan juga pudarnya warna mobil. Jika sudah demikian tentu akan lebih mahal untuk biaya pengecatan ulang.

Kalian dapat melakukan coating mobil sekaligus pemasangan anti karat Rustpro di Dokter mobil. Hasil coatingnya bagus dan pemasangan anti karatnya juga akan tahan lama mencapai 8 tahun.

Apa itu coating mobil

Coating Mobil

  1. Coating mobil adalah memberikan lapisan cat tambahan

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa coating adalah proses yang tujuannya untuk memberikan perlindungan pada badan mobil. Coating sendiri adalah memberikan cat khusus sebagai lapisan tambahan pada cat mobil.

Pengecatan tambahan atas nama coating mobil ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan ya. Maka usahakan membawa ke bengkel yang telah berpengalaman dengan reputasi baik. Hal ini tentu untuk mendapatkan hasil akhir yang benar-benar dapat diandalkan.

Biasanya bahan yang digunakan dalam coating adalah nano coating. Bahan ini detailnya adalah partikel-partikel kecil yang saat diaplikasikan akan menyerap hingga pada pori-pori cat mobil yang telah ada. Karena inilah jika diberi perawatan coating, cat mobil akan tahan dari warna pudar.

  1. Coating mobil bisa dilakukan setahun sekali

Coating mobil bukanlah perawatan mobil yang harus sering dilakukan, melainkan rutin. Jangka waktunya juga tidak pendek karena hasil coating bisa bertahan selama satu tahun, bahkan juga bisa lebih.

Jadi pada perkiraan satu tahun, kalian dapat secara rutin melakukan coating mobil agar warna catnya terjaga. Juga untuk menghindari kerusakan lain seperti rusaknya badan mobil karena jamur.

  1. Coating mobil di Dokter mobil

Seperti telah disebutkan diatas, bahwa kalian dapat melakukan coating mobil di Dokter mobil. Selain coating, kalian juga dapat sekalian memasang anti karat Rustpro di Dokter mobil.

Anti karat Rustpro sendiri adalah prosuk yang dikembangkan oleh Dokter mobil. Kualitasnya juga unggulan dan sangat bisa diandalkan untuk melindungi mobil dari karat.

  1. Tetap dibersihkan meski telah dicoating

Terakhir jangan lupa untuk tetap membersihkan mobil meski telah dicoating. Karena pada dasarnya coating adalah sebuah perlindungan. Agar perlindungan ini dapat tahan lama, maka jalannya adalah rutin dibersihkan.

Dalam mencuci mobil, air yang digunakan juga harus diperhatikan. Karena beerapa jenis air tidak cocok atau justru mengandung senyawa yang berbahaya. Contohnya air hujan yang meskipun bisa membersihkan namun bersifat korosif.

Setelah dicuci, mobil juga harus dikeringkan dengan benar. Jangan asal menggunakan lap atau bahkan yang sudah kotor. Untuk hasil yang lebih baik, utamakan menggunakan lap khusus mobil agar aman.

Dibaca Juga:Cara Perawatan Mercedes-Benz E-Class

Manfaat Coating mobil

  1. Mencegah pudarnya warna mobil

Manfaat utama dari coating mobil agar warna aslinya tidak pudar. Tentu tampilan mobil akan menjadi kusam jika warnanya sampai pudar. Dengan itu maka coating mobil hadir untuk membuat warna mobil kesayangan kalian lebih tahan lama.

Cara kerja cat dari proses coating adalah dengan melindungi permukaan cat mobil daripaparan sinar matahari yang bersifat merusak jika terpapar dalam waktu lama. Kita tahu bahwa matahari mengandung sinar ultraviolet dalam pancarannya. Dan cat mobil yang sering terpapar ultraviolet akan cepat pudar.

Karena itulah kalian dapat melakukan proses coating agar cat mobil awet. Dengan ini maka tampilan mobil akan tetap fresh seperti baru.

  1. Membuat tampilan akhir mobil menjadi berkilau

Selanjutnya coating mobil juga membuat tampilan mobil menjadi berkilau. Dengan ini mobil akan tampak lebih elegan dan mewah. Tentu juga akan menjadikan aktivitas berkendara kalian menjadi lebih percaya diri.

Salah satu keunggulan coating mobil adalah efeknya yang tidak hanya bertahan dalam hitungan bulan. Bahkan jika perawatan dan penggunaannya sangat diperhatikan, hasil coating ini bisa bertahan lebih dari satu tahun. Sangat lama bukan ?

  1. Permukaan mobil terlindungi dari air dan jamur

Biasanya, jika mobil terkena air secara tidak sengaja, baik cipratan genangan atau lainnya, keringnya air akan meninggalkan bercak air. Namun jika telah melalui proses coating, bercak air ini dapat diminimalisir.

Hasil coating mobil efeknya jika terkena air akan seperti air di daun talas. Jadi airnya tidak menempel dan menimbulkan bercak melainkan langsung otomatis tergelincir karena setelah dicoating permukaan badan mobil menjadi licin, layaknya daun talas.

Bayangkan jika tidak dicoating. Maka bercak air yang tertinggal akan menimbulkan jamur pada badan mobil. Secara jangka panjang dan terus-menerus, tentu saja hal ini akan berakibat buruk pada kualitas badan dan juga cat mobil. Maka disinilah pentingnya coating mobil agar badan mobil terlindungi dan awet.

  1. Badan mobil akan lebih anti gores

Cat mobil biasa akan sangat sensitif terhadap goresan. Dalam artian, banyak benda yang berpotensi menimbulkan goresan pada badan mobil. Karena dalam perjalanan bisa saja badan mobil bersentuhan dengan ranting, sentuhan benda orang yang kebetulan lewat, atau mungkin kerikil yang secara tidak sengaja terlempar ke badan mobil.

Dengan pemberian coating, maka adanya goresan dari berbagai sebab tersebut dapat diminimalisir. Hal ini karena lapisan cat yang telah diberi coating akan lebih kuat sehingga sulit ditembus untuk menciptakan goresan.

  1. Perawatan mobil akan lebih mudah

Badan mobil yang telah melalui proses coating akan menolak noda seperti daun talas menolak air. Jadi mobil akan lebih anti dari berbagai kotoran yang biasanya menempel atau bahkan sampai memunculkan bibit jamur yang dapat berdampak lebih buruk.

Karena mobil tidak terlalu kotor, maka jelas kita tidak perlu mencucinya terlalu sering. Kecuali pada musim hujan yang mana pengaruh cuaca biasanya sangat memberikan efek. Namun setelah dicoating, efek buruk musim hujan juga dapat diminimalisir.

  1. Tidak mengkhawatirkan mobil saat berkendara

Banyak pengguna mobil yang merasa khawatir saat membawa mobilnya bepergian, utamanya pada musim hujan. Hal ini karena bisa saja mobil terkena dampak buruk dari berbagai jenis kotoran. Juga bisa karena risiko munculnya goresan karena berbagai sebab.

Namun dengan adanya coating mobil, berkendara akan teras lebih nyaman karena badan mobil sudah terlindungi. Jadi tidk perlu terlalu mengkhawatirkan akan adanya kendala pada badan mobil.

Demikian pengertian coating mobil dan juga sederet manfaatnya. Meski harganya terbilang sedikit mahal, namun manfaat yang didapat dari coating mobil juga sangat banyak. Hal ini tentu akan lebih hemat untuk pendanaan jangka panjang. Karena jika tidak diberi perawatan coating, cat mobil akan cepat pudar dan berbagai jenis kotoran akan lebih mudah menempel.

Untuk proses coating mobil sendiri, kalian bisa melakukannya di bengkel Dokter mobil. Selain coating, kalian juga bisa sekalian memasang anti karat Rustpro. Kualitas Rustpro sangat dapat diandalkan karena perlindungannya menyeluruh dan juga dapat bertahan hingga 8 tahun.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1251

No votes so far! Be the first to rate this post.