Cara Menghilangkan Karat Mobil Membandel

Menghilangkan Karat Mobil Membandel

Mobil yang bahan dasarnya menggunakan salah satu jenis logam, yaitu baja, tentu berpotensi untuk karatan. Hal ini utamanya bagian bawah mobil. Jika sudah terlanjur karatan, maka kita perlu menghilangkan karat mobil membandel. Dan jika belum, maka solusinya adalah melapisi dengan anti karat dari Rustpro.

Cara menghilangkan karat pada mobil

Menghilangkan Karat Mobil Membandel

Apakah mobil kesayangan kalian karatan ? Kalau iya, maka kalian perlu mengetahui seputar tips menghilangkan karat mobil membandel berikut :

  1. Menghilangkan karat dengan cuka

Menghilangkan karat mobil membandel ternyata dapat dilakukan dengan bantuan cuka. Kita bisa menemukannya dengan mudah karena cuka merupakan bahan perdapuran yang biasanya selalu ready. Atau kita bisa membelinya dengan harga terjangkau di toko terdekat.

Untuk menghilangkan karat dengan cuka, maka caranya adalah dengan direndam. Jadi kita harus melepas terlebih dahulu bagian yang mengalami karatan kemudian merendamnya sekitar 2 hari. Agar lebih bersih, kita bisa menambahnya dengan menyikat.

  1. Menghilangkan karat dengan lemon atau jeruk nipis

Selain dengan cuka, menghilangkan karat mobil membandel juga dapat dilakukan dengan bantuan lemon atau jeruk nipis. Kedua bahan ini juga terbukti ampuh loh. Hal ini sudah dibuktikan dengan digunakannya lemon dan juga jeruk nipis pada nahan dasar sabun pencuci piring. Jadi kalau kalian malas mengupas satu-persatu, alternatifnya bisa menggunakan mama lime atau sunlight.

Langakah pembersihan dengan kedua bahan ini adalah yang pertama harus ditaburi dulu dengan garam. Bukan menabur epic seperti mural salt bae ya, namun bagaimana caranya agar merata. Untuk opsi, garamnya bisa dicairkan dahulu baru kemudian disiramkan. Setelah dengan garam, baru selanjutnya bagian yang berkarat direndam dengan air lemon atau jeruk nipis.

  1. Menghilangkan karat dengan baking soda

Masih seputar bahan perdapuran, menghilangkan karat mobil membandel juga dapat dilakukan dengan menggunakan baking soda. Karena baking soda sendiri juga mempunyai sifat untuk menghilangkan berbagai macam noda.

Untuk bahan pembersihan dengan baking soda, caranya lebih simpel karena tidak perlu dengan proses perendaman. Cukup menyikat bagian yang karatan dengan baking soda yang sudah dilarutkan dengan air. Penyikatan dapat dilakukan beberapa kali hingga karat dirasa bersih.

  1. Menghilangkan karat dengan amplas

Beralih dari bahan-bahan perdapuran, menghilangkan karat mobil membandel dapat dilakukan dengan bantuan amplas. Cara pembersihannya juga cukup sederhana yaitu dengan menggosok bagian yang berkarat.

Menggunakan amplas juga menjadi cara yang praktis karena dapat membersihkan tanpa melepas bagian yang berkarat. Berbeda dengan menggunakan bahan perdapuran seperti jeruk nipis yang harus direndam terlebih dahulu.

Namun tentu saja menggunakan amplas membutuhkan kesabaran dan juga ketlatenan. Terlebih jika bagian yang berkarat termasuk luas.

  1. Menghilangkan karat dengan dempul

Pada beberapa kasus karat yang sudah parah, bagian besi mobil terkadang bisa sampai berlubang. Dalam hal ini karat tidak hanya dibersihkan namun juga pada lapisannya juga harus ditutup.

Jadi yang pertama tetap harus dibersihkan dulu menggunakan bahan amplas atau yang lainnya. Baru setelah bersih, permukaannya ditutup dengan dempul agar lubang yang ada akibat karat dapat tertutup.

Setelah rata perekatan dempul merata dan kering, maka selanjutnya dapat dilanjutkan dengan pengecatan. Biasanya digunakan cat primer pada lapisan pertama dan clear coat untuk bagian finishingnya.

  1. Menghilangkan karat dengan anti karat Rustpro

Sama dengan dempul, anti karat digunakan untuk perlindungan. Jika mobil sudah berkarat, maka anti karat tetap dapat digunakan, yaitu setelah bagian yang  berkarat dibersihkan.

Untuk anti karat yang recommended, kalian bisa menggunakan merek Rustpro. Merek yang satu ini akan memberikan perlindungan menyeluruh sehingga karat tidak akan datang. Sekain itu Rustpro juga dapat bertahan selama 8 tahun.

Dengan menggunakan Rustpro, maka kalian tudak perlu khawatir lagi dengan cara menghilangkan karat mobil membandel, utamanya bagian bawah mobil. menghilangkan karat mobil membandel Karena pada dasarnya karat sangat merugikan karena dapat membuat baja mobil lapuk.

  1. Membawa ke bengkel terdekat

Jika karat pada mobil sudah terlanjur parah dan tidak mungkin untuk dibersihkan sendiri secara manual, maka kalian juga bisa membawanya ke bengkel untuk dibersihkan. Waktu pengerjaan tentunya akan lebih efisien karena dikerjakan oleh profesional dan menggunakan alat dan bahan yang lebih baik.

Mengatasi karat mobil membandel dapat kalian dilakukan di bengkel Dokter mobil. Dan setelah pembersihan karat, kalian bisa sekaligus memasang anti karat Rustpro. Jadi bisa sekali jalan, membersihkan sekaligus memberikan perlindungan.

Dibaca Juga:Pengertian Coating Mobil Dan Manfaatnya

Penyebab karat pada mobil

Menghilangkan karat mobil membandel tentunya sangat penting. Namun yang lebih penting lagi adalah mengetahui penyebab karat pada mobil. Dengan demikian, maka karat pada mobil dapat dicegah. Bukannya ada slogan lebih baik mencegah daripada melindungi ? Maka slogan ini juga berlaku untuk melindungi mobil kesayangan kalian dari karat.

Jadi sebenarnya ada banyak penyebab yang dapat membuat mobil menjadi karatan. Apa saja ? Berikut selengkapnya :

  1. Terkena air laut

Terkenal dengan kandungan mineralnya yang tinggi, air laut bersifat korosif. Jadi jika kalian tinggal di sekitar pantai, harus lebih hati-hati agar mobil tidak terkena air laut. Bukan berarti mobilnya dibawa berkendara di tepian pantai ya. Namun bisa juga terkena air laut dari air ikan maupun kita yang basah karena air laut dan airnya sampai pada mobil.

  1. Terkena air hujan

Jangan salah karena air hujan juga korosif. Jadi jangan coba-coba berfikir bahwa mobil yang kehujanan adalah cuci mobil dari alam. Karena air hujan sendiri kandungan mineralnya juga lumayan tinggi, utamanya pada wilayah perkotaan yang potensi polusi lebih tinggi.

Namun jika menggunakan anti karat Rustpro kalian tidak perlu khawatir. Karena menghilangkan karat mobil membandel Rustpro sangat tahan pada segala jenis cuaca. Dalam hal ini maka Rustpro tidak akan luntur atau rusak karena air hujan.

  1. Penggunaan alat pencuci mobil yang salah

Usaha membersihkan mobil tujuannya untuk membuat mobil bersih sehingga dapat tahan lama. Namun salah alat pembersihan ternyata juga dapat berujung pada karat lho.

Sebab karat karena alat pembersihan ini bisa karena cairan pembersihnya yang terlalu kat. Bisa juga karena sikatnya yang sampai membuat cat mobil mengelupas. Maaka setelah cat mengelupas, dapat di[astikan bagian yang terbuka akan cepat berkarat. Jadi tetap harus berhati-hati ya.

Demikian cara menghilangkan karat mobil membandel dan juga berbagai penyebab karat. Yang jelas mengetahui penyebab karat sangat penting karena hal ini bisa mencegah timbunya karat. Karena jika mobil sudah karatan, kualitas logamnya juga sudah tidak begitu baik lagi meski telah dibersihkan.

Untuk pencegahan sendiri, bisa digunakan Rustpro sebagai anti karat yang sangat bisa diandalkan. Selain memiliki beragam kualitas ungglan, Rustpro juga dapat bertahan selama 8 tahun dan sangat tahan terhadap berbagai jenis cuaca. Jadi segera lapisi dengan anti karat Rustpro sebelum mobil kesayangan kalian berkarat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1152

No votes so far! Be the first to rate this post.