❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Tips dan Trik Cara Coating Mobil yang Baik dan Benar, Jangan Sampai Salah!

Mobil itu terkadang menjadi cerminan diri kepribadian dari para pemiliknya. Selain itu, mobil yang terlihat lusuh atau kurang terawat akan memberikan kesan kurang baik terhadap pemilik mobilnya.

Sebaliknya untuk tampilan dan kondisi mobil yang baik akan memberikan kesan kepribadian pemiliknya pun juga terkesan baik. Untuk Anda yang hobi melakukan perawatan mobil, tentu saja Anda tidak hanya berfokus pada mesin saja.

Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan hal lain, seperti perawatan bodi atau eksterior mobil. Eksterior mobil yang mempunyai tampilan keren ini akan menambah kenyamanan para penggunanya ketika sedang mengemudi.

Berbagai Cara Memelihara Dan Merawat Mobil

cara coating mobil

Paling tidak Anda melakukan cuci mobil minimal satu minggu satu kali. Sedangkan untuk perawatan lain adalah datang ke salon mobil, atau yang sedang tren seperti sekarang dan dikenal dengan cara coating mobil.

Tentu beberapa kalangan masyarakat sudah pernah melakukan dan paham akan cara coating mobil. Saat ini di Indonesia sendiri sudah sangat populer sekali coating dan paham betul dengan cara coating mobil. Cara coating mobil merupakan memberikan lapisan tambahan pada permukaan clear cat mobil.

Lapisan pada cara coating mobil ini akan membuat tampilan mobil akan selalu mengkilap dan tidak kusam. Sedangkan ceramic coating merupakan teknik merawat mobil dengan menggunakan bahan silika atau SiO2.

Produk SiO2 ini mempunyai fungsi sebagai perlindungan cat mobil secara permanen. Selain itu, produk ini juga dapat melindungi cat mobil dari jamur dan baret halus yang timbul setelah proses pencucian atau spiderweb.

Nano ceramic coating ini juga bisa menumbuhkan warna pada cat mobil dan sehingga tetap terlihat kinclong serta menawan secara permanen. Banyak dari kalangan masyarakat yang juga bertanya apa bedanya cara coating mobil dan cara polishing mobil?

Ceramic coating tentu sangat berbeda dengan polishing. Polishing adalah salah satu teknik yang ada di ceramic coating itu sendiri. Polishing juga mempunyai fungsi untuk mengembalikan warna dan tingkat kemulusan cat mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Setelah melakukan proses polishing, maka bisa dilanjutkan untuk melapisi nano ceramic coating sebagai alat perlindungan. Untuk beberapa mobil baru yang belum ada baret atau jamur, maka tidak perlu membutuhkan proses polishing.

Mobil yang masih baru bisa langsung dilapisi nano ceramic sebagai alat perlindungan. Paling terpenting coating mobil yang dilakukan dapat mempermudah Anda dalam melakukan perawatan eksterior.

Pada saat cara coating mobil dilakukan, bisa menggunakan beberapa jenis material lainnya. Untuk hal ini bisa dilihat dari jenis cairan coating dan juga beberapa seberapa keras dan tebal lapisan yang akan diaplikasikan.

Contoh yang paling banyak dijumpai oleh kalangan masyarakat ketika melakukan coating dan melakukan cara coating mobil adalah dengan polymer coating dan nano ceramic. Sedangkan untuk perbedaan yang paling mendasar adalah dengan bahan polymer tidak permanen dan untuk teknik nano ceramic mempunyai sifat secara permanen.

Untuk melakukan proses coating atau pelapisan, akan dilakukan beberapa langkah tahapan terlebih dahulu. Beberapa material yang digunakan dalam cara coating mobil adalah:

  1. Washing

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci mobil terlebih dahulu.

Selain itu, Anda juga perlu menguasai bagaimana cara mencuci mobil yang benar supaya hasilnya maksimal ketika melanjutkan ke proses coating. Karena ketika cara ini salah, maka bisa menimbulkan baret-baret halus.

Bahkan pemilihan sabun yang tak tepat juga bisa menghilangkan perlindungan pada cat mobil. Beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika mencuci mobil adalah:

  • Melakukan lap mobil secara langsung dengan kanebo yang hanya dibasahi dan tanpa dicuci terlebih dahulu.
  • Memilih sabun cuci mobil yang salah. Sampai dengan saat ini masih banyak dari kalangan masyarakat yang memilih sabun colek untuk membersihkan permukaan body mobil. Dengan menggunakan sabun tersebut akan merusak perlindungan cat pada body mobil.
  • Melakukan lap mobil setelah mencuci dengan menggunakan kanebo. Sangat disarankan kanebo yang akan digunakan dikeringkan terlebih dahulu, serta penggunaan kanebo hanya di lap di bagian kaki-kaki saja. Sedangkan untuk bagian mobil atau kaca bisa dikeringkan dengan menggunakan lap microfiber towel yang khusus drying.
  • Langsung mengaplikasikan sabun pada bodi mobil dengan sponge ini sebetulnya kurang tepat. Perlu Anda ketahui untuk sponge yang bergesekan langsung dengan body mobil ini tidak dapat melindungi bagian tersebut. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakan wash mitt, yang memang dikhususkan untuk mencuci bodi mobil.
  • Jangan pernah mencuci mobil di bawah terik matahari secara langsung. Panasnya matahari ini membuat sabun cepat mengering dan justru menyebabkan noda bercak.
  1. Watermark Remover

Melakukan proses pengangkatan watermark (bercak) karena residu dan oksidasi yang tersisa pada permukaan bodi mobil ini tidak akan bisa hilang hanya sekedar mencuci saja. Ketika sudah berada di permasalahan tersebut, lebih baik melakukan coating mobil pada tempat salon yang sudah profesional supaya tidak ada lagi watermark pada bagian bodi mobil.

  1. Polishing

Polishing merupakan step yang proses penerapannya harus menggunakan mesin poles. Selain itu, pada langkah atau step yang satu ini mempunyai fungsi untuk melakukan koreksi pada beberapa baretan harus dan bisa memunculkan karakter dari warna asli kendaraan.

Selama ini satu hal yang sering terjadi adalah bodi mobil tertutup oleh residu yang masih tetap ada atau tertinggal di pori-pori cat tersebut. Maka dari itu, untuk memberikan hasil yang maksimal dari tampilan luar atau cat mobil juga sangat penting.

Namun, hasil polishing ini akan hilang atau kusam kembali dengan waktu yang singkat ketika tidak ada perlindungan terakhir dari proses coating. Melakukan teknik polishing merupakan salah satu step yang mempunyai resiko tinggi, karena ketika tidak dilakukan oleh seorang profesional justru bisa merusak cat mobil.

Dibaca Juga: Ketahui 10+ Kelebihan dan Kekurangan Coating Mobil Baru Untuk Mobil Anda!

  1. Detailing

Pada langkah atau step kali ini adalah paling akhir sebelum melakukan ke coating mobil. Untuk langkah satu ini proses di mana Anda harus membersihkan sela-sela eksterior kendaraan atau emblem, handle pintu dan masih banyak lainnya.

Paling terpenting untuk proses detailing ini hanya dilakukan pada beberapa bagian yang tidak bisa dijangkau oleh mesin poles. Proses detailing ini akan membuat mobil memberikan tampilan dan fungsi secara maksimal. Sehingga ketika akan menggunakan mobil tersebut akan kembali seperti dengan kondisi baru.

  1. Coating

Coating atau pelapisan merupakan proses inti dari semua step yang sudah dijelaskan pada sebelumnya. Untuk proses yang satu ini juga diikuti pembaluran cairan coating pada seluruh lapisan secara merata pada bodi mobil.

Cara penggunaannya juga bisa dengan menggunakan aplikator khusus yang berbentuk seperti busa dan dilapisi dengan kain suede. Cairan coating ini akan langsung diteteskan pada aplikator berlapis suede tersebut dan langsung bisa diaplikasikan pada bodi mobil tersebut.

Paling terpenting pada teknik yang satu ini adalah dilakukan pada ruangan yang tertutup dan tidak berdebu. Sehingga proses single atau double layer tetap bisa berjalan secara lancar.

Jumlah layer yang dilakukan pada proses cara coating mobil ini belum tentu memberikan hasil yang maksimal. Akan tetapi, untuk cairan coating yang digunakan ini sebagai alat penentunya.

Double layer coating yang menggunakan cairan murah, maka untuk hasil yang diberikan masih kalah dengan single coating. Sedangkan untuk anda yang ingin mendapatkan hasil kualitas coating dengan hasil maksimal atau premium bisa menggunakan cairan dengan harga lebih mahal.

Itulah dia penjelasan mengenai proses cara coating mobil. Ada satu catatan yang paling terpenting adalah proses cara coating mobil memang bisa dilakukan sendiri dirumah. Akan tetapi, sangat disarankan untuk dilakukan oleh seorang profesional yang sudah profesional.

Jangan sampai, karena hanya ingin irit hasil yang diberikan tidak maksimal dan mobil bisa jadi rusak karena salah penggunaan step by step-nya. Perlu diketahui bahwa mobil yang anda miliki harus mendapatkan perlakuan yang baik supaya bisa mendapatkan hasil terbaik pula.

Manfaat Nano Ceramic di Cara Coating Mobil

Sebelum melakukan semua step diatas, maka lebih baik harus mengerti juga manfaat dari melakukan coating mobil lebih jauh. Jangan sampai anda membeli barang yang belum tahu manfaatnya. Sebagai berikut penjelasan secara lengkap mengenai manfaat atau fungsi dari nano ceramic coating:

  1. Cara Coating Mobil yang Benar Dapat Memberikan Mobil Mengkilap Secara Permanen

Sebagian besar mobil yang belum dilakukan coating nano ceramic tidak akan bisa memberikan tampilan secara mengkilap, meski sudah sering melakukan pencucian. Sebetulnya untuk permasalahan kali ini bisa terjadi, karena cat mobil Anda sudah terdapat pori-pori di beberapa bagian permukaannya.

Maka dari itu, semua kotoran atau debu bisa masuk dan bersarang pada celah pori-pori tersebut. Semua kotoran kali ini sebetulnya bisa saja disebabkan oleh beberapa penyebab.

Salah satu diantaranya adalah zat mineral yang ada di dalam air tersebut. Selain itu, untuk kotoran yang terbawa oleh udara ini juga memberikan partikel-partikel debu. Namun, Anda tidak perlu merasa khawatir karena Anda bisa melakukan nano ceramic coating pada mobil kesayangan.

Pada saat Anda sudah melakukan cara coating mobil, maka semua kotoran atau debu tidak bisa masuk ke pori-pori body kendaraan tersebut. Dengan hal inilah yang membuat mobil yang telah di coating tidak mudah dibersihkan, karena mempunyai sifat hydrophobic atau seperti efek daun talas.

  1. Menahan Goresan Secara Halus

Setelah mobil sudah teraplikasi coating nano ceramic, berarti mobil sudah mempunyai lapisan pelindung tambahan diatas permukaan cat body. Ketika di ilustrasikan untuk teknik kali ini hampir sama dengan kertas yang sudah di laminating.

Kertas pun juga akan mempunyai proteksi seutuhnya setelah dilakukan laminating. Sehingga terkena goresan halus, maka bagian pertama yang terkena tersebut adalah plastik laminatingnya terlebih dahulu.

Bahkan, untuk bagian kertasnya tidak akan terdapat dijamah sedikit pun. Untuk hal tersebut juga sama hal nya dengan mobil yang sudah diaplikasikan nano ceramic coating.

Sehingga, mobil yang sudah dilakukan nano ceramic coating ini bisa memiliki lapisan baru di atas lapisan clear coat bawaan. Goresan pada lapisan coating ini lebih mudah dalam proses penangannya. Hal tersebut juga bisa terjadi karena laminating kertas ini mempunyai arti sama dengan laminating atau melapisi.

  1. Perawatan Cat Mobil Lebih Mudah

Apabila mobil sudah dilakukan cara coating, maka untuk proses perawatannya lebih mudah karena tidak lagi berpori-pori. Selain itu, untuk mineral air atau partikel yang disebabkan karena water spot ini tidak akan mudah terbentuk.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa munculnya partikel ini disebabkan karena ada pori-pori masuk ke dalam cat kendaraan. Akan tetapi, untuk mobil yang sudah melakukan nano ceramic tidak perlu lagi khawatir dengan hal tersebut.

  1. Melindungi Cat Karena Sudah Memberikan Lapisan Tambahan

Cat yang sudah dilapisi secara sempurna akan memberikan warna bodi mobil yang tidak akan pernah kusam meski sudah berkali-kali di cuci. Artinya cat mobil tersebut selalu mengkilap dan pesonanya bisa bertahan dengan jangka waktu yang lama.

Paling terpentingnya lagi dengan cat yang terus mempesona ini bisa memberikan nuansa berkendara dengan rasa percaya diri yang penuh. Selain itu, Anda juga bisa merasa seperti mengendarai kendaraan baru.

  1. Menciptakan Kenyaman Lebih Ketika Sedang Berkendara

Baret-baret halus atau noda bercak dan cat kusam tentu saja menjadi beban pikiran bagi kalangan pemilik mobil. Akan tetapi, untuk anda yang berkendara dengan mobil yang sudah di coating seperti sudah terproteksi secara sepenuhnya. Artinya anda tidak perlu lagi merasa khawatir ketika terjadi gesekan dengan dinding garasi atau kendaraan lain.

Untuk melakukan cara coating mobil ini tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Sehingga, sebelum melakukan cara coating mobil harus benar-benar memastikan tempat tersebut sudah aman.

Ada satu tempat cara coating mobil yang bisa dipercaya yaitu RustPro (supported by Dokter Mobil) bisa anda pilih. Di Rustpro, Anda tidak hanya bisa melakukan coating mobil saja, akan tetapi bisa juga melakukan lapisan anti karat pada beberapa bagian kolong mobil.

Semua proses pengerjaan yang dilakukan oleh Rustpro selalu memberikan hasil yang berkualitas. Jangan sampai salah ketika memilih jasa layanan perawatan mobil, pilih saja Rustpro supaya mendapatkan hasil secara memuaskan. Anda bisa menghubungi admin Rustpro di (klik disini) untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

RUSTPRO

It's My Responsibility