❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Begini Cara Kerja Rem ABS pada Mobil

cara kerja rem abs pada mobil

Rem Anti-lock Braking System (ABS) adalah salah satu fitur keselamatan yang sangat penting pada mobil modern. Sistem ini dirancang untuk meningkatkan kontrol pengereman dan mencegah terkuncinya roda saat mengerem secara mendadak.

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi secara rinci tentang cara kerja rem ABS pada mobil.

Ketika Anda mengerem dengan keras atau di permukaan jalan yang licin, roda dapat terkunci. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya traksi dan mengarah pada hilangnya kendali atas kendaraan. Di sinilah peran penting rem ABS pada mobil.

Cara kerja rem ABS terutama didasarkan pada sensor dan unit kontrol yang bekerja secara terpadu. Saat pedal rem ditekan, sensor kecepatan roda pada setiap roda akan mengukur kecepatan putaran roda tersebut. Data ini kemudian dikirim ke unit kontrol ABS.

Untuk penjelasan lengkap tentang cara kerja rem ABS pada mobil, simak ulasan kami berikut ini!

Komponen Rem ABS

Sebelum mengetahui cara kerja rem ABS pada mobil, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui apa saja komponen rem ABS.

Berikut adalah beberapa komponen yang terdapat dalam rem ABS:

1. Master Cylinder

Master cylinder adalah komponen rem ABS yang bertanggung jawab atas tekanan hidrolik dalam sistem pengereman. Ketika pedal rem ditekan, master cylinder menghasilkan tekanan hidrolik yang akan dikirimkan ke komponen lain dalam sistem.

Master cylinder juga berfungsi sebagai reservoir untuk cairan rem.

2. Wheel Speed Sensor

Wheel speed sensor adalah sensor kecepatan roda yang terpasang di setiap roda mobil. Sensor ini membaca kecepatan putaran roda secara terus-menerus dan mengirimkan informasi ini ke kontrol unit ABS.

Data kecepatan putaran roda ini digunakan untuk mengidentifikasi apakah ada roda yang mengalami tendangan atau terkunci selama pengereman.

3. Modulator Valve:

Modulator valve adalah katup yang mengontrol tekanan hidrolik yang diterapkan pada setiap roda. Ketika kontrol unit ABS mendeteksi bahwa roda tertentu mulai terkunci selama pengereman, modulator valve akan mengurangi tekanan rem pada roda tersebut.

Hal ini dilakukan dengan membuka dan menutup saluran hidrolik secara cepat dan berulang-ulang untuk menciptakan efek pulsasi.

4. Control Unit

Control unit adalah pusat pengendali sistem ABS. Unit ini menerima data dari sensor kecepatan roda dan mengontrol modulator valve untuk mengatur tekanan hidrolik pada setiap roda.

Control unit juga memiliki algoritma khusus yang digunakan untuk memantau dan mengendalikan sistem ABS.

5. Relay Valve

Relay valve adalah komponen rem ABS yang mengontrol aliran cairan rem dari master cylinder ke modulator valve. Komponen ini berbentuk katup yang berperan penting dalam mengatur dan mempertahankan tekanan hidrolik yang diperlukan dalam sistem ABS.

Cara Kerja Rem ABS pada Mobil

Cara kerja rem ABS pada mobil melibatkan pengendalian tekanan pada setiap roda saat melakukan pengereman. Tujuannya adalah untuk mencegah roda terkunci dan memastikan roda tetap terhubung dengan permukaan jalan dengan baik.

Saat roda mulai mengunci, sistem rem ABS akan secara otomatis melepaskan dan menerapkan tekanan secara berulang-ulang. Dengan melakukan hal ini, roda tetap dapat berputar dengan bebas dan menjaga traksi dengan jalan.

Sensor yang terpasang pada setiap roda adalah bagian penting dalam sistem kerja rem ABS. Sensor ini berfungsi untuk mengumpulkan informasi tentang kecepatan putaran roda.

Sinyal dari sensor tersebut akan dikirim ke kontrol unit ABS untuk dievaluasi. Berdasarkan evaluasi ini, kontrol unit ABS akan membuat perubahan yang tepat pada tekanan rem pada saat yang diperlukan.

Dalam proses ini, katup ketiga berperan penting dalam mengatur tekanan. Katup pertama bertugas mengurangi tekanan pada sistem cairan rem dan mengalirkannya kembali ke rem kendaraan ketika sensor kecepatan roda mendeteksi adanya roda yang mengunci.

Seluruh proses ini berjalan dengan cepat, di mana dalam satu detik, sistem rem ABS dapat melakukan hingga 15 kali proses penyesuaian tekanan.

Dengan cara kerja yang terkoordinasi dan responsif, sistem rem ABS memberikan pengendara keuntungan yang signifikan dalam situasi pengereman yang kritis.

Pengendara dapat tetap mengendalikan kendaraan dengan baik dan menjaga stabilitas saat melakukan pengereman keras atau di permukaan jalan yang licin.

Dalam kesimpulannya, cara kerja rem ABS pada mobil adalah dengan mengendalikan tekanan pada setiap roda dan memonitor sensor untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

Dengan teknologi ini, pengendara dapat memiliki kendali yang lebih baik saat melakukan pengereman, meningkatkan keselamatan dan stabilitas di jalan.

Baca Juga: 10 Cara Menawar Mobil Bekas Biar Engga Zonk!

Cegah Rem Mobil Berkarat Sekarang! Semprot Anti Karat pada Kolong Mobil Anda di RustPro!

Karat adalah musuh bagi semua jenis mobil. Satu saja komponen mobil terkena karat, hal itu bisa merembet ke bagian-bagian mobil yang lain, tak terkecuali hingga ke sistem pengereman.

Oleh karena itu, RustPro hadir dengan menawarkan satu-satunya cara mencegah karat datang pada komponen-komopnen mobil, yakni dengan perlindungan anti karat.

Kami menggunakan cat khusus pelindung anti karat yang berbahan dasar rubber yang secara khusus dirancang untuk memberikan perlindungan optimal terhadap karat pada mobil, terutama pada bagian kolong mobil yang dekat dengan komponen rem, dan mampu menjaga agar karat tidak muncul kembali dalam jangka waktu yang sangat lama.

RustPro dilengkapi dengan peralatan hidrolik canggih yang memungkinkan kami mengangkat kendaraan dengan presisi tinggi. Dengan teknologi ini, kami dapat menyemprotkan lapisan pelindung anti karat ke bagian bawah mobil secara detail dan menyeluruh.

Produk anti karat dari bengkel anti karat mobil RustPro telah melewati serangkaian uji coba dan terbukti efektif. Kami memberikan garansi hingga 8 tahun untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa produk kami mampu memberikan perlindungan anti karat yang tahan lama pada mobil Anda.

Selain garansi, kami juga menawarkan layanan perawatan GRATIS berupa penyemprotan ulang lapisan pelindung anti karat setiap tahun. Dengan layanan ini, Anda dapat menghemat biaya perawatan kendaraan Anda selama beberapa tahun ke depan.

Segera pesan jadwal layanan di RustPro sekarang dengan menghubungi tim Customer Service kami melalui WhatsApp di nomor 0813-1150-2678!

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan DISKON SPESIAL HINGGA 40% untuk jadwal layanan antara pukul 5 sore hingga 10 malam. Pastikan Anda memesan jadwal sekarang sebelum kuota terisi penuh!

Selain layanan anti karat, RustPro juga menyediakan berbagai layanan perawatan kendaraan lainnya, termasuk perawatan coating & detailing serta pemasangan kaca film.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, silakan kunjungi akun Instagram resmi kami di @rustpro_indonesia.

RustPro memiliki cabang workshop yang tersebar di berbagai lokasi di wilayah Jabodetabek, Cirebon, dan Surabaya. So, jangan ragu untuk mengunjungi salah satu cabang kami dan percayakan perawatan mobil Anda kepada tim ahli kami yang berpengalaman.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Cirebon: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

  • RustPro cabang Lontar: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Itulah dia penjelasan tentang cara kerja ABS pada mobil yang dapat menjadi tambahan wawasan untuk Anda. Dengan adanya rem ABS, kendaraan memiliki kemampuan pengereman yang lebih stabil dan efektif, terutama dalam situasi darurat atau di permukaan jalan yang licin.

RUSTPRO

It's My Responsibility