❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ini Dia Pengertian dan Fungsi Ignition Switch pada Kendaraan

fungsi ignition switch

Ignition switch atau saklar pengapian merupakan komponen penting dalam sistem pengoperasian kendaraan bermotor.

Ignition switch bertanggung jawab untuk mengontrol aliran listrik dari baterai ke berbagai sistem dan komponen kendaraan saat Anda menghidupkan, mengaktifkan, mengatur, mematikan, dan mengamankan kendaraan Anda.

Kali ini, kami akan membahas secara rinci tentang pengertian dan fungsi ignition switch, serta peranan pentingnya dalam menjalankan kendaraan dengan lancar dan aman.

Apa Itu Ignition Switch?

Ignition switch adalah sebuah komponen penting dalam sistem pengoperasian kendaraan. Fungsi utamanya adalah mengatur aliran listrik dari baterai ke berbagai sistem dan komponen kendaraan saat mesin dihidupkan atau dimatikan.

Ignition switch biasanya terletak di sekitar setir kemudi kendaraan, dan berfungsi sebagai kunci yang digunakan untuk mengontrol sistem pengapian dan sistem elektrikal kendaraan. Ignition switch dapat memiliki beberapa posisi kunci yang berbeda, seperti “Off”, “Accessory” (Aksesori), “On”, dan “Start”.

Pentingnya ignition switch dalam sistem pengoperasian kendaraan tidak dapat diabaikan. Beberapa fungsi yang diemban ignition switch memastikan bahwa kendaraan dapat dihidupkan, sistem elektrikal dapat beroperasi, mesin dapat dinyalakan, dan keamanan kendaraan terjaga.

Cara merawat ignition switch mobil adalah dengan dilakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kunci dapat berputar dengan lancar dan aliran listrik dapat berjalan dengan baik.

Jadi, ignition switch adalah komponen yang krusial dalam sistem pengoperasian kendaraan, mengendalikan aliran listrik dari baterai ke sistem kendaraan, mengatur pengapian mesin, dan memainkan peran penting dalam keamanan kendaraan.

Fungsi Ignition Switch

Berikut ini adalah 5 (lima) fungsi ignition switch yang ada pada mobil:

1. Menghidupkan Mesin

Salah satu fungsi utama ignition switch adalah menghidupkan mesin kendaraan. Ketika Anda memasukkan kunci dan mengoperasikannya ke posisi “On” atau “Start”, ignition switch akan menghubungkan baterai dengan sistem pengapian.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Ini memungkinkan aliran listrik menuju komponen pengapian seperti koil, busi, dan sistem injeksi bahan bakar. Proses ini memicu pembakaran bahan bakar di dalam mesin dan memulai perputaran mesin, sehingga kendaraan Anda dapat beroperasi.

2. Mengaktifkan Sistem Elektrikal

Selain menghidupkan mesin, fungsi ignition switch juga berperan dalam mengaktifkan sistem elektrikal kendaraan. Ketika Anda memutar kunci ke posisi “On”, ignition switch akan menghubungkan baterai dengan sistem kelistrikan seperti lampu, kaca jendela listrik, sistem audio, AC, dan lainnya.

Dengan mengaktifkan sistem elektrikal, Anda dapat menggunakan berbagai fitur dan komponen elektrikal kendaraan dengan nyaman.

3. Mengatur Kunci Kontak

Ignition switch juga berfungsi untuk mengontrol posisi kunci kontak. Dalam beberapa kendaraan, ignition switch memiliki beberapa posisi kunci kontak seperti “Off”, “Accessory” (Aksesori), “On”, dan “Start”.

Setiap posisi memiliki fungsinya sendiri dalam mengatur aliran listrik ke sistem kendaraan.

Posisi “Off” memutuskan aliran listrik ke seluruh sistem, sedangkan posisi “Accessory” memungkinkan penggunaan komponen elektrikal non-esensial seperti radio atau daya listrik untuk pengisian daya.

Posisi “On” mengaktifkan sistem elektrikal dan pengoperasian kendaraan, sedangkan posisi “Start” memulai mesin.

4. Mematikan Mesin

Sebagaimana kemampuannya untuk menghidupkan mesin, fungsi ignition switch juga berperan dalam mematikan mesin kendaraan. Ketika Anda memutar kunci ke posisi “Off”, ignition switch akan memutuskan aliran listrik dari baterai ke mesin dan sistem elektrikal.

Ini mematikan mesin dan menghentikan aliran listrik ke komponen lainnya di dalam kendaraan. Mematikan mesin dengan aman sangat penting untuk menjaga keamanan dan mencegah pemborosan bahan bakar.

5. Mengamankan Kendaraan

Fungsi ignition switch juga memiliki peran dalam menjaga keamanan kendaraan Anda. Beberapa kendaraan dilengkapi dengan fitur immobilizer yang terintegrasi dengan ignition switch. Fitur ini mencegah mesin kendaraan dihidupkan tanpa menggunakan kunci yang tepat.

Dalam ignition switch yang dilengkapi immobilizer, terdapat chip khusus pada kunci yang akan dikenali oleh sistem immobilizer saat dioperasikan ke posisi “On” atau “Start”.

Jika kunci yang digunakan tidak cocok atau tidak ada chip yang dikenali, mesin tidak akan menyala, sehingga mencegah pencurian kendaraan.

Baca Juga: 5 Cara Membuka Bagasi Mobil yang Macet

Jangan Tunggu Ignition Switch Tidak Berfungsi! Rawat Mobil Anda Sekarang bersama RustPro!

Perawatan mobil adalah hal yang krusial yang patut rutin dilakukan agar dapat menjaga setiap komponen mobil supaya bekerja secara optimal. Salah satu komponen mobil yang rentan terkena kerusakan jika jarang dirawat adalah tombol ignition switch.

RustPro, sebagai bengkel modern yang mengkhususkan diri dalam perawatan interior dan eksterior mobil, menawarkan layanan detailing mobil kepada Anda untuk memberikan perlindungan terbaik pada setiap komponen kendaraan Anda dari kerusakan seperti karat dan jamur.

Dengan menggunakan peralatan dan produk terbaru, RustPro berkomitmen untuk menghidupkan kembali tampilan mobil Anda dan menjaga agar setiap fitur berfungsi dengan optimal.

Layanan detailing mobil RustPro telah terbukti menjadi metode terbaik dalam perawatan interior dan eksterior kendaraan. Setiap komponen mobil akan mendapatkan perlakuan menyeluruh, termasuk pembersihan mendalam dan proses poles yang akan menghilangkan debu dan kotoran dari bagian-bagian interior mobil seperti jok, dashboard, dan area interior lainnya, tak terkeculai tombol ignition switch.

Kami memahami betapa berharganya waktu Anda. Oleh karena itu, layanan detail mobil di RustPro dapat diselesaikan dengan cepat, hanya dalam waktu 1×24 jam. Anda dapat mengantar mobil Anda hari ini dan besok langsung mengambilnya kembali dengan kondisi yang segar dan menawan.

Jangan ragu untuk mengatur jadwal layanan Anda di RustPro sekarang. Tim Customer Service kami siap membantu Anda melalui WhatsApp di nomor 0813-1150-2678.

Selain itu, kami juga memberikan DISKON MENARIK HINGGA 40% untuk layanan yang dilakukan antara pukul 5 sore hingga 10 malam. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan istimewa ini!

Segera lakukan pemesanan sekarang sebelum slot terisi penuh! Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan-layanan yang kami tawarkan, kunjungi akun Instagram resmi kami di @rustpro_indonesia.

RustPro hadir di berbagai lokasi, terutama di wilayah Jabodetabek. Anda dapat mengunjungi salah satu alamat bengkel RustPro di bawah ini yang siap melayani layanan detailing mobil dengan profesionalisme tinggi.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Terima kasih telah menyimak artike ini sampai selesai. Semoga informasi mengenai fungsi ignition switch di atas dapat menambah wawasan Anda seputar dunia otomotif.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility