❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ini Dia Penyebab dan 5 Cara Mengatasi Mobil Ngebul

cara mengatasi mobil ngebul

Fenomena keluarnya asap berlebihan dari knalpot mobil, atau biasa dikenal dengan istilah “ngebul”,  bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengemudi dan penumpang, tetapi juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada mesin atau sistem pembakaran mobil.

Pada artikel ini, kami akan membagikan sejumlah tips tentang bagaimana cara mengatasi mobil ngebul.

Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab knalpot mobil ngebul.

Penyebab Mobil Ngebul

Inilah beberapa hal yang menyebabkan knalpot mobil ngebul:

Masalah pada Katup Mesin

Salah satu penyebab umum mobil ngebul adalah masalah pada katup mesin.

Katup adalah komponen penting dalam sistem pembakaran mesin yang mengatur aliran masuk dan keluarnya campuran bahan bakar dan udara.

Jika katup mengalami kerusakan atau keausan, dapat menyebabkan kebocoran pada sistem pembakaran.

Akibatnya, campuran bahan bakar dan udara yang tidak terbakar akan keluar dari knalpot sebagai asap hitam atau putih, tergantung pada masalah yang terjadi pada katup.

Gigi Transmisi yang Tidak Sesuai

Pada kendaraan dengan transmisi manual, menggunakan gigi transmisi yang tidak sesuai dengan kecepatan dan kondisi jalan dapat menyebabkan mobil ngebul.

Misalnya, menggunakan gigi transmisi terlalu rendah saat berakselerasi dapat menyebabkan mesin bekerja keras dan menghasilkan asap hitam.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Di sisi lain, menggunakan gigi transmisi terlalu tinggi saat kecepatan rendah dapat membuat mesin terasa tertahan dan mengeluarkan asap putih.

Oli yang Terlalu Encer

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas dan pendingin bagi komponen mesin.

Jika oli mesin terlalu encer atau memiliki viskositas yang rendah, oli akan lebih cepat menguap dan membakar di dalam ruang bakar mesin.

Hal ini dapat menyebabkan penggunaan oli berlebihan dan mengakibatkan mobil ngebul dengan asap putih dari knalpot.

Ring Piston Aus

Ring piston adalah komponen penting yang membantu menjaga tekanan pembakaran di dalam ruang bakar mesin.

Jika ring piston aus atau rusak, tekanan pembakaran dapat bocor ke ruang oli atau ke ruang pembakaran lainnya.

Akibatnya, campuran bahan bakar dan udara yang tidak terbakar dapat mengakibatkan mobil ngebul dengan asap hitam dari knalpot.

Masalah pada Seal Klep

Seal klep berfungsi untuk mencegah oli masuk ke ruang bakar atau gas buang keluar dari ruang pembakaran.

Jika seal klep aus atau bocor, dapat menyebabkan perpindahan oli atau gas buang yang tidak diinginkan, yang dapat menyebabkan mobil ngebul dengan asap hitam atau putih.

Cara Mengatasi Mobil Ngebul

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mobil ngebul:

1. Rutin Mengganti Oli

Salah satu penyebab mobil ngebul adalah oli mesin yang kotor dan encer karena sudah terlalu lama tidak diganti.

Oli mesin yang kotor dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, mengakibatkan asap hitam yang keluar dari knalpot.

Oleh karena itu, penting untuk rutin mengganti oli sesuai dengan rekomendasi pabrik atau petunjuk pemilik mobil untuk mengatasi mobil ngebul.

Oli yang bersih dan segar membantu menjaga mesin tetap dalam kondisi baik dan mencegah ngebul yang disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna.

2. Hindari Tune Up Mesin Berlebihan

Tune up mesin yang berlebihan, seperti mengganti busi atau pengaturan katup terlalu sering, bisa menyebabkan campuran bahan bakar dan udara menjadi tidak seimbang.

Hal ini dapat mengakibatkan pembakaran yang tidak efisien dan mengeluarkan asap hitam atau ngebul dari knalpot.

Pastikan untuk mengikuti jadwal tune up sesuai dengan rekomendasi pabrik dan menghindari tune up sebagai cara untuk mengatasi mobil ngebul.

3. Cek Turbocharger

Jika mobil Anda dilengkapi dengan turbocharger, pastikan untuk secara rutin memeriksa kondisi dan kinerjanya.

Turbocharger yang bermasalah dapat menyebabkan pembakaran yang tidak efisien dan mengeluarkan asap berlebihan dari knalpot.

Jika Anda melihat adanya kebocoran, aus, atau masalah lain pada turbocharger, segera lakukan perbaikan atau penggantian untuk mengatasi mobil ngebul.

4. Ganti Selang PVC

Selang PVC (Positive Crankcase Ventilation) berfungsi untuk membuang uap oli dan gas beracun dari ruang pembakaran ke dalam sistem pemasukan udara mesin untuk pembakaran kembali.

Jika selang PVC bocor atau tersumbat, maka asap dari ruang pembakaran dapat bocor ke luar dan menyebabkan mobil ngebul.

Salah satu cara mengatasi mobil ngebul yang perlu Anda lakukan untuk masalah tersebut adalah memeriksa dan mengganti selang PVC yang rusak atau kotor.

5. Bersihkan Ruang Pembakaran Secara Rutin

Kotoran atau deposit pada ruang pembakaran dapat menyebabkan pembakaran yang tidak efisien dan mengakibatkan ngebul pada mobil.

Dengan melakukan pembersihan atau decarbonisasi pada ruang pembakaran secara rutin, Anda dapat menghilangkan deposit dan kotoran yang mengganggu pembakaran yang efisien.

Hal ini tentu akan membantu mengatasi mobil ngebul dan meningkatkan performa mobil secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Penyebab Turun Mesin Mobil dan Ciri-Cirinya

Jaga Kesehatan Mesin Mobil Anda dengan Layanan RustPro Auto Detailing!

Apabila Anda mendambakan mesin mobil yang tampak bersih dan terbebas dari debu, layanan auto detailing dari RustPro bisa menjadi solusi sempurna untuk menghilangkan kotoran dan debu yang mengendap di mesin mobil Anda.

RustPro menawarkan layanan auto detailing yang mencakup detailing mesin, detailing interior, dan detailing eksterior.

Dalam memberikan layanan auto detailing, kami memanfaatkan produk dan peralatan berteknologi tinggi yang menjamin hasil detailing yang tahan lama.

Oleh karena itu, setelah mendapatkan sentuhan detailing dari RustPro, mobil Anda pasti akan terus tampak bersih dan mempesona untuk beberapa tahun mendatang.

Jangan ragu untuk menghubungi Customer Service kami untuk merencanakan jadwal layanan di RustPro melalui WhatsApp di nomor 0813-1150-2678.

Di RustPro, proses auto detailing bisa rampung hanya dalam waktu 24 jam.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi akun Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Workshop RustPro dapat ditemukan di berbagai wilayah di Jabodetabek. Berikut adalah detail alamatnya:

  • RustPro cabang Kelapa Gading: Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Bintaro: Ruko, Graha Nusantara, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330.

Itu dia sejumlah cara mengatasi mobil ngebul yang bisa Anda ikuti.

Penting untuk melakukan perawatan secara rutin untuk mencegah keluarnya asap berlebih dari knalpot mobil Anda.

Dengan langkah-langkah pencegahan dan perawatan yang tepat, Anda dapat menjaga mobil Anda berjalan dengan baik dan mengurangi asap berlebihan yang keluar dari knalpot.

RUSTPRO

It's My Responsibility