Beberapa Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil yang Ampuh

cara menghilangkan karat pada mobil

Karat masih menjadi ancaman yang sering kali membuat pemilik mobil kecewa. Apalagi dari adanya karatan yang sudah menyebar di beberapa sisi mobil akan merusak penampilannya. Jika Anda tidak ingin mengalaminya, tentu saja melakukan pengecekan secara berkala memang harus dilakukan rutin. Kali ini akan dibahas lengkah mengenai cara menghilangkan karat pada mobil dan juga solusi terbaik supaya Anda tidak mengalaminya.

Banyak sekali faktor kenapa mobil sering kali terkena karatan. Apalagi sejumlah hal bisa saja menempel ke bagian bodi atau sisi manapun tanpa disengaja. Saat dibiarkan menempel dan Anda tidak segera membersihkan atau mencucinya, lama kelamaan akan berefek munculnya karat. Terkena paparan sinar matahari langsung dalam jangka panjang, kena garam, air atau hujan bisa juga mengundang karat muncul di bagian mobil.

Karat yang sudah naik level akan membuat beberapa bagian mobil terkelupas kemudian keropos. Semakin rapuhnya bagian yang terkena karat akan rusak. Anda tentu saja akan menganggarkan dana servis yang mahal untuk memperbaikinya. Lalu apakah karat pada mobil bisa diatasi? Berikut ini segi penanganan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah itu.

Tips dan Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil

cara menghilangkan karat pada mobil

Untuk memulainya langsung soal penanganan karat pada mobil, Anda sebaiknya melakukan konsultasi ke bengkel yang sudah ahli dalam menanganinya. Jika memang Anda memiliki peralatan servis dirumah dan ingin melakukannya sendiri, cara menghilangkan karat pada mobil secara sederhana yang bisa dilakukan antara lain:

Melakukan Amplas Lalu Cat Ulang Mobil

Tips dan cara pertama untuk mengatasi karat yang sudah muncul di beberapa bagian mobil adalah melakukan pengamplasan. Tujuannya adalah merontokkan bagian mobil atau cat luar supaya karatannya hilang. Kemudian untuk mengembalikan tampilan semula Anda harus melakukan pengecatan ulang. Proses yang harus Anda siapkan antara lain:

  • Siapkan semua peralatan lengkap. Mulailah dengan melakukan pengamplasan pada bagian mobil yang terkena karat. Jika tidak memakai cara manual, silahkan memakai mesin pengamplas untuk lebih cepat pengerjaannya.
  • Siapkan kertas Koran atau plester untuk menutupi bagian mobil yang sudah selesai di amplas. Tujuannya untuk menghindari kotoran atau partikel yang menempel supaya proses pengecatan bisa berjalan maksimal.
  • Gunakan sander dual action untuk memulai menghilangkan cat dasar. Untuk bagian yang berkarat pakai aat grinding whell logam supaya semua karatan rontok hilang tak tersisa.
  • Setelah itu semprotkan primer tipis ke semua lapisan yang sudah selesai di amplas. Tunggu sampai mengering karena proses penyemprotan prime akan berlangsung tiga tahapan.
  • Gosok setelah kering memakai amplas grit 400. Jangan lupa amplas dibasahi agar efek gesekan tidak terlaly keras.
  • Mulailah menyemprotkan cat, ingat saat meyemprotkan harus rata dan tipis lebih dulu. Setelah itu pastikan jika cat sudah disemprotkan merata. Gosok pinggiran cat baru agar warna yang tampil bisa membaur dengan warna cat lama mobilmu.

Manfaatkan Beberapa Bahan Dapur

Cara menghilangkan karat pada mobil dengan langkah sederhana adalah memakai beberapa bahan dapur. Tips ini sangat manjur dibuktikan apalagi beberapa bahan yang dibutuhkan juga sangat murah. Beberapa bahan dapur yang bisa dimanfaatkan antara lain:

Lemon

Jeruk lemon ternyata memiliki kandungan yang bagus untuk mengatasai karatan. Untuk membersihkan karat di body mobil memakai lemon cukup memerasnya di wadah, kemudian rendam kain di perasan jeruk tersebut. Biarkan dalam beberapa menit agar peresapan rendama ke kain cukup meresap maksimal.

Kemudian gosokkan kain yang sudah ada kandungan lemon ke bagian mobil yang terkena karatan. Ulangi beberapa kali sampai karat mengelupas. Untuk memaksimalkan hasil Anda bisa memakai penggosok aluminium dan berikan garam di bagian karat mobil. Dijamin karatan akan mudah dihilangkan.

Cuka

Cuka juga menjadi bahan yang bisa digunakan untuk cara menghilangkan karat pada mobil . Kandungan asam yang ada di cuka terbukti ampuh untuk merontokkan karatan. Silahkan mengoleskan cuka yang terlebih dulu dilarutkan pada wadah berisi air. Kemudian silahkan mengoleskannya ke bagian bodi mobil yang berkarat.

Diamkan beberapa saat, lalu gosok memakai sikat sampai bagian yang berkarat rontok. Setelah bersih lakukan pengelapan secara bertahap sampai kering pada bagian tersebut. Dijamin karat akan mudah dibersihkan.

Dibaca Juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Anti Karat Mobil, Gunakan Tips Sederhana Ini

Baking Soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan karat pada mobil . Semprotkan larutan baking soda ke bagian yang terindikasi noda karat. Lakukan secara berkala sampai rata ke semua bagian. Jika sudah maka lakukan pengelapan sampai kering. Pastikan jika karatan sudah bersih jika masih ada lakukan berulang. Cara ini sangat mudah dan juga murah.

Percayakan Layanan Anti Karat Rustpro

Pencegahan dan cara menghilangkan karat pada mobil yang terbukti nyata tanpa harus membuat Anda ribet hanya bisa ditemukan di Rustpro. Anda cukup mendatangi Dokter Mobil di sejumlah bengkel resmi di kotamu. Banyak sekali layanan terbaik yang bisa Anda manfaatkan disana. Beberapa layanan itu antara lain:

Mempertahankan Nilai Jual Mobil

Penanganan dan pemberian anti karat pada mobil sejak dini, akan membantu Anda cara menghilangkan karat pada mobil. Salah satunya adalah menjaga purna jual mobil tetap tinggi. Selama ini harga jual mobil sudah pasti akan turun dari nilai belinya. Dengan memakai layanan Rustpro, potensi terhindar dari masalah karatan akan mempertahankan kondisi mobil Anda.

Pemasangan anti karat akan menahan harga mobil di pasarannya. Kondisi mobil juga tetap baru meski sudah bertahun-tahun Anda gunakan. Itulah mengapa pemakaian anti karat pada mobil dengan kualitas bahan terbaik akan membantu Anda untuk cara menghilangkan karat pada mobil kedepannya.

Menekan Biaya Servis

Karatan akan memberikan efek rusak jika dibiarkan. Komponen mobil yang rusak wajib sekali diganti karena menyangkut keselamatan Anda saat berkendara. Dengan memakai sistem perlindungan anti karat inilah maka Anda akan bebas menambah anggaran servis kedepannya.

Rencanakan anggaran perawatan mobil sejak dini. Hal ini tidak akan menimbulkan masalah kepada Anda suatu saat nanti. Memakai Rustpro sudah terbukti bertahun-tahun lapisan anti karat meminimkan resiko kerusakan akibat ancaman karatan.

Garansi dan Pengerjaan Cepat

Anda tidak perlu ragu dengan sistem pelayanan terbaik dari bengkel Rustpro. Semua layanan cara menghilangkan karat pada mobil terbaik akan melindungi dari masalah karatan di mobil Anda. Ada sistem garansi yang akan memberikan kenyamanan dalam memakai mobil dilengkapi lapisan anti karat selama 8 tahun. Anda akan leluasa dalam memantau dan mengecek kondisi mobil saat datang ke bengkelnya.

Sistem pelapisan anti karat mobil Rustpro ditangani mekanik handal. Proses pelapisan hanya memakai waktu 5 jam saja. Pengeringan memakai alat modern sehingga Anda bisa langsung membawa mobil pulang selepas penanganannya selesai. Masalah keropos akibat karatan kini semakin mudah Anda dapatkan pada semua layanannya.

Itulah beberapa cara menghilangkan karat pada mobil dan solusi terbaik jika Anda ingin mendapatkan layanan pelapisan anti karat terbaik. Anda tertarik untuk melapisi mobil pribadimu dengan lapisan terbaik? Datang dan gunakan layanan anti karat Rustpro sekarang juga.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5123

No votes so far! Be the first to rate this post.