❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Cara Merawat Mobil Karatan Ala Layanan Rustpro Dokter Mobil

cara merawat mobil karatan

Beberapa orang yang memiliki mobil sering kali abai dengan kondisi mobilnya yang sudah berkarat. Padahal karatan yang ada di mobil itu lama kelamaan akan membuat keropos yang akhirnya menimbulkan berbagai masalah baru. Tapi, Rustpro memiliki tips atau cara merawat mobil karatan yang baik dan benar.

Cara Merawat Mobil Karatan Ala Layanan Rustpro Dokter Mobil

cara merawat mobil karatan

Bagi Dokter Mobil, cara merawat mobil karatan itu sangat mudah, ini dia selengkapnya:

  1. Bagian yang akan Dipasang Anti Karat Dibersihkan Dulu dari Kotoran

Pertama-tama cara merawat mobil karatan, bagian yang sudah berkarat pada mobil itu dibersihkan dulu dari kotoran. Karat itu membuat permukaan berbagai komponen mobil menjadi kasar. Karena permukaannya yang kasar itu membuat debu dan kotoran mudah menempel.

Bahkan, jika Anda baru saja melewati jalan yang berlumpur bisa menempel di situ semua. Oleh karena itu harus dibersihkan dengan benar agar karatnya kelihatan. Sebab, karena saking  kotornya karat itu tidak terlihat loh.

Biasanya teknisi akan membersihkan dengan menggunakan air atau angin sesuai dengan kondisi kotorannya. Jika membandel ya harus pakai air, jika hanya debu-debu tipis bisa menggunakan angin.

  1. Bagian yang Sudah Berkarat Dibersihkan dengan Hati-hati

Cara merawat mobil karatan yang kedua, Setelah bagian yang berkarat itu terlihat dan tak tertutup oleh kotoran maka selanjutnya dibersihkan. Dengan menggunakan alat khusus, bagian yang berkarat itu diampelas secara hati-hati dan telaten. Harus sabar karena jika terlalu keras bisa malah merusaknya.

Bagian yang berkarat tadi dibersihkan agar tidak ada karat lagi yang menempel. Sebab, beberapa mobil memiliki tingkat karat yang sangat banyak sehingga harus dibersihkan dengan perlakuan khusus.

Nantinya teknisi juga akan menyterilkannya menggunakan bahan dan alat khusus agar terhindar dari bakteri penyebab tetanus. Ya, dalam besi yang berkarat itu ada bakteri yang hidup dan harus dimatikan agar tidak menginfeksi teknisi atau menyebabkan masalah lain.

  1. Jika Bagian yang Berkarat Tidak Bisa Diselamatkan Harus Ganti Komponen Baru

Poin di atas hanya untuk karat yang masih bisa diatasi dengan cara mengikisnya. Akan tetapi, jika karatan sudah menyebabkan komponen jadi keropos ya mau tidak mau harus ganti dengan yang baru.

Tapi hal ini jadi opsi terakhir. Mengapa demikian? Sebab Rustpro sangat peduli akan keaslian komponen mobil. Beberapa mobil memang terasa kurang prima karena diganti menggunakan suku cadang lain.

Namun, jika sudah keropos bahkan sudah rusak parah ya harus diganti dengan yang baru. Jika yang keropos dilapisi anti karat mobil tak akan ada efeknya. Malah nanti Anda hanya membuang-buang uang untuk menunggunya rusak kembali lebih cepat.

Dibaca Juga: Cara Menghilangkan Noda Karat Mobil dengan Cepat dan Sempurna

  1. Pemasangan Anti Karat Dimulai

Jika komponennya sudah bebas dari karat maka selanjutnya adalah pemasangan anti karat dimulai. Pemasangan anti karat Rustpro ini dengan cara disemprot menggunakan alat khusus. Ya, dengan teknologi yang canggih membuat pelapisan anti karat menjadi cepat selesai.

Pemasangan anti karat juga dilakukan oleh para teknisi andal sehingga lebih teliti. Ya, hasilnya sangat terlihat berbeda dibandingkan dengan bengkel lain. Bahkan mereka berani memberikan garansi hingga 8 tahun loh!

Untuk pelapisnya juga menggunakan bahan premium. Bengkal terkenal satu ini menggunakan pelapis anti karat dengan bahan karet atau rubber. Anti karat yang satu ini diklaim lebih kuat dibandingkan dengan bahan aspal atau yang lainnya.

Apakah Waktu Tunggu Layanan Rustpro di Dokter Mobil itu Lama?

Setelah mengetahui cara merawat mobil karatan di atas mungkin akan timbul pertanyaan lagi. Kemungkinan besar Anda bertanya apakah pelapisan anti karat itu lama? Agar lebih clear simak jawabannya di bawah ini:

  1. Tergantung pada Seberapa Banyak Karat yang ada Pada Berbagai Komponen Mobil

Jawaban cara merawat mobil karatan yang pertama adalah tergantung pada seberapa banyak karat yang ada di komponen mobil Anda. Jika karatnya sangat banyak maka memerlukan waktu yang lebih lama. Apalagi jika karatnya sudah parah.

Teknisi akan melakukan pengikisan karat dengan teliti dan hati-hati agar tidak malah merusak. Jika dilakukan secara kasar takutnya malah ambrol. Oleh karena itu, memerlukan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Hal ini harus Anda pahami karena jika dipercepat yang rugi diri Anda sendiri. Sebab, nanti bisa timbul kerusakan yang malah lebih parah.

  1. Jika Harus Diganti Biasanya Malah Lebih Cepat

Namun cara merawat mobil karatan, jika memang komponennya sudah benar-benar tidak bisa diperbaiki malah jelas harus diganti. Jika mobil Anda harus diganti beberapa komponennya maka pemasangannya akan cepat. Tahapan pelapisan anti karatnya juga akan menjadi lebih cepat.

Akan tetapi biayanya untuk ganti biasanya lebih mahal dibandingkan membersihkan karat yang ada. Ada yang perlu dipahami juga bahwa bisa saja dalam satu mobil itu ada komponen yang harus ganti ada juga komponen yang masih bisa dikikis karatnya. Jika hal ini terjadi mungkin juga akan lama.

Pasalnya teknisi harus membersihkan karat terlebih dahulu hingga tuntas. Barulah kemudian teknisi akan mengganti komponen yang harus diganti tadi. Barulah pelapisan anti karat itu dilakukan.

  1. Jika Hanya Pemasangan Anti Karat Tidak akan Lama

Cara merawat mobil karatan , Jika mobil sudah dalam keadaan yang sangat bersih, yang rusak diganti baru, dan karatnya sudah hilang maka tinggal pelapisan anti karat. Untuk melapisi anti karat saja tidak memerlukan waktu yang lama.

Bahkan, hanya dalam hitungan jam saja semuanya sudah selesai dan Anda bisa membawa pulang mobil. Apalagi pelayanan Rustpro dari Dokter Mobil itu didukung oleh peralatan yang canggih dengan tenaga profesional.

Bahkan tak sampai 2 jam sudah langsung jadi. Penyemprotan lapisan memang dilakukan secara hati-hati akan tetapi juga cepat. Lapisan yang tidak bisa terjangkau oleh tangan bisa dijangkau hanya dengan penyemprotan dengan tenaga yang telah disesuaikan.

  1. Tergantung Banyak Sedikitnya Bagian yang akan Anda Tutup dengan Anti Karat

Jawaban terakhir cara merawat mobil karatan adalah tergantung pada banyak sedikitnya bagian yang akan Anda tutup dengan anti karat. Umumnya para klien akan menggunakan layanan standar saja. Dokter Mobil memberikan layanan anti karat untuk Fender Rida, pintu bagian dalam atau door trim dan kolong sasis.

Akan tetapi, jika menurut Anda ada bagian yang juga butuh diberikan anti karat maka bisa minta kepada teknisinya langsung. Nanti mereka akan mempertimbangkan bagian tersebut apakah perlu atau tidak.

Namun, jika Anda memang sudah bulat mereka pun akan mengerjakannya dengan senang hati. Bagian yang sering ditambah oleh para klien adalah bagian kap bawah mesin. Bagian ini juga sering karatan sehingga perlu pelapisan ekstra.

Itu dia beberapa cara merawat mobil karatan yang baik dan benar dengan layanan Rustpro dari Dokter Mobil. Tidak ada alasan lagi untuk Anda menunda-nunda pemasangan anti karat karena estimasinya hanya sekitar 2 hingga 4 jam saja. Segera datangi bengkel Dokter Mobil yang ada di kota Anda.

RUSTPRO

It's My Responsibility