❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Cara Merawat Velg Mobil, Agar Terjaga Selalu Kondisinya

5 Cara Merawat Velg Mobil

Sudah bukan rahasia lagi bahwa velg mobil dapat menentukan kesan pertama dari mobil Anda. Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa velg Anda memancarkan kesan pertama yang baik adalah dengan merawatnya dengan benar. Cara merawat velg mobil dengan benar dapat membuat penampilan mobil Anda menjadi lebih menarik. Selain itu, velg yang dirawat dengan benar dapat bertahan lebih lama.

Di artikel ini, kami telah mengumpulkan beberapa tips ampuh yang dapat membantu Anda dalam melakukan cara merawat velg mobil kesayangan Anda dengan tepat.

Cara Merawat Velg Mobil

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga velg mobil tetap prima kondisinya. Berikut adalah cara merawat velg mobil yang bisa Anda praktikkan pada mobil kesayangan Anda.

  1. Hindari Melintasi Jalanan yang Rusak

Ketika velg mobil melintasi jalan yang rusak, batu-batu yang tajam, kendala, dan rongga jalan dapat mengakibatkan retakan, goresan, dan karatan pada velg. Hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya bentuk, warna, dan performa velg, sehingga kendaraan tidak akan beroperasi dengan baik. Selain itu, kerusakan pada velg juga dapat berdampak pada keseimbangan ban dan pelumasan roda, yang akan menurunkan kinerja dan keamanan berkendara. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengganti velg yang rusak segera agar tidak menyebabkan masalah yang lebih serius.

Menghindari jalanan rusak merupakan salah satu cara merawat velg mobil yang tepat. Selain membuat velg mobil terlihat lebih rapi, hal ini juga akan mengurangi kemungkinan kerusakan pada velg. Ketika berada di jalan, pastikan Anda mengikuti petunjuk arah dan menghindari jalanan yang rusak. Jika Anda melihat jalanan rusak atau jalan yang berlobang, sebaiknya Anda mencari jalan lain untuk sampai ke tujuan. Ini akan membantu Anda menghindari kerusakan pada velg mobil.

  1. Berkendara dengan Aman dan Bertanggungjawab

Kerusakan velg mobil merupakan dampak yang ditimbulkan oleh gaya berkendara yang serampangan. Dengan mengemudikan mobil dengan cara tidak sesuai aturan, bisa menyebabkan kerusakan pada velg mobil. Misalnya, saat berkendara dengan menabrak banyak potongan jalan yang tajam, atau saat melalui jalan yang tidak rata, dapat menyebabkan velg mobil mengalami retak-retak atau pecah. Selain itu, mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi pada jalan yang tidak rata juga dapat menyebabkan komponen suspensi rusak. Hal ini dapat mengakibatkan mobil limbung dan secara tidak langsung menyebabkan kerusakan velg mobil.

Berkendara dengan baik adalah salah satu cara merawat velg mobil yang efektif. Jika Anda berkendara dengan hati-hati dan berhati-hati, itu akan membantu Anda menghindari kerusakan pada velg mobil Anda. Contohnya dengan menjalankan mobil dengan kecepatan yang normal dan tak mengedepankan ‘nafsu’ saat berkendara.

Baca Juga: 3 Tips Agar Kenyamanan Berkendara Mobil Tetap Terjaga

  1. Hindari Membawa Barang dengan Bobot yang Berlebih

Membawa barang bawaan di mobil yang berlebihan dapat menimbulkan beban yang berlebihan pada velg mobil, yang dapat merusak velg mobil jika tidak ditangani dengan benar. Ketika Anda membawa berat yang berlebihan, velg mobil dapat tertekan dan memanjang hingga rusak. Ini dapat menyebabkan velg kehilangan bentuk, retak, dan bahkan bocor. Hal ini juga dapat menyebabkan ban bergerak ke sisi lain, atau bahkan mengalami keausan yang tidak merata. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa tidak ada barang bawaan dengan bobot yang berlebihan di dalam mobil Anda untuk langkah cara merawat velg mobil tetap baik kondisinya.

  1. Pastikan Tekanan Angin pada Ban Sesuai Standarnya

Mengabaikan tekanan angin pada ban dapat merusak velg mobil dengan cara melemahkan struktur velg itu sendiri. Velg mobil adalah struktur yang terbuat dari logam yang sangat kaku, namun ketika ban dipompa dengan tekanan berlebih, velg menjadi lebih lunak dan mudah pecah. Tekanan berlebih juga dapat melemahkan baut yang mengikat ban dan velg. Tanpa tautan yang kuat, velg dapat terpisah dari ban, menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Dengan kata lain, tekanan angin yang berlebihan pada ban mobil dapat merusak velg secara signifikan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Begitupun jika tekanan angin pada ban berada di level yang kurang. Pada saat berkendara, velg akan mengalami berbagai gaya yang berbeda, seperti gaya gesek, gaya tarik, dan gaya tempel yang semuanya dapat menyebabkan velg menjadi lebih rapuh. Jika ban kurang angin, maka gaya-gaya tersebut akan meningkat, dan hal ini bisa menyebabkan velg menjadi berkerut, patah, atau bahkan retak.

Untuk itu, pastikan agar tekanan angin pada ban selalu dalam level yang sesuai berdasarkan standarnya untuk terapkan cara merawat velg mobil dengan baik. Jangan terlalu berlebihan, namun juga tak boleh kekurangan.

  1. Bersihkan Velg Mobil dari Kotoran dan Rawat Warnanya dengan Coating dan Detailing di RUSTPRO

Membersihkan velg ban merupakan salah satu cara merawat velg mobil yang dapat dilakukan agar velg selalu terjaga kondisinya. Seringkali velg mobil terpapar debu dan kotoran di jalanan sehingga kondisinya bisa sangat kotor dan tak sedap saat dipandang. Maka dari itu, pastikan untuk menjaga velg mobil Anda dari kotoran dan debu yang menumpuk dengan lakukan pembersihan dan perlindungan tampilan velg yang maksimal menggunakan layanan coating dan detailing mobil dari RUSTPRO.

Di RUSTPRO, velg mobil yang kotor akan dilakukan pembersihan total atau detailing menggunakan peralatan khusus sehingga velg mobil bisa bebas dari kotoran dan debu hingga di sela-sela yang sempit sekalipun. Selanjutnya agar permukaan velg bisa terlindungi dari goresan saat roda mobil memutar, permukaan velg akan dilapisi oleh lapisan coating mobil dengan formulasi Graphene 10H+ Protection. Coating Graphene memiliki ketahanan perlindungan yang jauh lebih keras dari lapisan Nano Coating dan Ceramic Coating biasa, sehingga sangat efektif untuk melindungi bodi mobil dari baret dan lecet akibat gesekan serta efektif menjaga warna velg mobil agar tetap cerah dan mengkilap.

Bagi Anda yang berdomisili di sekitar daerah Jakarta Raya, layanan coating dan detailing dari RUSTPRO ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di bengkel RUSTPRO Cirendeu.

Lokasi: 14, Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Karena seringkali layanan coating dan detailing mobil di RUSTPRO ini begitu dinantikan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service RUSTPRO via WhatsApp di di 0813-1150-2678 (atau klik di sini). Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho!

Penutup

Ada beragam cara merawat velg mobil agar kondisinya selalu terjaga. Mengingat fungsinya yang cukup esensial untuk kelancaran berkendara, pastikan untuk rutin melakukan perawatan pada velg mobil kesayangan Anda, salah satunya dengan rutin lakukan perawatan coating dan detailing velg mobil di RUSTPRO.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility