❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu ❗❗ Kami Akan Segera Hadir Di Lontar Surabaya

5 Cara Perawatan Eksterior Mobil yang Wajib Dilakukan

5 Cara Perawatan Eksterior Mobil yang Wajib dilakukan

Untuk menjaga tampilan eksterior mobil agar tetap dalam kondisi prima, perawatan eksterior mobil harus dilakukan. Tentu saja, semua pemilik kendaraan pasti menginginkan tampilan mobil yang selalu terlihat seperti baru. Meski demikian, masih banyak pemilik kendaraan yang belum paham mengenai perawatan eksterior mobil. Oleh sebab itu, yuk kita simak bersama pembahasan lengkap mengenai bagian-bagian eksterior mobil dan cara perawatannya di bawah ini!

Bagian-Bagian yang Membutuhkan Perawatan Eksterior Mobil

Setiap kendaraan memiliki beberapa bagian yang membentuk interior dan eksterior. Eksterior bertindak sebagai “cangkang” mobil dan memiliki komponen logam besar dan kecil yang menciptakan desain struktural di sekitar kendaraan. Masing-masing bagian ini membutuhkan perawatan eksterior mobil dan pemeliharaan lainnya untuk memastikan tampilannya terjaga dengan baik.

1. Sasis

Sasis kendaraan adalah kerangka mobil, dan setiap bagian dari tampilan luar kendaraan melekat pada rangka ini. Sasis menentukan bagaimana mobil akan terlihat dan dikendarai tergantung pada roda gigi, mesin, dan bagian lain yang akan dipasang. Jika sasis rusak, maka kerusakan tersebut dapat menyebar ke bagian lain dari mobil Anda dan membahayakan bagian luar. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan perawatan eksterior mobil pada bagian sasis.

2. Roda

Setiap kendaraan memiliki roda sebagai bagian penting yang memungkinkannya bergerak melintasi permukaan, dan bagian-bagian ini harus memiliki kinerja yang tepat untuk mempertahankan fungsinya. Roda yang buruk dapat menimbulkan risiko masalah di jalan, dan dibutuhkan jadwal perawatan yang lebih sering untuk memastikan kondisi roda yang prima dan terhindar dari kerusakan. Roda yang tampak buruk adalah pertanda bahwa kendaraan Anda tidak berkinerja baik, jadi perawatan eksterior mobil di bagian roda yang baik akan membantu Anda dan kendaraan Anda.

3. Bumper

Terdapat bumper di bagian depan dan belakang kendaraan yang akan meredam dampak benturan. Jika Anda menabrak belakang mobil atau ada seseorang yang menabrak Anda, Anda akan menemukan bahwa bemper telah menyerap beban terberat dari efeknya dan bahwa sisa kendaraan Anda aman. Sebuah pompa yang baik sangat penting untuk keselamatan mobil Anda dan diri Anda sendiri, sehingga bumper Anda harus dalam kondisi baik dan siap untuk setiap kecelakaan.

4. Pintu-pintu

Anda akan melihat beberapa keausan pada pintu dan bagaimana mungkin mulai terjadi goresan atau penyok karena benturan dari waktu ke waktu. Pintu mobil Anda adalah bagian dari apa yang membuat penumpang tetap aman dan terlindungi saat mengendarai kendaraan, dan Anda memerlukan perawatan eksterior mobil untuk melindungi kondisi pintu. Perawatan pintu juga akan membuat mobil terlihat bagus dengan permukaan yang halus dan membuat orang tahu bahwa Anda memprioritaskan untuk merawat mobil Anda.

BACA JUGA: Cat Mobil Berjamur? Kenali Penyebab dan 6 Cara Mengatasinya!

Cara Perawatan Eksterior Mobil

Eksterior kendaraan memerlukan banyak perawatan, sama seperti interiornya, tetapi untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi prima, Anda perlu menggunakan metode perawatan eksterior mobil yang berbeda untuk membuatnya terlihat sempurna. Membersihkan kotoran, menghilangkan goresan, dan menjaga agar logam tetap kuat adalah aspek penting dari perawatan eksterior mobil.

1. Pencucian

Partikel di udara, debu di garasi Anda, dan air hujan pada akhirnya akan menumpuk dan meninggalkan lapisan kotoran pada kendaraan Anda. Sering mencuci akan memastikan bahwa mobil Anda mempertahankan penampilan bagus di bagian luarnya. Seringkali, sabun dan air adalah alat yang efektif untuk menghilangkan kotoran dan noda di sepanjang eksterior kendaraan, tetapi Anda mungkin memerlukan sesuatu yang lebih kuat untuk menghilangkan noda yang lebih keras seperti kotoran burung.

Cairan pembersih berbeda yang dirancang untuk eksterior kendaraan tidak akan merusak pekerjaan cat atau menimbulkan korosi pada logam. Carilah cairan pembersih ini di toko mobil lokal atau dapatkan rekomendasi dari mekanik Anda.

2. Waxing

Melapisi mobil dengan wax akan memberikan kilau yang bagus, membuatnya terlihat baru dan bersih. Wax mobil membantu menjaga lapisan bening cat akrilik yang Anda aplikasikan pada mobil. Pelapisan wax yang sering akan menjaga tampilan cat kendaraan Anda tetap segar. Menggunakan cat mobil dengan wax adalah yang terbaik, karena memberikan dua lapisan perlindungan, cat akan menempel pada goresan apa pun, membuatnya tidak terlalu terlihat, dan wax akan membuat cat terlihat baru.

3. Tambahkan Body Kit

Ada banyak kemajuan dalam cara perawatan eksterior mobil sekaligus meningkatkan tampilan kendaraan di era teknologi saat ini. Salah satu peningkatan yang paling menonjol adalah penggunaan body kit. Menambahkan body kit akan membantu kendaraan Anda dan eksteriornya tampak hebat dan menambahkan banyak manfaat pada performanya di jalan.

Sebagian besar mobil mewah akan mendapat manfaat dari perubahan yang dibawa oleh body kit. Contohnya, mobil Audi sederhana langsung dari lantai penjualan akan terlihat lebih baik dengan body kit Audi yang terpasang untuk meningkatkan gaya dan struktur.

4. Detailing Tahunan

Detailing mobil merupakah salah satu metode perawatan eksterior mobil yang paling banyak dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Mobil Anda akan menumpuk kontaminan dari waktu ke waktu dan membutuhkan pembersihan menyeluruh jika tidak dijaga. Melakukan detailing mobil setiap tahun akan membuatnya tetap terawat dan mencegah masalah kinerja apa pun dari kontaminan.

Detailnya akan tergantung pada kebutuhan pembersihan kendaraan Anda, dan ada permintaan tertentu yang akan dilakukan mekanik. Pembersihan uap, memasang lapisan cat baru, atau menambahkan body kit adalah layanan yang tersedia di bengkel terbaik di mana Anda bisa mendapatkan detail mobil Anda.

5. Menyimpan Mobil dengan Benar Selama Musim Panas

Bulan-bulan musim panas yang terik tidak hanya berpengaruh pada kulit manusia saja, tetapi juga eksterior mobil. Oleh karena itu, penting untuk mempraktikkan prosedur penyimpanan mobil yang benar ketika menyimpan kendaraan saat musim panas. Suhu yang tinggi akan merusak eksterior mobil Anda dengan berpotensi memudarkan cat dan bagian logam lainnya.

Bagian luar mobil akan mengalami kerusakan cat yang akan retak dan terkelupas karena suhu yang terlalu tinggi dalam waktu yang lama. Selain itu, panas berlebih juga berpengaruh pada interior mobil. Memasang terpal atau penutup di atas kendaraan akan membuatnya tetap terisolasi dan mencegah masuknya panas yang berlebihan atau melapisi bagian luarnya. Bahan penutup juga akan membantu menyerap kelembapan saat cuaca menjadi lebih hangat.

Rekomendasi Perawatan Eksterior Mobil Terbaik

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa eksterior merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari kendaraan. Namun, terkadang para pemilik kendaraan cenderung melupakan pentingnya perawatan pada eksterior mobil. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk melakukan perawatan bagian eksterior kendaraan di bengkel terpercaya seperti RustPro.

RustPro adalah bengkel otomotif dengan kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan perawatan eksterior kendaraan seperti waxing, detailing, dan pembersihan di RustPro semuanya dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga menjamin agar tampilan kendaraan Anda tetap prima seperti baru.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai bagian-bagian eksterior mobil dan cara perawatannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, perawatan pada eksterior kendaraan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.  Oleh sebab itu sangat disarankan untuk melakukan perawatan eksterior kendaraan secara berkala di bengkel terpercaya seperti RustPro agar hasilnya dapat menjadi maksimal.

Agar perawatan eksterior mobil lebih maksimal, Anda bisa langsung mengunjungi layanan RustPro terdekat. RustPro menyediakan banyak layanan terbaik untuk kendaraan Anda, termasuk salah satunya adalah layanan perawatan eksterior mobil. Anda akan mendapatkan layanan terbaik di Indonesia yang ditangani oleh para ahlinya. Untuk mendapatkan layanan perawatan ekterior mobil, silahkan lakukan reservasi melalui WhatsApp. Atau Anda bisa langsung pergi ke cabang RustPro terdekat sekarang juga.

Referensi:

– 10 Car Care Tips During the Rainy Season – Crownasia. Tautan: https://www.crownasia.com.ph/news-and-blogs/lifestyle-blogs/selected/10-car-care-tips-during-the-rainy-season (Diakses: 2 Desember 2022)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2514

No votes so far! Be the first to rate this post.