❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Cat Mobil Kena Kotoran Burung: Efek Buruk hingga Cara Mengatasinya

Cat Mobil Kena Kotoran Burung - Efek Buruk hingga Cara Mengatasinya

Para pemilik mobil pasti takut ketika melihat mobil mereka kena kotoran burung. Kotoran burung dapat meninggalkan noda yang tak tertanggulangi pada cat mobil, dan ini tentu saja sangat merugikan. Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa membersihkan noda ini tidak selalu mudah.

Kotoran burung dapat menyebabkan kerusakan pada warna dan permukaan cat mobil yang bisa menyebabkan kerusakan permanen. Pada kesempatan ini, kami akan membahas efek buruk cat mobil kena kotoran burung dan cara membersihkannya dengan benar.

Efek Cat Mobil Kena Kotoran Burung

Ketika kendaraan Anda terkena kotoran burung, efek yang terjadi pada mobil akan mempengaruhi performanya secara signifikan. Kotoran burung yang terlihat sebagai ceceran berwarna coklat atau putih ternyata berisi bahan kimia yang dapat mengikis permukaan cat mobil Anda. Di dalam kotoran burung terdapat kadar asam sulfat yang cukup tinggi. Asam sulfat ini dapat mengikis lapisan cat yang mengandung protein, seperti cat asam. Selain itu, asam sulfat juga dapat menyebabkan lapisan cat menjadi kusam.

Penelitian yang dijalankan oleh Shamsuddin et al., menunjukkan bahwa pada suhu tinggi, kotoran burung dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan cat mobil. Penelitian ini menunjukkan bahwa kotoran burung mengandung asam sulfat yang dapat merusak lapisan cat mobil dengan mengikis permukaannya. Selain itu, kotoran burung juga mengandung unsur-unsur seperti klorin, fosfat, dan karbonat yang dapat menyebabkan lapisan cat menjadi kusam.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa kotoran burung dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan cat mobil. Karena itu, penting bagi Anda untuk segera membersihkan kotoran burung yang menempel pada mobil Anda. Namun, penting untuk memastikan bahwa Anda menggunakan produk pembersih yang tepat untuk membersihkan kotoran tersebut agar lapisan cat mobil Anda tidak rusak.

Baca Juga: 10 Tips Merawat Cat Mobil Putih Agar Tidak Kusam

Cara Membersihkan Cat Mobil Kena Kotoran Burung

Parahnya adalah ketika burung berlalu lalang di puncak mobil Anda dan meninggalkan bekas kotoran yang mengerikan. Menghilangkan bekas kotoran burung dari mobil Anda dapat menjadi tugas yang menakutkan, tetapi juga sangat mungkin untuk dilakukan. Berikut adalah cara menghilangkan kotoran burung dari mobil Anda:

  1. Bersihkan Kotoran yang Menempel

Bersihkan kotoran yang menempel dengan menggunakan sikat kecil dan lembut. Sikat dengan halus untuk menghindari menggores permukaan cat. Gunakan larutan sabun kendaraan untuk membersihkan kotoran yang tertinggal.

  1. Bersihkan dengan Air

Setelah membersihkan bekas kotoran yang menempel, gunakan air untuk membersihkan sebagian besar kotoran yang mungkin tertinggal. Bisa jadi Anda harus menyemprotkan mobil Anda dengan air beberapa kali untuk menghilangkan semua kotoran.

  1. Gunakan Sabun Pembersih

Setelah menyemprotkan mobil Anda dengan air, gunakan sabun pembersih dan sponge untuk membersihkan bagian yang terkena kotoran. Bersihkan dengan lembut untuk mencegah memudar cat.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Bersihkan dengan Compound

Setelah Anda selesai membersihkan bagian luar mobil Anda dengan deterjen, gunakan compound untuk membersihkan bagian luar mobil Anda. Compound akan membersihkan permukaan dan membantu menghilangkan bekas kotoran burung.

  1. Polishing

Setelah Anda selesai membersihkan bagian luar mobil Anda dengan compound, gunakan wax polishing untuk membantu menutupi bekas kotoran dan mengembalikan kilau ke permukaan cat.

  1. Bersihkan Lagi

Setelah Anda selesai dengan wax polishing, gunakan air untuk membersihkan bagian luar mobil Anda. Bersihkan dengan lembut dan jangan lupa untuk mengeringkan mobil Anda sebelum Anda mengembalikan ke keadaan aslinya.

  1. Beri Perlindungan dengan Coating Protection dari RUSTPRO

Setelah dibersihkan, pemberian perlindungan juga sangat dibutuhkan agar masalah cat mobil kena kotoran burung ini tidak semakin memperparah tampilan mobil kesayangan Anda. Untuk berikan perlindungan yang lebih kuat pada tampilan mobil Anda, layanan coating dari RUSTPRO bisa jadi pilihan yang tepat.

RUSTPRO Coating Protection hadir dengan teknologi terbaru, Graphene 10H+ Protection, yang mampu menciptakan lapisan perlindungan nano coating yang kuat dalam menjaga eksterior mobil dari kotoran dan air sehingga warna mobil tetap mengkilap.

Selain itu, Anda juga berhak atas garansi hingga 3 tahun, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat melakukan maintenance hasil coating. Jadi, jangan sampai lewatkan kesempatan ini! Segera reservasi RUSTPRO Coating Protection via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini) dan nikmati promo-promo menarik dari RUSTPRO!

Penutup

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan mendapati bahwa mobil Anda telah kembali bersih dan bebas dari kotoran burung. Ini adalah cara yang terbaik untuk menghilangkan kotoran burung dari mobil Anda. Jangan lupa untuk memeriksa cat Anda secara berkala untuk memastikan bahwa kondisinya tetap baik.

Sekian cara membersihkan cat mobil kena kotoran burung. Semoga bermanfaat!

RUSTPRO

It's My Responsibility