❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Perlukah Cuci Kolong Mobil secara Berkala?

perlukah cuci kolong mobil

Mencuci kolong mobil mungkin terdengar seperti tugas kecil dan sepele, namun sebenarnya hal tersebut sangatlah penting untuk menjaga kesehatan mobil Anda.

Bagian bawah mobil seringkali diabaikan dan menjadi tempat berkembangnya kotoran, hama, dan korosi yang dapat merusak mobil dan mempengaruhi performa mesin.

Dalam artikel ini, rustpro.id akan membahas sejumlah alasan pentingnya rutin mencuci kolong mobil dan bagaimana perawatan yang tepat dapat membantu mencegah kerusakan dan memperpanjang umur mobil Anda.

Yuk, simak informasinya!

Perlukah Cuci Kolong Mobil secara Berkala?

Mencuci kolong mobil merupakan salah satu bagian dari perawatan mobil yang sering diabaikan oleh pemilik mobil.

Padahal, membersihkan bagian bawah mobil sangat penting untuk menjaga kinerja mobil dan mencegah masalah-masalah yang bisa timbul di masa depan.

Berikut adalah alasan mengapa rutin mencuci kolong mobil itu sangat penting:

1. Mencegah Karat dan Kerusakan pada Bagian Bawah Mobil

Mencuci kolong mobil secara rutin sangat penting untuk mencegah terjadinya karat atau korosi pada bagian bawah mobil.

Ketika mobil terkena air hujan atau air yang tercemar, maka kotoran dan partikel-partikel yang ada di dalamnya akan menempel pada bagian bawah mobil.

Hal ini tentu dapat menyebabkan korosi pada bagian-bagian logam pada mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Selain itu, kotoran yang menempel di bagian bawah mobil juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem suspensi dan rem mobil.

Jika bagian-bagian tersebut rusak, maka mobil akan mengalami masalah ketika dikendarai.

Mencuci kolong mobil secara rutin juga akan memperpanjang umur mobil Anda.

Ketika karat atau korosi sudah menyebar pada bagian bawah mobil, maka Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memperbaikinya.

Oleh karena itu, dengan mencegah terjadinya kerusakan dan karat pada bagian bawah mobil, Anda dapat menghemat biaya perawatan dan memperpanjang umur mobil Anda.

2. Menjaga Performa Mobil

Cuci kolong mobil juga dapat meningkatkan performa mobil Anda. Bagian bawah mobil yang bersih akan memperkecil hambatan angin dan memungkinkan udara untuk mengalir lebih lancar ke dalam mesin.

Udara yang masuk ke dalam mesin yang bersih akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan performa mesin secara keseluruhan.

Selain itu, membersihkan bagian bawah mobil juga dapat membantu mengurangi suhu mesin yang dapat mempengaruhi kinerja mesin Anda.

Ketika mesin mobil berada pada suhu yang terlalu tinggi, maka kinerja mesin akan menurun.

Suhu mesin yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian mesin, seperti seal mesin yang menjadi kering atau mengeras, sehingga oli mesin bocor dan menurunkan kinerja mesin secara keseluruhan.

Oleh karena itu, menjaga bagian bawah mobil tetap bersih dapat membantu menjaga suhu mesin dan meningkatkan performa mobil.

3. Mencegah Serangan Hama

Kolong mobil yang kotor dan lembap dapat menjadi tempat berkembang biak hama seperti tikus, kecoa, dan serangga lainnya.

Hama-hama ini dapat merusak bagian-bagian mobil, seperti kabel atau selang-selang yang ada di dalam mesin.

Selain itu, hama-hama ini juga dapat membahayakan kesehatan Anda, karena mereka bisa menularkan penyakit.

Ketika cuci kolong mobil, pastikan untuk membersihkan semua bagian, termasuk area-area yang sulit dijangkau.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan air dan sabun yang tepat untuk membersihkan bagian-bagian tersebut.

Dengan membersihkan bagian bawah mobil secara rutin, Anda dapat mencegah terjadinya serangan hama dan menjaga kesehatan Anda.

4. Meningkatkan Keselamatan Berkendara

Mencuci kolong mobil juga dapat meningkatkan keselamatan berkendara Anda. Kotoran yang menempel pada bagian bawah mobil dapat menyebabkan goresan atau kerusakan pada sistem rem mobil.

Hal ini dapat memperpanjang jarak pengereman atau bahkan menyebabkan rem menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, dengan membersihkan bagian bawah mobil secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa sistem rem mobil berfungsi dengan baik, sehingga meningkatkan keselamatan berkendara Anda.

Selain itu, Cuci kolong mobil juga dapat membantu Anda menemukan masalah pada mobil lebih awal.

Ketika mencuci kolong mobil, Anda dapat melihat apakah ada bagian yang rusak atau bocor, seperti bagian suspensi, sistem knalpot, atau bagian mesin yang bocor.

Dengan menemukan masalah pada mobil lebih awal, maka Anda dapat segera memperbaikinya sebelum masalah tersebut menjadi lebih besar dan lebih mahal untuk diperbaiki.

Baca Juga: Tips Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas yang Harus Diperhatikan saat Mudik Nanti

Ingin Kolong Mobil Bebas Karat? Bawa ke RustPro Aja, Dijamin Garansi Hingga 8 Tahun!

Setelah mencuci kolong mobil secara rutin, pengaplikasian anti karat pada bagian bawah mobil dapat menjadi perawatan ekstra yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya karat pada bagian logam.

Anti karat merupakan lapisan pelindung pada bagian bawah mobil yang dapat mengurangi paparan udara dan air yang dapat menyebabkan korosi pada bagian-bagian logam.

Pilihan pengaplikasian anti karat dapat disesuaikan dengan kebutuhan mobil Anda. Untuk pilihan lapisan anti karat mobil berkualitas terbaik, anti karat mobil RustPro adalah pilihan tepat untuk Anda tuju.

Dengan menggunakan cat anti karat berahan dasar rubber atau karet, anti karat mobil dari RustPro dijamin lebih cepat kering, lebih ringan, aman terkena percikan bahan bakar, dan lebih tahan di suhu tinggi dibanding anti karat mobil dari aspal.

RustPro pun menjamin ketahanan anti karat ini dengan memberikan jaminan  garansi hingga 8 tahun.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan perawatan anti karat secara berkala di seluruh cabang RustPro secara GRATIS.

So, buruan deh rawat mobil Anda di RustPro sekarang! Reservasikan nomor antrian Anda dengan menghubungi Customer Service kami di nomor WhatsApp 0812-1130-9522!

Anda juga dapat mencari tahu seputar layanan kami melalui Instagram di @rustpro_indonesia.

Buat yang berdomisili di wilayah, Jakarta, Cirebon, dan Makassar, silahkan kunjungi cabang RustPro terdekat di bawah ini!

RustPro Pengangasaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Surabaya

Lokasi: Jl. Raya Wiyung No.17, Wiyung, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228.

Dalam menjaga mobil Anda tetap dalam kondisi terbaik, tidak hanya perawatan pada bagian atas mobil yang harus dilakukan, namun juga pada bagian bawah mobil, seperti cuci kolong mobil secara rutin.

Rutin cuci kolong mobil dapat mencegah terjadinya kerusakan pada mobil, meningkatkan performa mobil, mencegah serangan hama, dan meningkatkan keselamatan berkendara.

Pastikan juga untuk memberikan perlindungan yang lebih maksimal pada kolong mobil dengan mengaplikasikan lapisan anti karat mobil terbaik hanya dari Rustpro.

RUSTPRO

It's My Responsibility