❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Efek Buruk Cuci Mobil Pakai Sabun Colek

Efek Buruk Cuci Mobil Pakai Sabun Colek

Mencuci mobil memang menjadi kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik mobil untuk menjaga tampilan dan kesehatan kendaraannya. Sabun yang digunakan oleh pengguna mobil pun beragam, dari sabun khusus cuci mobil sampai sabun colek. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa cuci mobil pakai sabun colek dapat menimbulkan efek buruk bagi mobil Anda, lho.

Penting bagi Anda sebagai pemilik mobil untuk memahami bahaya penggunaan sabun colek pada mobil. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai efek buruk cuci mobil pakai sabun colek serta tips mencuci mobil dan merawat bodi mobil dengan benar dan aman.

Bahaya Cuci Mobil Pakai Sabun Colek

Cuci mobil adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh banyak orang untuk menjaga kebersihan kendaraan mereka. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa penggunaan sabun colek untuk mencuci mobil bisa berdampak buruk bagi lingkungan dan juga mobil itu sendiri. Berikut adalah beberapa efek buruk dari cuci mobil pakai sabun colek:

  1. Merusak Seal pada Bagian Mobil

Salah satu efek buruk dari cuci mobil pakai sabun colek adalah dapat merusak komponen seal di bagian mobil. Seal adalah komponen penting dalam mobil yang berfungsi untuk mencegah kebocoran oli dan cairan lainnya dari mesin atau sistem lainnya di dalam mobil. Ketika sabun colek digunakan untuk mencuci mobil, bahan kimia di dalamnya dapat merusak bahan karet atau plastik pada seal.

Bahan kimia di dalam sabun colek, seperti surfaktan dan fosfat, dapat menyebabkan seal menjadi kering dan retak. Hal ini akan mengurangi kemampuan seal untuk menahan tekanan dan menyebabkan kebocoran cairan pada mobil. Kebocoran ini dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius pada mobil, terutama jika cairan yang bocor adalah oli mesin atau cairan lain yang sangat penting untuk menjaga kinerja mobil.

  1. Merusak Cat Mobil

Sabun colek yang tidak cocok untuk cuci mobil dapat merusak cat mobil. Sebagian besar sabun colek mengandung bahan-bahan kimia yang keras dan abrasif yang bisa merusak cat mobil, terutama pada mobil dengan cat yang sudah tua atau rusak. Bahan-bahan kimia tersebut bisa membuat cat mobil mengelupas dan menyebabkan kerusakan permanen. Sebaiknya, gunakan sabun khusus cuci mobil yang dapat membersihkan kendaraan dengan lembut tanpa merusak cat mobil.

  1. Menyebabkan Kerusakan pada Sistem Kelistrikan Mobil

Penggunaan sabun colek untuk mencuci mobil juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. Sabun yang masuk ke dalam sistem listrik mobil dapat membuat komponen listrik menjadi korosi dan mengurangi daya tahan sistem listrik mobil. Selain itu, sabun colek yang terkena kabel dan konektor listrik dapat menyebabkan hubungan listrik menjadi tidak baik atau bahkan putus. Hal ini bisa menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan mobil, seperti lampu yang tidak menyala atau starter yang tidak bekerja dengan baik.

  1. Mencemari Lingkungan

Sabun colek mengandung bahan-bahan kimia seperti fosfat, surfaktan, dan pewarna yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Ketika sabun colek digunakan untuk mencuci mobil, bahan-bahan kimia tersebut dapat masuk ke dalam sistem drainase dan mencemari air tanah dan sungai. Selain itu, sabun colek juga dapat mengganggu keseimbangan ekosistem di sekitar tempat Anda mencuci mobil. Karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan sabun cuci mobil yang ramah lingkungan.

Tips Mencuci Mobil dan Melakukan Perawatan Bodi Mobil dengan Tepat di Rustpro

Mencuci mobil tidak hanya menjaga penampilan kendaraan tetapi juga membantu mempertahankan nilainya. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, mencuci mobil dapat merusak bodi mobil dan bahkan merusak komponen lainnya. Berikut adalah beberapa tips mencuci mobil dengan tepat agar tidak merusak bodi mobil.

  1. Gunakan Sabun Cuci Mobil yang Tepat

Pilihlah sabun cuci mobil yang diformulasikan khusus untuk kendaraan. Sabun cuci mobil yang tepat mengandung bahan-bahan yang tidak keras dan dapat membersihkan mobil dengan lembut tanpa merusak cat atau bahan lainnya. Hindari menggunakan sabun colek atau sabun piring yang keras dan dapat merusak lapisan pelindung pada cat mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Hindari Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari Langsung

Cuci mobil di bawah sinar matahari langsung dapat menyebabkan sabun kering terlalu cepat dan meninggalkan noda pada mobil. Selain itu, sinar matahari dapat meningkatkan suhu mobil dan membuat sabun menjadi lebih sulit untuk dibilas. Pastikan untuk mencuci mobil di tempat yang teduh atau di pagi atau sore hari ketika matahari tidak terlalu terik.

  1. Gunakan Alat Cuci Mobil yang Tepat

Gunakan alat cuci mobil yang tepat untuk membersihkan mobil. Pilihlah spons atau lap mobil yang lembut dan aman untuk digunakan pada cat mobil. Hindari menggunakan alat yang keras seperti sikat atau spons kasar yang dapat merusak cat mobil dan menggores permukaannya. Gunakan juga selang air atau semprotan yang lembut untuk membilas mobil.

  1. Bersihkan Mobil dari Atas ke Bawah

Mulailah mencuci mobil dari bagian atas dan turun ke bagian bawah. Hal ini akan membantu mencegah sabun atau kotoran dari bagian atas mobil jatuh ke bagian yang sudah dibersihkan. Selain itu, mencuci mobil dari atas ke bawah juga memungkinkan Anda untuk membersihkan bagian mobil yang sulit dijangkau dengan lebih mudah.

  1. Bilas Mobil dengan Baik

Pastikan untuk membilas mobil dengan baik setelah mencuci untuk menghilangkan semua sabun dan kotoran yang mungkin menempel pada mobil. Jangan biarkan sabun kering di permukaan mobil karena hal ini dapat meninggalkan noda pada mobil. Pastikan juga untuk mengeringkan mobil dengan baik setelah membilas untuk mencegah penumpukan air yang dapat meninggalkan noda pada permukaan mobil.

Baca Juga: 7 Cara Hilangkan Noda Pada Cat Mobil, Pasti Berhasil & Bersih!

Setelah mengetahui bagaimana cara mencuci mobil dengan baik, pastikan juga untuk melakukan perawatan dengan baik pada eskterior mobil agar mobil kesayangan Anda selalu terawat kondisinya, walaupun usia pakainya sudah sangat lama.

Layanan coating detailing di Rustpro bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kondisi bodi mobil selalu terjaga penampilannya, setua apapun umur mobilnya.

Rustpro menyediakan layanan coating dan detailing yang bisa Anda coba untuk memberikan perawatan optimal untuk bodi mobil Anda. Menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia, formulasi Graphene ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Dengan masa garansi 3 tahun, klaim garansi ini bisa dengan mudah Anda klaim di seluruh cabang Rustpro tanpa terkecuali selama masa garansi masih berlaku.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Pegangsaan Dua
    Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250
  2. Rustpro Lebak Bulus
    Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  3. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  4. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan coating detailing mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Penutup

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa mencuci mobil dengan sabun colek dapat menyebabkan efek buruk pada lingkungan dan mobil itu sendiri. Bahan kimia di dalam sabun colek dapat mencemari lingkungan, merusak cat mobil, dan menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. Penggunaan sabun colek juga dapat merusak komponen seal di bagian mobil. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan sabun cuci mobil yang tepat dan aman untuk mencuci kendaraan.

Tips mencuci mobil yang tepat meliputi memilih sabun cuci mobil yang tepat, mencuci mobil di tempat yang teduh, menggunakan alat cuci mobil yang tepat, membersihkan mobil dari atas ke bawah, dan membilas mobil dengan baik. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membersihkan mobil dengan lembut dan mencegah kerusakan pada bodi mobil. Dalam rangka menjaga kebersihan dan merawat kendaraan Anda, pastikan untuk selalu menggunakan sabun cuci mobil yang tepat dan mengikuti tips mencuci mobil yang aman dan benar, serta jaga tampilan mobil agar selalu paripurna dengan coating detailing di Rustpro.

RUSTPRO

It's My Responsibility