❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Daftar Tingkat Gelap Kaca Film Mobil & Aturannya, Yuk Simak!

Daftar Tingkat Gelap Kaca Film Mobil & Aturannya, Yuk Simak!

Memahami tingkat kegelapan kaca film mobil dan aturannya bukanlah hal yang sepele. Sebagai pengendara, memiliki pengetahuan tentang hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kendaraan Anda mematuhi peraturan tingkat gelap kaca film mobil yang berlaku. Selain itu, pemilihan tingkat kegelapan kaca film yang tepat juga dapat meningkatkan kenyamanan dan privasi Anda saat berkendara. Jadi, mari kita simak lebih lanjut tentang topik ini!

Daftar Tingkat Gelap Kaca Film Mobil di Indonesia

Memahami tingkat gelap kaca film mobil dan aturannya adalah hal yang penting bagi setiap pengemudi. Di Indonesia, aturan ini telah ditetapkan oleh pemerintah untuk memastikan bahwa pengemudi memiliki visibilitas yang baik saat berkendara dan untuk memudahkan petugas kepolisian serta petugas keamanan lainnya untuk melihat ke dalam mobil.

Dengan demikian, aturan ini tidak hanya membantu mencegah kecelakaan, tetapi juga membantu dalam penegakan hukum dan keamanan. Mari kita bahas lebih lanjut tentang tingkat gelap kaca film mobil di Indonesia.

1. Kaca Depan

Kaca depan mobil memiliki peran penting dalam memberikan visibilitas kepada pengemudi. Oleh karena itu, tingkat gelap kaca film mobil yang diperbolehkan untuk kaca depan adalah 70%. Ini berarti bahwa kaca film tersebut harus dapat membiarkan 70% cahaya masuk ke dalam mobil. Dengan tingkat kegelapan ini, pengemudi dapat melihat jalan dengan jelas, baik di siang maupun malam hari, sehingga dapat membantu mencegah kecelakaan.

2. Kaca Samping Depan

Kaca samping depan juga memiliki peran penting dalam memberikan visibilitas kepada pengemudi, terutama saat perlu melihat ke samping dan belakang. Untuk kaca samping depan, tingkat gelap kaca film mobil yang diperbolehkan adalah 40%.

Dengan tingkat kegelapan ini, pengemudi masih dapat melihat dengan jelas ke samping dan belakang saat berkendara atau saat perlu melihat ke samping dan belakang untuk tujuan lainnya, seperti saat parkir.

3. Kaca Samping Belakang dan Kaca Belakang

Kaca samping belakang dan kaca belakang memiliki tingkat gelap kaca film mobil yang lebih tinggi dibandingkan dengan kaca depan dan kaca samping depan. Untuk kaca samping belakang dan kaca belakang, tingkat kegelapan kaca film yang diperbolehkan adalah 20%. Meskipun tingkat kegelapan ini lebih tinggi, pengemudi masih diharapkan dapat melihat ke belakang dengan cukup jelas melalui spion dalam.

BACA JUGA: Cara Memilih Kaca Film Gelap Tapi Terang Dari Dalam Cocok Untuk Musim Tropis di Indonesia

Perlu diingat bahwa aturan ini berlaku untuk mobil pribadi. Untuk kendaraan umum, aturan mengenai tingkat gelap kaca film mobil mungkin berbeda. Selain itu, penggunaan kaca film yang terlalu gelap bisa berpotensi melanggar hukum dan dapat berakibat pada denda atau sanksi lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap pengemudi untuk memahami dan mematuhi aturan ini.

Aturan Kegelapan Kaca Film di Indonesia

Memahami aturan kegelapan kaca film mobil di Indonesia adalah hal yang penting bagi setiap pengemudi. Aturan ini tidak hanya berfungsi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengemudi, tetapi juga untuk mematuhi hukum yang berlaku.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Dengan mematuhi aturan tingkat gelap kaca film mobil ini, Anda dapat menghindari sanksi hukum dan memastikan bahwa Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Mari kita bahas lebih lanjut tentang aturan kegelapan kaca film mobil di Indonesia. Berikut ini adalah aturan kegelapan kaca film mobil di Indonesia yang perlu Anda ketahui:

1. Kaca Depan

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 44 tahun 2014 tentang Pengendalian dan Pengawasan terhadap Penggunaan Kaca Film pada Kendaraan Bermotor, kaca depan mobil di Indonesia harus memiliki tingkat kegelapan maksimal 40%. Artinya, kaca film yang dipasang pada kaca depan harus memungkinkan cahaya masuk sebanyak 60%.

2. Kaca Samping Depan

Untuk kaca samping depan, aturan yang berlaku sama dengan kaca depan, yaitu tingkat gelap kaca film mobil pada bagian kaca depan ini adalah maksimal 40% dan transmisi cahaya minimal 60%.

3. Kaca Samping Belakang dan Kaca Belakan

Untuk kaca samping belakang dan kaca belakang, aturan yang berlaku lebih longgar. Kaca film yang dipasang pada bagian ini diperbolehkan memiliki tingkat kegelapan hingga 80%, dengan kata lain, transmisi cahaya minimal adalah 20%.

Aturan ini diberlakukan dengan tujuan untuk memastikan visibilitas pengemudi tetap baik dan mengurangi risiko kecelakaan. Selain itu, aturan ini juga memungkinkan petugas kepolisian dan petugas lainnya untuk melihat ke dalam kabin kendaraan, yang bisa membantu dalam pencegahan dan penegakan hukum.

Sebagai penutup, penting untuk diingat bahwa meski kaca film dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti melindungi penumpang dari sinar matahari langsung dan menjaga privasi, namun penggunaan kaca film juga harus mematuhi aturan yang berlaku. Selalu pastikan bahwa kaca film yang Anda pasang pada kendaraan Anda memenuhi standar dan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Tingkat Kegelapan Kaca Film Untuk Mobil Avanza

Mobil Avanza merupakan salah satu mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dalam memilih tingkat gelap kaca film mobil untuk mobil Avanza, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, termasuk aturan yang berlaku dan kebutuhan Anda sehari-hari. Idealnya, tingkat kegelapan kaca film untuk mobil Avanza adalah sebagai berikut:

  • Kaca Depan: Kaca film dengan tingkat kegelapan 40% sangat direkomendasikan untuk kaca depan. Dengan tingkat kegelapan ini, Anda masih dapat melihat jalan dengan jelas, baik di siang maupun malam hari.
  • Kaca Samping Depan: Untuk kaca samping depan, Anda juga bisa menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 40%. Hal ini akan memastikan Anda dapat melihat dengan jelas ke samping saat berkendara.
  • Kaca Samping Belakang dan Kaca Belakang: Untuk kaca samping belakang dan kaca belakang, Anda bisa memilih kaca film dengan tingkat kegelapan lebih tinggi, seperti 60% atau 80%. Hal ini akan memberikan privasi lebih bagi penumpang dan juga membantu mengurangi silau dari lampu kendaraan lain saat malam hari.

Untuk merekomendasikan kaca film, RustPro memiliki berbagai pilihan kaca film yang bisa Anda pilih. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah kaca film RustPro dengan tingkat kegelapan 40% untuk kaca depan dan samping depan, serta tingkat kegelapan 60% atau 80% untuk kaca samping belakang dan kaca belakang. Kaca film RustPro tidak hanya memberikan tingkat gelap kaca film mobil yang ideal, tetapi juga memiliki perlindungan UV yang baik untuk melindungi Anda dan penumpang mobil Anda dari sinar matahari yang berbahaya.

Pasang Kaca Film Gelap di RustPro, Garansi 3 Tahun!

Setelah mendapatkan informasi mengenai tingkat gelap kaca film mobil, di RustPro Anda bisa mendapatkan pelayanan seperti Anti KaratCoatingDetailing, dan Kaca Film. Layanan RustPro dapat melindungi mobil kesayangan anda dari karat dan membuat tampilan mobil menjadi kinclong seperti baru. Khusus untuk anda yang tinggal di daerah Jakarta UtaraJakarta Timur, dan sekitarnya, anda bisa datang ke cabang RustPro berikut ini:

  • RustPro Pegangsaan Dua
    Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Untuk mendapatkan layanan dari RustPro, anda bisa melakukan reservasi online dengan cara menghubungi customer service RustPro melalui WhatsApp melalui nomor berikut: 0813-1150-2678. Ayo hubungi RustPro sekarang juga! Karena jika beruntung, anda bisa mendapatkan diskon atau potongan harga menarik sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku! Jangan Lupa Follow RustPro di Instagram ya!

RUSTPRO

It's My Responsibility