❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Dashboard Mobil Panas, Ketahui Penyebabnya

Dashboard mobil panas

Dashboard mobil panas dapat terjadi karena sering terpapar sinar matahari saat berkendara. Dashboard mobil merupakan komponen interior mobil yang terdapat di dalam kabin mobil. Dashboard pada kendaraan dapat berbeda-beda baik MPV, SUV, sedan dan mobil sport. Dashboard mobil berfungsi sebagai tempat untuk meletakan berbagai indikator pada mobil, tidak hanya itu saja keberadaan dashboard juga dijadikan sebagai pemisah antara tempat duduk pengemudi dan bagian depan mobil.

Keberadaan dashboard mobil tentu saja membuat pengemudi nyaman sebab pada dashboard terpasang beberapa komponen yang saling berhubungan untuk menjalankan sebuah fungsi. Letak dashboard yang berada di belakang kaca mobil menyebabkan dashboard sering terpapar matahari, sehingga dashboard dapat langsung menerima panas dari luar kendaraan tanpa terhalang interior mobil lainnya. Oleh karena itu, dashboard mudah sekali terasa panas dan tidak nyaman saat disentuh oleh pengemudi. Sebab dashboard mobil panas dengan sangat mudah, maka diperlukan cara-cara untuk mengurangi panas yang diterima oleh dashboard. Lalu, apa saja cara yang dapat dilakukan? Simak penjelasannya berikut ini!

Penyebab Dashboard Mobil Panas

Dashboard mobil panasDomo

Penyebab dashboard mobil panas dapat terjadi karena intensitas sinar matahari yang masuk melalui kaca mobil depan sudah terlalu lama. Tetapi jika dashboard panas kemungkinan terdapat penyebab lainnya seperti:

Selang tersumbat

Setiap mobil memiliki pendingin di mesin yang mengalir melalui selang, jika salah satu selang tersumbat atau rusak maka pendingin akan berhenti mengalir. Hal ini menyebabkan tentu mengakibatkan dashboard mobil menjadi terasa panas.

Sumbatan pada radiator

Cairan pendingin yang tidak dapat mengalir melalui radiator mesin menyebabkan mesin pada suhu yang ekstrim sehingga akan menjadi terlalu panas dan mempengaruhi kondisi dashboard mobil menjadi panas.

Pompa air tidak berfungsi

Pompa air pada mobil yang tidak berfungsi tentu akan menggagalkan cairan pendingin menyejukkan mesin sehingga mesin tidak dapat melakukan sirkulasi dengan baik, akibatnya mesin akan terlalu panas dan menjalar ke bagian luar.

Cuaca panas

Cuaca panas dapat menyebabkan dashboard mobil panas dan sulit untuk dikemudikan, tetapi kini pada sebagian mobil modern cuaca panas bukanlah suatu masalah yang besar karena terdapat teknologi yang dapat mendinginkan dashboard mobil yang panas.

Tidak menggunakan kaca film penghalang sinar UV

Kaca bagian depan mobil berfungsi untuk melihat kondisi jalan dan mengemudikan kendaraan maka bagian kaca depan harus jelas dan bersih supaya pengemudi dapat melihat jalanan dengan baik. Namun, jika kaca depan hanya menggunakan kaca asli dan tidak ditambahkan dengan film pelindung maka akan menyebabkan dashboard mobil panas sebab kaca film yang digunakan di bagian kaca depan mobil dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke dalam mobil dan menyerap di dashboard.

Cara Mengurangi Dashboard Panas

Seperti yang telah dijelaskan jika dashboard mobil panas karena paparan dari sinar matahari sepanjang hari sehingga dashboard akan cepat rusak dan mempengaruhi usia dashboard. Oleh karena itu, untuk melindungi dashboard dari kerusakan dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti penggunaan sunroof yang diaplikasikan pada kaca bagian depan. Demikian, penggunaan sunroof akan melindungi mobil dari sinar matahari untuk menahan panas agar tidak langsung mengenai dashboard mobil dan tidak menyebabkan dashboard mobil panas. Selain menggunakan sunroof, dapat juga digunakan taplak sebagai perlindungan ekstra dari sinar matahari.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Taplak berfungsi untuk melindungi dashboard dari debu dan panas matahari sehingga tidak mudah kotor dan berubah warna. Perlindungan terakhir agar dashboard mobil tidak panas yaitu dengan menggunakan kaca film di depan atau belakang. Kaca film akan membantu untuk menurunkan intensitas sinar UV yang masuk dan berpotensi merusak permukaan dashboard. Oleh karena itu sebaiknya pilih kaca film dengan kualitas yang baik. Jika diperlukan gunakan juga mobil menggunakan cover mobil yang dapat menghalau kotoran dan debu yang menempel pada mobil.

Sebenarnya sinar matahari bukan salah satu penyebab dashboard mobil panas dan masalah dashboard lainnya. Debu juga merupakan faktor yang dapat menentukan usia dashboard karena debu membawa unsur-unsur yang menyebabkan warna dashboard memudar. Namun, tidak perlu khawatir karena debu dapat dibersihkan dengan lap halus untuk membersihkan permukaan dashboard mobil.

Mengurangi Dashboard Panas dengan Kaca Film

Pemasangan kaca film mobil bertujuan untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang sedang terik-teriknya, kondisi jalanan yang panas dan terik akan membuat perjalanan terganggu apalagi tidak menggunakan kaca film. Maka menggunakan kaca film akan mengurangi jumlah cahaya yang masuk menjadi berkurang.

Dibaca Juga: Penjelasan mengenai Kaca Film Anti Panas Berbahan Keramik

Terdapat berbagai jenis kaca film untuk mengurangi dashboard mobil panas, jenis kaca film yang berbeda masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan saat digunakan. Secara umum, jenis kaca film yang dapat mengurangi sinar matahari yang masuk adalah kaca film karbon, keramik, hybrid, dan jenis lainnya.

Kaca film karbon terbuat dari partikel serat karbon yang tidak akan pudar seiring waktu. Menggunakan kaca film karbon akan mengurangi suhu panas dari matahari sekitar 40%, sehingga dapat mengurangi dashboard mobil panas. Namun kaca film karbon memiliki harga yang relatif mahal. Selain kaca film karbon, kaca film nano keramik juga dapat mengurangi sinar matahari yang masihbahkan dapat menghalangi 99% sinar UV ke dalam mobil. Mengingat partikel keramik tidak menghantarkan panas maka akan mengurangi dashboard mobil panas di kendaraan. Sama seperti kaca film karbon, kaca film keramik juga memiliki harga yang relatif lebih mahal.

Jika Anda bingung dalam menentukan merek kaca film yang optimal sebagai solusi dari dashboard mobil panas, gunakan kaca film mobil DOMO Film dari Dokter Mobil yang performanya sudah terbukti. Menyematkan Nano Armor Technology, membuat kaca film DOMO Film mampu menghalau panas matahari, sinar UV, hingga inframerah dengan efektif hingga 99%.

Langkah Mendinginkan Dashboard

Solusi untuk mendinginkan dashboard mobil panas dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

Gunakan pelindung matahari

Gunakan penghalang sinar matahari yang ringan dan mudah dipasang untuk melindungi kaca depan atau belakang, tetapi hal tersebut sedikit berfungsi untuk mengurangi sinar matahari yang masuk. Dengan demikian roda kemudi dan kenop transmisi pada dashboard mobil dapat tetap dingin. Selanjutnya, anda dapat menggunakan sun visor untuk menahan pelindung matahari agar tidak terjatuh.

Manfaatkan sirkulasi udara

Mendinginkan dashboard mobil panas dapat dilakukan dengan memanfaatkan sirkulasi udara di dalam mobil. Cara ini dengan mudah dapat menurunkan suhu dalam mobil dengan cepat. Caranya dapat dilakukan dengan menggunakan AC atau membuka jendela mobil. Tunggu beberapa saat hingga udara dan dashboard kembali dingin dan mobil dapat dijalankan kembali.

Buat jendela sedikit terbuka

cara terakhir dalam menurunkan suhu dan mendinginkan dashboard mobil yang terasa panas adalah dengan membiarkan jendela sedikit terbuka. Melalui cara ini udara dan suhu dashboard mobil akan bersirkulasi dengan baik sehingga mengurangi temperatur dalam mobil. Anda dapat membuka jendela sebesar 1-2 cm untuk membuat sirkulasi udara tetap terjaga.

Cara Merawat Dashboard Mobil

Setelah mengetahui cara mendinginkan dashboard mobil selanjutnya adalah merawat dashboard mobil anda dengan tepat. Pahami tips merawat dashboard mobil Anda dengan tepat seperti dibawah ini:

Saat berkendara sebaiknya kaca tidak dibuka terlalu lebar untuk menghindari debu masuk dan menempel pada dashboard. Menutup kaca depan saat mobil tidak digunakan Bersihkan dashboard mobil dengan lap atau kain halus. Gunakan vacuum cleaner. Bersihkan dashboard dengan kanebo lembab untuk mengangkat kotoran. Menggunakan semir dashboard untuk memberikan kesan bersih dan mewah
Manfaat Lainnya Menggunakan Kaca Film

Selain membantu mengurangi suhu pada dashboard mobil yang panas kaca film mobil juga dapat memberikan manfaat lainnya seperti membuat BBM lebih irit, menjaga privasi saat berkendara, dan memberikan tampilan mobil yang lebih keren. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memasang kaca film pada mobil Anda.

Demikian pembahasan untuk mengurangi panas pada dashboard mobil saat berkendara. Oleh karena itu, tentukan kaca film yang akan anda gunakan agar panas yang diterima mobil dapat diminimalisir dan Anda dapat berkendara dengan nyaman. Anda bisa menghubungi admin Rustpro untuk mendapatkan kaca film privacy yang terbaik dan yang pasti  paling murah. Langsung saja menghubungi admin Rustpro di (klik disini).

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility