❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Inilah 5 Efek Buruk Kolong Mobil Gasruk yang Terlalu Sering

kolong mobil gasruk

Kolong mobil seringkali menjadi area yang terabaikan dalam perawatan mobil, padahal keadaannya yang sering bersentuhan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu dapat menyebabkan dampak buruk bagi mobil dan pengemudi.

Jika sering gasruk atau bergesekan dengan permukaan jalan atau tanah yang tidak rata, kolong mobil dapat mengalami kerusakan.

Dalam artikel ini, rustpro.id akan membahas lebih lanjut tentang efek buruk dari kolong mobil gasruk serta cara mengatasi masalah tersebut.

Dampak Buruk Kolong Mobil Gasruk

Kolong mobil adalah area yang terletak di bawah mobil yang seringkali terabaikan dalam perawatan.

Namun, kebiasaan kolong mobil gasruk atau bergesekan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu dapat berdampak buruk bagi mobil dan pengemudi.

Berikut adalah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi akibat kolong mobil gasruk atau bergesekan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu:

1. Kerusakan Suspensi dan Sistem Kemudi

Kerusakan pada suspensi dan sistem kemudi dapat terjadi akibat kolong mobil gasruk atau seringkali bersentuhan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu.

Suspensi merupakan komponen penting yang memungkinkan mobil untuk menyerap guncangan dari jalan yang tidak rata.

Jika suspensi mengalami kerusakan, maka mobil akan merasa tidak nyaman dalam berkendara dan dapat menyebabkan kelelahan pada pengemudi.

Sistem kemudi juga akan mengalami kerusakan jika kolong mobil sering terkena gasruk atau bergesekan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Hal ini akan mempengaruhi kemampuan pengemudi dalam mengendalikan mobil dan dapat menyebabkan kecelakaan.

2. Kebocoran Oli dan Cairan

Kolong mobil gasruk atau yang seringkali bersentuhan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu juga dapat memicu kebocoran oli dan cairan lainnya.

Oli merupakan komponen penting dalam menjaga kinerja mesin mobil. Jika terjadi kebocoran oli, maka kinerja mesin akan terganggu dan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.

Selain itu, cairan lain seperti cairan rem, cairan pendingin mesin, dan cairan transmisi juga dapat bocor jika kolong mobil sering terkena gasruk atau bergesekan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu.

Hal ini akan mengurangi efektivitas cairan tersebut dan dapat mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.

3. Bahaya Kebakaran

Kolong mobil gasruk atau yang bersentuhan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu dapat memicu bahaya kebakaran.

Bahan-bahan mudah terbakar seperti daun kering, rumput kering, atau sampah dapat terperangkap di kolong mobil dan memicu kebakaran.

Selain itu, jika terdapat komponen yang panas di dalam kolong mobil seperti sistem knalpot, maka risiko kebakaran akan semakin meningkat.

Kondisi ini akan menyebabkan kerugian besar pada mobil dan dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang mobil.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengemudi untuk memeriksa dan membersihkan kolong mobil secara rutin untuk mengurangi risiko terjadinya kebakaran.

4. Kerusakan pada Body Mobil

Kolong mobil gasruk atau bersentuhan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu dapat menyebabkan kerusakan pada body mobil.

Kerusakan pada body mobil akan merusak tampilan mobil dan dapat mempengaruhi nilai jual mobil di masa depan.

Selain itu, kerusakan pada body mobil juga dapat menyebabkan masalah lain seperti kebocoran air atau masuknya debu ke dalam kabin mobil.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pengemudi untuk menghindari area yang memiliki permukaan jalan atau tanah yang tidak rata atau berbatu untuk menjaga keutuhan body mobil.

5. Meningkatkan Tingkat Kebisingan

Kolong mobil gasruk yang bersentuhan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu juga dapat meningkatkan tingkat kebisingan di dalam mobil.

Hal ini terjadi karena getaran yang dihasilkan saat kolong mobil bergesekan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu dapat menghasilkan suara yang sangat bising.

Tingkat kebisingan yang tinggi di dalam mobil dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara dan dapat memicu stres pada pengemudi dan penumpang mobil.

6. Meningkatkan Konsumsi Bahan Bakar

Kolong mobil gasruk yang seringkali bersentuhan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Hal ini terjadi karena getaran yang dihasilkan saat kolong mobil bergesekan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu dapat mengganggu kinerja mesin mobil.

Jika kinerja mesin terganggu, maka mesin akan memerlukan bahan bakar yang lebih banyak untuk menjaga performa mobil tetap stabil.

Akibatnya, konsumsi bahan bakar akan meningkat dan akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar mobil secara keseluruhan.

Cegah Kerusakan Akibat Kolong Mobil Gasruk dengan Anti Karat Mobil RustPro

Untuk menghindari masalah kolong mobil gasruk, pengemudi harus menghindari area yang memiliki permukaan jalan atau tanah yang tidak rata atau berbatu.

Jika tidak mungkin dihindari, pengemudi harus mengurangi kecepatan saat melewati area tersebut untuk mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada kolong mobil.

Selain itu, perawatan kolong mobil secara rutin juga sangat penting untuk mencegah masalah yang lebih serius di masa depan.

Salah satu kiat yang bisa dilakukan untuk memberikan perawatan agar terhindar dari efek buruk kolong mobil gasruk adalah mengaplikasikan lapisan anti karat mobil di RustPro.

Dengan menggunakan bahan dasar rubber atau karet, anti karat mobil Rustpro memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan bahan dasar aspal atau tar yang digunakan oleh bengkel-bengkel umum lainnya.

Untuk menjamin kualitas anti karat ini, RustPro memberikan jaminan garansi hingga 8 tahun.

Selain itu, di RustPro juga Anda dapat melakukan penyemprotan ulang cat anti karat setiap tahunnya secara GRATIS!

So, buat Anda yang tidak ingin bagian kolong mobilnya rusak akibat korosi atau karat, segera bawa ke RustPro!

Hubungi Customer Service kami untuk melakukan reservasi layanan melalui nomor WhatsApp di nomor 0813-1150-2678!

Anda juga dapat mencari tahu informasi lengkap lainnya seputar layanan RustPro melalui Instagram @rustpro_indonesia.

Cabang RustPro tersedia di berbagai kota besar di Indonesia.

Jika Anda tinggal dan berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Makassar, Anda dapat mengunjungi alamat cabang RustPro yang tersebar di beberapa lokasi berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Kalimalang

Lokasi: Jl. Inspeksi Kalimalang Kota No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450.

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Makassar

Lokasi: Jl. Kumala No.72D, Bongaya, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90223.

Itulah dia beberapa pembahasan mengenai efek buruk kolong mobil gasruk.

Kolong mobil yang gasruk atau bergesekan dengan permukaan jalan atau tanah berbatu dapat menyebabkan dampak buruk bagi mobil dan pengemudi.

Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk memeriksa dan membersihkan kolong mobil secara rutin, menghindari area yang memiliki permukaan jalan atau tanah yang tidak rata atau berbatu, serta mengaplikasikan lapisan anti karat mobil di Rustpro untuk kolong mobil.

Dengan menjaga dan merawat kolong mobil secara rutin, pengemudi dapat meminimalkan risiko terjadinya kerusakan dan masalah lainnya pada mobil serta memperpanjang masa pakai mobil secara keseluruhan.

RUSTPRO

It's My Responsibility