❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ini Efek Inframerah dalam Mobil serta Bahaya Sinar UV

Efek inframerah dalam mobil memang bisa dibilang cukup buruk karena bisa membuat tidak nyaman. Efek dari sinar inframerah dan ultraviolet yang buruk memang sudah tidak asing lagi di dengar oleh telinga. Ada banyak sekali akibat yang di timbulkan oleh sinar ini, dimana bukan hanya bagi manusia tetapi juga bagi benda. Dimana, sinar dari matahari ini bisa menimbulkan berbagai masalah yang serius pada tubuh.

Efek buruk dari UV dan efek inframerah dalam mobil ini juga bisa sangat menggangu kenyataan. Dimana sinar UV bisa membuat cat mobil menjadi lebih cepat pudar dan berbagai hal lainnya. Oleh karena hal itu, untuk mencegah efek dari sinar inframerah matahari dan juga sinar UV yang berbahaya ini. Para pemilik mobil menggunakan sebuah kaca film sebagai pelindung untuk mobil mereka.

Mencegah Efek Inframerah dalam Mobil dengan Kaca Film

Mencegah Efek Inframerah dalam Mobil dengan Kaca Film

Saat ini, sudah ada banyak sekali orang yang menggunakan kaca film untuk melindungi mobil mereka dari sinar matahari. Teknologi kaca film ini juga berkembang dengan pesat dari waktu ke waktu. Secara umum, kaca film sendiri memiliki fungsi untuk mereduksi panas dari matahari ketika berkendara. Kerancuan yang terjadi antara panas yang dirasakan pada kulit, dengan silau yang dirasakan oleh penglihatan kita pada saat berkendara jelas membuat kita tidak nyaman.

Oleh karena hal itu, untuk menghindari ketidak nyamanan tersebut pada saat berkendara. Ada banyak pemilik mobil yang menggunakan teknologi kaca film untuk mengurangi efek inframerah dalam mobil. Seperti yang kita ketahui, sinar matahari sendiri dibagi menjadi 3 kelompok besar. Dimana pembagian ini sesuai dengan panjang dari gelombang yang dimilikinya.

Jenis dari sinar matahari itu, diantaranya adalah jenis sinar Ultraviolet, jenis cahaya tampak dan juga keno sinar inframerah. Pada jenisnya sinar yang pertama yaitu Ultraviolet atau UV. Efek dari sinar ini adalah akan dapat menyebabkan sebuah kerusakan pada berbagai barang. Seperti membuat pudarnya warna dari barang yang terpapar.

Bahkan sinar jenis ultraviolet ini juga bisa menyebabkan kanker kulit apabila terus terpapar dalam waktu yang lama. Sedangkan, cahaya tampak kita butuhkan untuk bisa melihat barang atau benda. Fungsi dari cahaya tampak ini adalah fungsi yang sangat penting. Sedangkan untuk cahaya jenis Infra merah, efek inframerah dalam mobil ini akan menyebabkan panas.

Sehingga, untuk mengindari efek dari sinar inframerah yang seperti ini. Pemilik mobil membutuhkan kaca film yang baik untuk melindungi mobil. Biasanya, standar dari kaca film yang baik adalah kaca film yang dapat menolak baik sinar UV dan juga sinar infra merah, tetapi tetap bisa meneruskan dari cahaya tampak.

Beda Antara Silau dan Panas Akibat Efek Inframerah dalam Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sinar matahari sebenarnya memiliki 3 jenis sinar. Dimana setiap jenis sinar yang dihasilkan tersebut memiliki panjang gelombang yang berbeda. Salah satu jenis sinar yang dihasilkan oleh sinar matahari adalah sinar infra merah. Dimana Sinar infra merah ini adalah sinar yang bisa menimbulkan panas pada mobil juga silau.

Silaunya sinar matahari yang merupakan efek inframerah dalam mobil ini sebenarnya bisa direduksi. Cara untuk mereduksinya adalah dengan mengatur tingkat dari kegelapan yang dimiliki kaca film. Namun, untuk panas yang disebabkan oleh sinar infra merah ini. Mereka hanya akan bisa direduksi oleh kemampuan dari menolak panas yang dimiliki oleh kaca film tersebut.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Hal ini tentunya juga akan sesuai dengan teknologi dari kaca film yang digunakan. Sayangnya, saat ini masih banyak pengendara mobil yang beranggapan bahwa makin gelap kaca film maka akan makin tahan panas. Padahal, kenyataan yang sebenarnya tidaklah selalu begitu, bahkan Penggunaan dari kaca film juga sebenarnya tidak boleh terlalu gelap. Karena hal ini juga sudah jelas diatur di dalam peraturan terkait kendaraan darat.

Bahkan, untuk kaca film dengan kadar gelap sekitar 20 persen pun. Apabila ia memiliki kemampuan penolakan sinar infra merah yang baik, akan tetap bisa untuk mencegah efek inframerah dalam mobil. Namun, terkadang masih banyak orang yang tetap merasa panas, dimana hal ini karena banyaknya cahaya tampak yang masuk ke dalam kabin mobil. Sehingga, hal ini bukan panas yang dirasakan, tetapi justru silau.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kaca Mobil Silau pada Malam Hari

VLT yang Membuat Kaca Film Mobil Lebih Redup

VLT atau yang memiliki kepanjangan Visible light transmission adalah sebuah satuan presentase tentang kemampuan dari cahaya untuk menembus kaca film. Dimana hal ini tidak ada hubungannya dengan kemampuan dari panas matahari dalam menembus kaca film. Namun dengan presentase VLT yang kecil, akan bisa membuat kabin menjadi lebih redup. Dengan begitu, hal ini akan bisa membuat perasaan kita sebagai pengendara merasa bahwa mobil lebih adem.

Dari penjelasan itu, artinya bahwa silau akibat efek inframerah dalam mobil berkaitan dengan prosentase dari kegelapan kaca film. Atau bisa juga berdasarkan dari besaran VLT. Sedangkan untuk panas dari matahari yang masuk. Hal ini berkaitan dengan performa dari kaca film, dalam hal presentase infra merah yang dapat ditolak oleh kaca film atau yang bisa juga disebut IRR yaitu infra red rejection.

Spesifikasi Kaca Film yang Harus Kita Perhatikan Untuk Mencegah Efek Inframerah dalam Mobil

Sinar inframerah merupakan cahaya yang mewakili sekitar 53% dari energi matahari. Sisa dari energi matahari yang berasal dari cahaya tampak adalah sebesar 44%. Kemudian setelahnya, dari sebagian kecilnya merupakan sebuah sinar ultraviolet yaitu sekitar 3%. Semua sinar dari 3 gelombang elektromagnetik ini akan bisa membentuk apa yang dikenal sebagai spektrum matahari.

Energi gabungan dari sinar matahari ini adalah yang kita lihat saat kita sedang menggunakan istilah total energi dari matahari. Di dalam teknologi kaca film untuk mencegah efek inframerah dalam mobil yang bisa menimbulkan silau. Ada kaca film yang mengunggulkan kemampuan untuk bisa mereduksi sinar UV matahari. UV Rejection atau juga UVR merupakan sebuah penandaan dari besarnya kaca film untuk menolak sinar ultraviolet yang masuk ke dalam mobil.

Cara Membaca UV Rejection pada Kaca Film

Untuk pembacaan dari UV rejection dalam kaca film mobil, semakin besar dari nilai UVR ini, maka akan semakin bagus. Hal ini karena jika sinar UV masuk ke dalam mobil, maka dalam jangka panjang akan dapat merusak dasbor, jok kulit, dan juga memudarkan warna dari mobil. Bahkan, bahaya dari sinar UV ini lebih buruk dari efek inframerah dalam mobil. Dimana ia akan bisa menyebabkan kanker kulit dan juga katarak.

Pada umumnya, kaca film yang beredar di pasaran ini termasuk bahkan kaca film anti gores. Mereka mempunyai tingkat UVR di atas 98%. Perlu diingat juga bahwa Sinar dari UV ini juga hanya mempunyai porsi yang kecil yaitu sekitar 3% dari keseluruhan energi matahari. Sehingga, Anda tidak perlu bingung untuk mencari tingkat UVR yang terlalu tinggi.

Meskipun, dipasaran sendiri kaca film merk ternama telah mempunyai SPF yang lebih dari 200. Sedangkan manusia sebenarnya hanya akan memerlukan SPF sebesar 25 saja.

RUSTPRO Window Film Protection, Rekomendasi Kaca Film Mobil Pilihan dan Terpercaya Kualitasnya

Kaca Film Mobil RUSTPRO Window Film Protection

RUSTPRO Window Film Protection dari RUSTPRO bisa jadi pilihan tepat untuk Anda pasang pada mobil kesayangan Anda guna menghindari efek inframerah dalam mobil dan dampak buruk dari sinar UV yang menerpa. Menggunakan Nano Armor Technology, teknologi ini membuat kaca film mobil dari RUSTPRO Window Film Protection mampu melindungi dari efek sinar UV hingga terik matahari hingga 99%. Fitur ini juga membuat kaca film mobil andalan dari RUSTPRO mampu menghalau radiasi inframerah yang menyebabkan panas di suhu kabin mobil.

Tersedia dalam beberapa tingkat kegelapan yakni 40%, 60% dan 80%, sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi. RUSTPRO Window Film Protection juga hadir dalam dua varian warna, yakni Fuji (Hitam) dan Daisen (Biru).

RUSTPRO Window Film Protection juga memiliki masa garansi hingga 8 tahun. Waktu yang cukup lama untuk masa garansi sebuah kaca film ini membuktikan kualitas dari RUSTPRO Window Film Protection yang memang diproduksi dan diaplikasikan dengan baik untuk menunjang kebutuhan mobil Anda.

Tertarik pasang RUSTPRO Window Film Protection pada mobil kesayangan Anda untuk menghindari efek inframerah dalam mobil dan dampak buruk sinar UV? Dapatkan RUSTPRO Window Film Protection via WhatsApp di 0813-1150-2678 (klik di sini). Reservasinya cukup mudah dan bisa langsung dari rumah, Anda akan diarahkan langsung menuju ke bengkel yang dituju untuk pemasangan tanpa khawatir harus mengantre dalam mendapatkan pelayanannya.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility