❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ini Efek Pakai Sarung Mobil Terlalu Sering, Bikin Bodi Mobil Rusak?

efek pakai sarung mobil terlalu sering

Mungkin kita sering berpikir bahwa menggunakan sarung mobil adalah cara yang efektif untuk menjaga tampilan mobil tetap terlihat bagus dan terawat.

Namun, tahukah Anda bahwa efek pakai sarung mobil terlalu sering juga tidak baik?

Terutama jika Anda tidak membersihkan sarung mobil dengan teratur, hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah.

Untuk cari tahu informasi lengkapnya, simak paparan lengkapnya di bawah ini!

Efek Pakai Sarung Mobil Terlalu Sering

Ketika kita memiliki mobil, tentunya kita ingin mobil tersebut tetap terlihat bagus dan terawat.

Oleh karena itu, kita seringkali menggunakan sarung mobil untuk melindungi mobil dari debu, kotoran, hujan, dan sinar matahari.

Namun, efek pakai sarung mobil terlalu sering juga perlu kita ketahui, karena ada dampak buruk yang ditimbulkannya.

Berikut adalah beberapa efek pakai sarung mobil terlalu sering yang bisa sebabkan kerusakan di bodi mobil:

1. Menimbulkan Goresan pada Cat Mobil

Efek pakai sarung mobil terlalu sering yang pertama adalah dapat menimbulkan goresan pada cat mobil.

Hal ini terjadi karena gesekan antara sarung mobil dengan permukaan cat mobil yang dapat menyebabkan goresan halus yang seiring waktu akan semakin terlihat jelas.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Terutama jika mobil sering dipakai dan sering dimasukkan dan dikeluarkan dari sarung mobil, maka goresan tersebut akan lebih mudah terjadi.

Efek pakai sarung mobil terlalu sering ini dapat mengurangi keindahan mobil dan membuat mobil terlihat kurang terawat.

Oleh karena itu, disarankan untuk hanya menggunakan sarung mobil ketika mobil tidak digunakan untuk waktu yang lama dan hindari terlalu sering memasang dan melepas sarung mobil.

2. Memicu Kondensasi

Efek pakai sarung mobil terlalu sering yang kedua adalah dapat memicu terjadinya kondensasi pada bagian dalam mobil.

Sarung mobil yang menutupi seluruh mobil secara rapat dapat menyebabkan udara di dalam mobil menjadi lembap, terutama jika mobil tidak digunakan untuk waktu yang lama.

Kondisi lembap ini dapat membuat uap air dalam udara menempel pada bagian dalam mobil dan membentuk tetesan air atau kondensasi.

Kondensasi ini dapat menyebabkan bau tidak sedap dan korosi pada bagian dalam mobil, seperti bagian kelistrikan dan besi-besi di dalam mobil.

Oleh karena itu, sebaiknya mobil tidak terlalu lama tidak digunakan dan sarung mobil hanya digunakan ketika memang sangat diperlukan.

3. Memudahkan Berkembangnya Jamur dan Bakteri

Efek pakai sarung mobil terlalu sering yang ketiga adalah memudahkan berkembangnya jamur dan bakteri pada bagian dalam mobil.

Sarung mobil yang tidak dicuci secara teratur dan terlalu lama dipasang pada mobil dapat menyebabkan tumpukan debu dan kotoran pada mobil.

Kondisi ini memudahkan jamur dan bakteri untuk berkembang biak pada mobil, terutama pada bagian dalam mobil seperti jok dan karpet.

Jamur dan bakteri dapat mengakibatkan bau tidak sedap dan kesehatan yang buruk bagi pengendara mobil.

Selain itu, jamur dan bakteri juga dapat merusak bagian dalam mobil, seperti jok dan karpet.

Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan mobil secara teratur dan menjaga kebersihan pada bagian dalam mobil.

Selain itu, sebaiknya sarung mobil dicuci secara teratur agar tidak menimbulkan masalah kesehatan dan kebersihan pada mobil akibat efek pakai sarung mobil yang kotor dan terlalu sering.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil, Ampuh & Mudah

4. Meningkatkan Risiko Kerusakan pada Bagian Luar Mobil

Efek sering pakai sarung mobil terlalu sering yang keempat adalah meningkatkan risiko kerusakan pada bagian luar mobil.

Sarung mobil yang terlalu ketat dan kaku dapat menyebabkan tekanan pada bagian luar mobil, terutama pada bagian bodi mobil.

Tekanan yang terus menerus ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian luar mobil, seperti goresan atau retakan pada cat mobil.

Selain itu, sarung mobil yang terlalu rapat dan kaku juga dapat menggores bagian kaca atau lampu mobil saat dipasang atau dilepas dari mobil.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih sarung mobil yang sesuai dengan ukuran mobil dan terbuat dari bahan yang lembut dan tidak mudah melintir agar tidak merusak bagian luar mobil.

5. Meningkatkan Risiko Kebakaran

Efek pakai sarung mobil terlalu sering yang kelima adalah meningkatkan risiko kebakaran.

Jika sarung mobil terbuat dari bahan yang mudah terbakar seperti kain atau bahan sintetis, dan terkena sinar matahari langsung, maka dapat meningkatkan risiko terjadinya kebakaran.

Sinar matahari yang masuk ke dalam mobil melalui kaca dapat terperangkap di dalam sarung mobil dan meningkatkan suhu di dalam mobil.

Jika bahan sarung mobil mudah terbakar, maka hal ini dapat menjadi pemicu terjadinya kebakaran pada mobil.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih sarung mobil yang terbuat dari bahan yang tahan panas dan mudah didinginkan oleh udara luar agar tidak meningkatkan risiko terjadinya kebakaran pada mobil.

Beri Proteksi Sempurna untuk Cegah Efek Pakai Sarung Mobil dengan Pengaplikasian Coating Mobil di Rustpro

Setelah paham bagaimana efek pakai sarung mobil yang terlalu sering, tentu Anda bingung cara apa lagi yang harus dilakukan untuk melindungi bodi mobil kesayangan Anda, bukan?

Pengaplikasian lapisan coating pada mobil bisa jadi opsi terbaik untuk menjaga kondisi bodi mobil Anda, terutama jika Anda tidak ingin terlalu sering menggunakan sarung mobil.

Lapisan coating dapat memberikan lapisan pelindung pada cat mobil yang dapat melindungi mobil dari goresan, kerusakan, dan tanda-tanda penuaan.

Selain itu, lapisan coating juga dapat membuat mobil lebih mudah dibersihkan dan memperpanjang masa pakai cat mobil.

Dengan pengaplikasian lapisan coating, Anda tidak perlu khawatir akan goresan pada cat mobil karena lapisan coating yang menutupi cat mobil dapat melindungi cat mobil dari goresan dan kerusakan.

Selain itu, lapisan coating juga dapat memberikan efek kilau pada cat mobil yang membuat mobil terlihat lebih indah dan terawat.

Efek kilau yang diberikan lapisan coating juga dapat membuat cat mobil terlihat lebih tahan lama dan tidak mudah pudar.

Pengaplikasian lapisan coating juga dapat menghemat biaya perawatan mobil Anda karena Anda tidak perlu terlalu sering membersihkan atau merawat cat mobil.

Dengan demikian, pengaplikasian lapisan coating bisa menjadi opsi terbaik untuk menjaga kondisi bodi mobil Anda dan membuat mobil terlihat lebih indah dan terawat.

Layanan coating mobil di Rustpro bisa jadi pilihan paling tepat untuk jaga mobil kesayangan Anda dan hindari efek pakai sarung mobil terlalu sering.

Kami menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Formulasi Graphene ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Dengan masa garansi 3 tahun, klaim garansi ini bisa dengan mudah Anda klaim di seluruh cabang Rustpro tanpa terkecuali selama masa garansi masih berlaku.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Jakarta dan sekitarnya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju, diantaranya:

RustPro Pengangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Bintaro

Lokasi: Ruko, Graha Nusantara, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330.

RustPro Lontar

Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216.

RustPro Makassar

Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216.

Karena seringkali layanan coating detailing mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678.

Nikmati promo DISKON 40% untuk pengerjaan layanan di jam 5 sore hingga 10 malam!

Info lengkap juga bisa Anda dapatkan melalui Instagram RustPro di @rustpro_indonesia.

RUSTPRO

It's My Responsibility