❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Efisiensi Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Bensin

efisiensi mobil listrik

Mobil listrik semakin populer sebagai alternatif kendaraan ramah lingkungan. Salah satu keunggulan utama mobil ini adalah efisiensi yang jauh lebih tinggi dibandingkan mobil konvensional.

Pada artikel ini, rustpro.id akan membagikan sejumlah informasi mengenai efisiensi mobil listrik yang membuatnya menjadi pilihan ideal dibandingkan mobil bensin atau mobil konvensional.

Buat Anda yang berencana untuk beralih ke kendaraan listrik, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat, karena mobil listrik memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan mobil bensin.

Efisiensi Mobil Listrik

Berikut adalah beberapa efisiensi yang dimiliki oleh mobil listrik:

Efisiensi Energi

Efisiensi mobil listrik terletak pada penggunaan energi yang jauh lebih hemat. Motor listrik pada mobil ini mampu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik dengan tingkat konversi mencapai 85-90%.

Bila dibandingkan dengan mobil bermesin bensin, ini tentu jauh lebih efisien mengingat mobil bensin hanya memiliki tingkat konversi sekitar 20-25%.

Ini artinya mobil listrik membutuhkan energi yang jauh lebih sedikit untuk menempuh jarak yang sama dibandingkan mobil bensin.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh National Renewable Energy Laboratory (NREL) di Amerika Serikat, mobil berbahan bakar listrik memiliki efisiensi energi rata-rata sekitar 60-70% di bawah berbagai kondisi penggunaan.

Efisiensi Biaya

Efisiensi mobil listrik juga terlihat dari segi biaya operasional yang jauh lebih rendah. Biaya pengisian daya mobil listrik jauh lebih murah dibandingkan biaya bensin.

Di Indonesia, rata-rata biaya pengisian daya mobil listrik sekitar Rp2.000 per kWh di stasiun pengisian bahan bakar listrik. Sementara itu, harga bensin rata-rata Rp10.000 – Rp 17.000 per liter di stasiun-stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Selain itu, mobil listrik memiliki lebih sedikit komponen yang bergerak dibandingkan mobil bensin. Hal menunjukkan bahwa mobil listrik membutuhkan lebih sedikit perawatan dan perbaikan, sehingga menghemat biaya dalam jangka panjang.

Efisiensi Waktu

Mobil listrik juga dapat memberikan efisiensi waktu bagi penggunanya. Pengisian daya mobil listrik dapat dilakukan di rumah, sehingga pengguna tidak perlu membuang waktu pergi ke pom bensin.

Hanya saja, pengguna perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk menambah daya listrik rumah karena energi yang dibutuhkan mengisi daya baterai cukup besar.

Selain itu, mobil listrik tidak memiliki emisi gas buang, sehingga pengguna tidak perlu khawatir terjebak macet akibat polusi udara.

Dampak Positif bagi Lingkungan

Efisiensi mobil listrik tidak hanya menguntungkan pengguna, tetapi juga memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang, sehingga membantu mengurangi polusi udara dan emisi gas rumah kaca.

Polusi udara merupakan salah satu masalah utama di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

Emisi gas buang dari kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang terbesar polusi udara. Oleh karena itu, penggunaan mobil listrik dapat membantu mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca Juga: 5 Bahaya Mobil Listrik Kena Banjir, Bisa Karatan?

Jangan Biarkan Mobil Listrik Berkarat! Yuk, Lindungi bersama RustPro! Garansi 8 Tahun!

Sama seperti halnya mobil konvensional, mobil listrik dan hybrid juga rentan terhadap karat atau korosi.

Karat dapat merusak berbagai komponen penting pada mobil bertenaga listrik, seperti baterai, motor listrik, dan sistem pengereman.

Hal ini tentu dapat menyebabkan penurunan performa, kerusakan permanen, dan bahkan membahayakan keselamatan pengemudi. Oleh karena itu, penting untuk melindungi mobil listrik dan hybrid Anda dari karat.

RustPro pun hadir sebagai solusi untuk melindungi mobil Anda dari kerusakan akibat karat.

Melalui layanan anti karat khusus untuk mobil listrik dan hybrid, kami berani menjamin mobil Anda akan terbebas dari bahaya karat dan korosi hingga jangka waktu bertahun-tahun.

Kami menggunakan cat anti karat berbahan non kondaktif atau anti sparkling, sehingga aman digunakan untuk mobil berbahan bakar listrik.

Tak perlu ragu! Kami memberikan garansi yang tidak tanggung-tanggung, yakni 8 tahun untuk melindungi mobil Anda dari karat atau korosi.

So, tunggu apa lagi? Segera lindungi mobil listrik Anda dari karat atau korosi bersama RustPro! Hubungi kami via WhatsApp di nomor 0812-1130-9522 untuk info lengkap dan reservasi layanan!

Buat Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, silahkan datang dan kunjungi cabang kami yang beralamat di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Demikianlah informasi mengenai efisiensi mobil listrik, mulai dari efisiensi energi, efisiensi waktu, dan dampak positifnya bagi keberlangsungan lingkungan.

Dengan tingkat efisiensi yang begitu tinggi menjadikan mobil listrik sebagai pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menghemat biaya, waktu, dan menjaga kelestarian lingkungan.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan infrastruktur pengisian daya, mobil listrik diprediksi akan menjadi pilihan utama masyarakat di masa depan.

RUSTPRO

It's My Responsibility