❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Kenapa Mobil Listrik Bebas Ganjil Genap? Ini Penjelasannya!

kenapa mobil listrik bebas ganjil genap

Di tengah hiruk pikuk kemacetan dan polusi udara di kota-kota besar, aturan ganjil genap diberlakukan. Aturan ini bertujuan untuk mengurai kemacetan dan meningkatkan kualitas udara. Namun, aturan ini tidak berlaku bagi mobil listrik.

Kenapa mobil listrik bebas ganjil genap?

Melalui artikel ini, rustpro.id telah menyiapkan jawabannya yang dikutip dari beberapa sumber terpercaya.

So, buat Anda yang penasaran mengapa mobil listrik bisa terbebas dari aturan ganjil genap, mari simak pembahasan kami berikut ini sampai selesai!

Kenapa Mobil Listrik Bebas Ganjil Genap?

Alasan utama mobil listrik bebas ganjil genap adalah karena emisi gas buangnya yang nol. Mobil listrik tidak menghasilkan asap knalpot yang mengandung polutan berbahaya seperti nitrogen oksida (NOx), sulfur dioksida (SO2), dan partikulat matter (PM).

Polusi udara merupakan salah satu masalah utama di kota-kota besar di Indonesia, terutama Kota Jakarta.

Emisi gas buang kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang terbesar polusi udara. Penggunaan mobil listrik pun diharapkan dapat membantu mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Selain nolnya emisi gas buang, mobil listrik juga memiliki tingkat kebisingan yang jauh lebih rendah dibandingkan mobil konvensional.

Hal ini membuat mobil listrik lebih ramah lingkungan dan tidak mengganggu ketenangan masyarakat.

Pemerintah kemudian ingin mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan, seperti mobil listrik. Dengan membebaskan mobil listrik dari aturan ganjil-genap, pemerintah berharap minat masyarakat terhadap mobil listrik pun akan meningkat.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Berikut beberapa alasan lain mengapa mobil listrik bebas ganjil genap:

1. Mobil listrik hemat energi.

Penggunaan energi mobil listrik jauh lebih hemat dibandingkan mobil konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa mobil listrik lebih ramah lingkungan dan dapat membantu mengurangi konsumsi energi.

2. Mobil listrik tidak memerlukan bahan bakar fosil.

Seperti namanya, mobil listrik menggunakan energi listrik yang dapat dihasilkan dari sumber energi terbarukan, seperti matahari dan angin.

Hal ini membuat mobil listrik tentu lebih berkelanjutan dan ramah bagi lingkungan.

3. Mobil listrik memiliki teknologi yang canggih.

Mobil listrik dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan inovatif. Hal ini membuat mobil listrik lebih efisien dan aman untuk dikendarai dibandingkan mobil bensin atau mobil konvensional.

Kebijakan pembebasan mobil listrik dari aturan ganjil-genap dirasa merupakan langkah yang tepat untuk mendorong penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Diharapkan dengan semakin banyaknya pengguna mobil listrik, kualitas udara di kota-kota besar di Indonesia akan semakin membaik.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua mobil listrik bebas ganjil-genap. Hanya mobil listrik yang telah terdaftar dan memiliki stiker khusus yang diizinkan untuk melintas di kawasan ganjil-genap.

Berikut beberapa syarat agar mobil listrik bebas ganjil genap:

  • Mobil listrik harus memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Nomor Tanda Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus untuk mobil listrik.
  • Mobil listrik harus memiliki stiker khusus yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan.
  • Mobil listrik harus memenuhi standar emisi gas buang Euro 4 atau setara.

Meskipun begitu, cita-cita pemerintah untuk mengurangi polusi udara dengan mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik tampaknya belum begitu maksimal.

Hal ini karena harga kendaraan listrik yang cukup mahal sehingga sulit untuk dijangkau oleh masyarakat kelas ekonomi menengah ke bawah.

Baca Juga: Efisiensi Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Bensin

Punya Mobil Listrik! Jangan Biarkan Dia Berkarat! Lindungi bersama RustPro!

Sama seperti halnya mobil konvensional, mobil listrik pun tidak luput dari bahaya karat atau korosi.

Karat yang menggerogoti mobil dapat merusak berbagai komponen penting, seperti baterai, motor listrik, dan sistem pengereman.

Hal ini tentu dapat menyebabkan keropos, kerusakan permanen, dan menjatuhkan nilai jualnya di masa mendatang.

Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil listrik untuk melindungi kendaraannya dari bahaya karat.

RustPro pun hadir sebagai solusi terpercaya untuk melindungi mobil listrik Anda dari karat melalui layanan anti karat khusus untuk mobil berbahan bakar listrik.

Anda tidak perlu khawatir cat anti karat kami akan merusak komponen mobil listrik Anda, karena kami menggunakan cat berbahan non kondaktif, sehinga aman untuk kendaraan listrik.

Kamu punmemberikan garansi selama 8 tahun untuk layanan anti karat mobil listrik, ditambah dengan layanan maintenance secara GRATIS setiap tahunnya untuk memastikan perlindungan maksimal bagi mobil Anda dari serangan karat atau korosi.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera lindungi mobil Anda dari bahaya karat bersama RustPro! Hubungi Customer Service kami untuk info lengkap dan reservasi melalui WhatsApp di nomor 0812-1130-9522!

Buat Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda bisa mendatangi cabang kami yang beralamat lengkap di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itu dia alasan kenapa mobil listrik bebas ganjil genap di Jakarta.

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan sehari-hari, pembebasan aturan ganjil-genap merupakan keuntungan yang menarik.

Selain bebas dari aturan ganjil-genap, mobil listrik juga menawarkan berbagai keuntungan lain seperti hemat biaya, emisi gas buang yang nol, dan tingkat kebisingan yang rendah.

RUSTPRO

It's My Responsibility