❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Apa Itu Mesin Coating?

Apa Itu Mesin Coating

Mesin coating adalah mesin yang wajib ada di salon mobil yang mana mesin ini tentunya dapat digunakan untuk perawatan coating yaitu proses pelapisan suatu permukaan bodi mobil agar permukaan mobil tersebut tidak kusam dan menghindarkan permukaan kulit mobil tersebut dan goresan-goresan yang kemungkinan akan terjadi.

Dengan menggunakan mesin coating maka proses coating akan menjadi lebih mudah praktis dan juga cepat sehingga tidak akan memakan banyak waktu dan tenaga dengan hasil yang sempurna. Mesin ini memiliki teknologi yang canggih sehingga dapat melapisi permukaan mobil dengan baik dan sempurna sehingga dapat membuat lapisan permukaan bodi mobil menjadi mengkilat dan anti goresan halus.

Apa Itu Mesin Coating?

Mesin coating adalah mesin yang digunakan untuk melakukan pelapisan lapisan pernis di atas permukaan mobil yang mana pelapisan ini disebut dengan proses coating. Dengan menggunakan mesin coating ini maka proses coating dapat dilakukan dengan mudah cepat dan lebih simple dibandingkan pelapisan dengan cara manual. Selain itu dengan teknologi modern yang dimiliki oleh mesin saat ini maka pelapisan dapat dilakukan dengan sempurna bisa menghasilkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan melakukan coating tanpa mesin coating.

Tujuan Mesin Coating

Mesin coating atau sering disingkat dengan PCB yang berarti printer circuit board merupakan mesin coating yang digunakan untuk melakukan pelapisan ke permukaan suatu benda tertentu seperti halnya pelapisan pada permukaan bodi mobil. Mesin ini bertujuan untuk membantu proses pelapisan yang mana pelapisan ini dilakukan untuk mencegah goresan halus, korosi, dan menjaga penampilan dari permukaan mobil agar tetap terlihat baik.

Proses coating ini memang sangat penting untuk menjaga keawetan suatu lapisan pernis bodi mobil yang mana hal tersebut juga dapat membuat permukaan mobil Anda yang kusam menjadi lebih mengkilap dan terlihat seperti baru. Karena coating ini sendiri dapat meningkatkan sifat dari permukaan yang dilapisi.

Operasi Mesin Coating

Mesin ini bisa bergerak di dalam sumbu x yang mana pergerakan tersebut dapat terjadi ke arah kiri dan kanan. Selain itu mesin ini juga dapat bergerak berdasarkan sumbu y ke arah depan dan belakang. Yang mana pergerakan dalam sumbu x dan sumbu y ini merupakan kulit sekaligus conveyor yang digunakan sebagai coating mesin ini.

Selain bekerja secara otomatis, mesin ini juga dapat bekerja secara manual dengan mengatur jarak antara mesin dengan spray gun. Sedangkan pembacaan wadah sudah menggunakan sensor infrared dan foto dioda. Hasil coatingnya pun lebih baik karena dilakukan dengan jarak 10 PSI dengan kecepatan 67,5 rpm.

Langkah-langkah Melakukan Coating

Adapun untuk melakukan coating memerlukan langkah-langkah yang harus dilakukan diantaranya yaitu washing atau membersihkan lapisan-lapisan permukaan bodi mobil. Yang kedua watermark remover yang digunakan untuk menghilangkan bercak-bercak pada permukaan. Yang ketiga yaitu polish dan yang keempat merupakan proses detailing yang dilakukan dengan membersihkan celah-celah kendaraan agar benar-benar bersih. Dan yang terakhir yaitu proses coating itu sendiri.

Mempersiapkan Permukaan yang Akan Dilapisi

Sebelum melakukan coating maka Anda harus menyiapkan barang yang akan dilapisi terlebih dahulu. Dalam mempersiapkan permukaan yang akan dilapisi harus dilakukan secara optimal karena hal tersebut menentukan hasil yang akan didapatkan dari proses coating ini. Di dalam tahap ini dilakukan penghilangan kotoran-kotoran yang menempel di dalam permukaan baik yang berupa debu atau minyak yang biasanya ditemui di dalam permukaan lapisan pernis bodi mobil.

Melakukan Proses Coating

Tahap coating ini merupakan tahap yang menjadi inti dalam proses ini karena di dalam tahap ini dilakukan proses pelapisan yang mana proses pelapisan tersebut diaplikasikan dua kali. Yaitu lapisan pertama yang menjadi lapisan utama dan lapisan kedua yang berupa lapisan bening.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Adapun dalam proses coating ini terdapat beberapa metode seperti metode coating yang mana metode ini dilakukan dengan cara mencelupkan permukaan yang akan dilapisi ke dalam tangki cat. Ada juga metode roller yang dilakukan dengan meratakan chat dan bahan pelapis coating hanya pada lapisan-lapisan yang tidak rata. Selain itu terdapat metode elektrode positif yang melapisi permukaan dengan membuat anodik dan katodik titik dan yang terakhir terdapat metode spray proses yang mana dilakukan dengan menyemprotkan bahan pelapis pada barang yang akan dilapisi dengan menggunakan pistol.

Baca Juga: Bagaimana Proses Coating Mobil Dilakukan?

Lakukan Coating Mobil di Bengkel yang Terpercaya

Perlu pemilihan bengkel yang tepat dan terpercaya untuk lakukan coating pada mobil agar hasilnya terpasang dengan sempurna. Maka dari itu, pastikan untuk melakukan coating mobil di tempat terpercaya, seperti DOMO Coating & Detailing.

Layanan coating RUSTPRO, bagian dari Dokter Mobil, ini diformulasikan serta menggunakan SOP khusus dari Jerman. Sehingga kualitas mutu yang diberikan pun sangat terjamin. Hal inilah yang membuat mengapa banyak para pengguna mobil begitu mempercayakan layanan DOMO Coating & Detailing untuk rawat tampilan bodi mobilnya.

Untuk nikmati layanan DOMO Coating & Detailing, reservasi layanannya sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada hingga diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan langsung performa DOMO Coating & Detailing untuk rawat tampilan mobil kesayangan Anda. 

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility