❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Berapa Lama Ceramic Coating Kering

Berapa Lama Ceramic Coating Kering

Secara sederhana, ceramic coating adalah produk berupa lapisan ceramic yang diaplikasikan pada lapisan terluar eksterior mobil untuk merawat kualitas dari cat mobil agar tidak mengelupas. Secara umum, proses pengaplikasian coating memang membutuhkan waktu yang lama.

Berapa Lama Proses Aplikasi Ceramic Coating?

Proses pengaplikasian coating biasanya memakan waktu 2-3 hari untuk dilakukan. Tahap persiapan yang dibutuhkan biasanya memakan waktu 1-2 hari untuk menyelesaikan sementara pelapisan itu sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk diterapkan. Lapisan ceramic juga harus dibiarkan supaya kering yang biasanya memakan waktu 12-24 jam.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Persiapan Pelapisan

Mempersiapkan cat mobil untuk pelapisan adalah aspek proses yang paling padat karya. Aplikasi pelapisan itu sendiri relatif cepat, tetapi persiapannya memakan waktu cukup lama. Langkah-langkah persiapan seperti pencucian dan dekontaminasi semuanya cukup mudah dan jika Anda sudah mempersiapkan semuanya dan kemudian bekerja secara efisien, karena itu hanya membutuhkan waktu 2-3 jam.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Aplikasi Ceramic Coating

Pada kebanyakan mobil berukuran sedang, pengaplikasian coating akan memakan waktu antara 30 menit hingga 1 jam. Prosesnya cukup mudah dan jika Anda telah menyiapkan cat dengan benar dan mengikuti instruksi pelapisan. Beberapa produk coating membutuhkan waktu lebih lama untuk diterapkan daripada yang lain karena semuanya memiliki waktu flash yang berbeda. Waktu flash mengacu pada jumlah waktu yang Anda perlukan untuk menunggu antara menyebarkan lapisan dan menggosoknya.

Pelapisan dengan waktu nyala yang sangat singkat, sekitar 15-20 detik. Pelapisan dengan waktu flash yang lebih lama sekitar 1-2 menit memungkinkan Anda untuk melapisi 2-3 bagian sekaligus dan kemudian menggosoknya secara berurutan setelah Anda melapisi bagian terakhir. Jadi, meskipun Anda mungkin berpikir prosesnya akan memakan waktu lebih lama, sebenarnya bisa lebih cepat untuk melapisi seluruh mobil jika Anda bekerja secara efisien dengan jenis coating tertentu.

Baca Juga: Hati-hati! Beberapa Hal Ini Tak Boleh Dilakukan Setelah Coating Mobil

Top-Coats dan Layering

Beberapa produk coating dirancang untuk digunakan sebagai produk yang berdiri sendiri, sedangkan yang lain dirancang untuk berlapis. Beberapa merek coating ada yang menyarankan Anda untuk menerapkan dua lapis dari semua pelapisnya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhitungkan waktu tambahan ini jika Anda menerapkan lapisan atas atau beberapa lapisan dari lapisan yang sama.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Ceramic Coating Supaya Kering

Setelah coating telah diterapkan, coating harus dibiarkan untuk mengering. Ini adalah waktu bagi lapisan untuk mengeras sepenuhnya dan sangat penting untuk tidak basah selama periode ini. Jika tidak, lapisan coating bisa gagal. Rata-rata, lapisan ceramic perlu dibiarkan selama 12-24 jam setelah diaplikasikan. Mobil tidak boleh dikendarai atau basah selama periode ini.

Banyak produsen pelapis menyatakan bahwa mobil harus disimpan di dalam ruangan untuk periode ini, namun ada juga beberapa produk coating yang dapat diaplikasikan dan dibiarkan di luar.

Rekomendasi Bengkel Profesional untuk Coating Mobil

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Apabila melihat penjelasan di atas, proses coating pada mobil memang cukup rumit dan memakan banyak waktu. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan coating di bengkel profesional seperti RUSTPRO dari Dokter Mobil. Sesuai dengan namanya, RUSTPRO merupakan salon khusus mobil yang menyediakan ragam jenis layanan yang lengkap untuk memelihara tampilan eksterior maupun interior mobil Anda. Bagian dari Dokter Mobil ini memiliki satu layanan khusus untuk coating mobil, yakni DOMO Coating & Detailing.

Untuk nikmati layanan DOMO Coating & Detailing dalam rawat tampilan mobil kesayangan Anda, segera reservasi layanannya sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada hingga diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan langsung DOMO Coating & Detailing. 

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai ceramic coating mobil. Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaplikasian lapisan ceramic pada mobil memakan waktu yang cukup lama, hingga 1 hari penuh untuk hasil yang sempurna. Oleh karena itu untuk hasil yang lebih cepat dan lebih maksimal, Anda bisa mendapatkan layanan profesional dari bengkel ternama, seperti RUSTPRO dari Dokter Mobil.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility