❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Berapa Lama Sekali Wax Mobil?

Berapa Lama Sekali Wax Mobil

Sampai saat ini, wax mobil masih menjadi salah satu solusi perawatan eksterior kendaraan yang paling diminati. Hal ini terjadi karena wax mobil memberikan banyak sekali manfaat, terutama untuk melindungi lapisan cat kendaraan dari goresan, karat, ataupun kotoran yang menumpuk.

Jarak Waktu untuk Melakukan Wax Mobil

Sebenarnya, jawaban untuk pertanyaan “Berapa lama sekali wax mobil?” masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Ada yang berpendapat bahwa waxing dua kali setahun sudah cukup. Namun, ada juga yang berperndapat bahwa waxing harus dilakukan setiap tiga hingga empat bulan. Di samping itu, ada juga pemilik kendaraan yang melakukan wax setiap delapan minggu atau dua bulan.

Interval waktu sangat berkaitan dengan kondisi lingkungan sekitar. Untuk kendaraan yang sehari-hari terparkir di garasi dalam ruangan, waxing dapat dilakukan lebih jarang. Mobil yang diparkir di jalan dan terkena sinar matahari langsung memerlukan waxing yang lebih sering. Kuncinya adalah melakukan waxing untuk mobil pada interval yang pas untuk menjaga lapisan luar cat kendaraan.

Menentukan interval waktu untuk melakukan waxing didasarkan pada pemahaman bahwa lapisan wax akan hilang dengan sendirinya. Cara paling jelas untuk mengetahui apakah lapisan wax mobil sudah menipis adalah dengan mengamati bagaimana butiran air di permukaan kendaraan. Karena tegangan permukaan, wax menyebabkan air menggenang dan menggelinding layaknya air di atas daun talas. Ketika tidak ada tetesan air, maka dapat disimpulkan bahwa lapisan wax mobil sudah mulai berkurang, dan lapisan cat menjadi tidak terlindungi.

Jenis Wax

Jenis wax yang Anda gunakan juga merupakan faktor penentu seberapa sering kendaraan harus diaplikasikann lapisan wax baru. Ada beberapa produk wax, masing-masing dengan formulasi dan hasil yang berbeda:

  • Paste Wax – Formulasi wax paling tradisional memberikan lapisan pelindung yang tebal di atas lapisan cat kendaraan. Karena konsistensinya yang padat, pasta wax membutuhkan waktu lebih lama untuk diaplikasikan, tetapi juga bertahan lebih lama di permukaan mobil. Waktu aplikasi ulang dapat berkisar antara tiga hingga enam bulan.
  • Wax Cair – Wax cair terdiri dari campuran lilin alami dan polimer sintetis untuk memberikan pertahanan yang baik terhadap sinar UV. Wax jenis ini akan memberikan kilau yang baik pada kendaraan, tetapi lapisannya tipis dan mungkin tidak bertahan lama (sekitar delapan minggu).
  • Liquid Polymer – Produk ini terbuat dari bahan kimia buatan tetapi memiliki sifat yang sama dengan lilin. Wax jenis ini sering dianggap sebagai lilin sintetis. Meskipun lebih mudah diaplikasikan dan menawarkan tingkat perlindungan yang sama seperti lilin, polimer tidak menghasilkan tingkat kilau cat yang sama. Rencanakan untuk mengoleskan kembali wax jenis ini setiap tiga hingga empat bulan.
  • Carnuba Wax – Zat alami ini dikenal dapat memberikan kilau yang luar biasa pada cat. Namun, itu tidak bertahan lama dan membutuhkan aplikasi ulang lebih sering daripada wax lain dalam daftar ini.

Baca Juga: Apakah Boleh Mobil Di Wax Setelah Coating?

Rekomendasi Bengkel Profesional untuk Wax Mobil

Apabila melihat penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sebenarnya waxing mobil tidak perlu dilakukan terlalu sering. Namun karena prosesnya yang rumit, waxing mobil tetap harus dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman dengan hati-hati. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan waxing mobil di bengkel profesional seperti RUSTPRO dari Dokter Mobil.

Sesuai dengan namanya, RUSTPRO merupakan salon khusus mobil yang menyediakan ragam jenis layanan yang lengkap untuk memelihara tampilan eksterior maupun interior mobil Anda. Salah satu layanan RUSTPRO yang direkomendasikan untuk melindungi tampilan mobil kesayangan Anda adalah DOMO COating & Detailing.

Layanan DOMO Coating & Detailing kualitasnya begitu diperhatikan dengan sangat detail dan hati-hati. Karena formulasi hingga SOP-nya memang dikembangkan langsung dari Jerman dengan menggunakan peralatan berteknologi canggih dan ditangani oleh teknisi yang ahli, sehingga kualitasnya memang sudah sangat teruji dan sudah banyak dipercaya oleh berbagai jenis mobil untuk dirawat tampilannya agar selalu sempurna.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Untuk nikmati layanan DOMO Coating & Detailing dalam rawat tampilan mobil kesayangan Anda, segera reservasi layanannya sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada hingga diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan langsung DOMO Coating & Detailing. 

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai interval wax mobil. Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa seberapa sering seorang pemilik kendaraan harus melakukan waxing mobil tergantung pada beberapa faktor, termasuk apakah kendaraan tersebut disimpan di garasi atau tidak, kondisi lingkungan di mana Anda mengendarai mobil, dan jenis wax yang Anda gunakan. Pertimbangkan semua faktor ini untuk menentukan interval yang tepat antara aplikasi wax.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility