❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Berapa Persen Kaca Film untuk Kaca Depan Mobil?

Berapa Persen Kaca Film untuk Kaca Depan Mobil

Memang, semua mobil dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Namun untuk menambah kenyamanan ini, banyak orang mengira kaca film mobil harus diganti dengan tingkat pemblokiran cahaya yang tinggi agar privasi lebih nyaman, namun penggunaan kaca film yang terlalu gelap ini disesuaikan. Berikut ulasan aturannya.

Kaca Film Mobil Bagian Depan

Kami merekomendasikan memasang film kaca depan hanya menggunakan 20% kegelapan. Jika 20% masih terlalu terang, coba tingkatkan kegelapan menjadi 40%.

Keuntungan menggunakan kaca film 40% kegelapan pada kaca depan adalah tidak terlalu terang pada siang hari. Namun, jika Anda termasuk orang yang sering keluar rumah, disarankan untuk menggunakan kaca film mobil dengan tingkat keteduhan hanya 20% untuk menghindari gangguan penglihatan di remang-remang cahaya jalan.

Agar Anda lebih mengerti, berikut kegelapan pada kaca mobil yang ideal:

Kaca Depan Mobil

Hanya 20% yang direkomendasikan untuk kaca depan. itu masih terlihat jelas. Ini karena kaca depan harus tidak terhalang dan harus memenuhi persyaratan keselamatan.

Namun, jika kaca terasa hanya 20% gelap tetapi masih terasa terang, kegelapan maksimumnya adalah hingga 40% dan tidak lebih. Di sisi lain, jika Anda menggunakan lebih dari 40%, penglihatan Anda akan kabur atau gelap saat mengemudi di malam hari, yang sangat tidak nyaman.

Namun, jika lebih banyak privasi dan kegelapan diinginkan, konsumen dapat menggunakan 40% kegelapan di kaca depan dan 80% kegelapan di bagian samping dan belakang.

Selain itu, PP No. 55 Tahun 2012 menjelaskan tentang persyaratan kaca otomotif dan mengatur Peraturan Menteri Perhubungan KM 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca pada Kendaraan Bermotor.

Pemilik diizinkan untuk menggunakan kaca film berwarna selama tingkat pemadaman adalah 70% atau lebih tinggi. Antara kaca belakang dan kaca depan, persentase kegelapan lebih dari 40%.

Baca Juga: Manfaat dan Rekomendasi Kaca Film Depan Untuk Mobil

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Kaca Film Mobil untuk Bagian Belakang

Saat memasang kaca film belakang, hanya 20% atau 40% dari kaca belakang yang dapat digunakan jika kaca spion dilengkapi dengan mode Raven.

Namun, tanpa mode Rayben, sebaiknya gunakan 60% untuk menghindari silau dari kaca spion tengah yang memantulkan cahaya mobil di belakang Anda. Jangan gunakan kaca film dalam kegelapan 80%. Menjadi sulit untuk berjalan mundur, terutama di malam hari.

Berdasarkan peraturan Kementerian Perhubungan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan N0. KM. 439/U/Phb-76 tentang penggunaan kaca pada Kendaraan dimana aturan tersebut berisi.

Pada mobil dengan kaca depan, jendela belakang dan jendela samping, kaca yang digunakan harus memenuhi beberapa persyaratan. Beberapa persyaratan tersebut adalah kaca harus terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah, transparan di kedua arah, dan tidak mengubah atau mengganggu bentuk orang atau benda yang terlihat melalui kaca. Kaca otomotif diizinkan jika tembus cahaya dan memiliki transmitansi 70% atau lebih besar.

Ada pengecualian untuk kaca depan dan kaca belakang. Khusus untuk kedua lensa ini, bahan yang digunakan harus memiliki transmisi cahaya setidaknya 40% di sepanjang bagian atas (bagian lensa), yang tidak lebih dari sepertiga tinggi lensa yang bersangkutan.

Seperti disebutkan di bagian sebelumnya, kaca film diperlukan untuk mencegah pantulan cahaya tambahan di luar yang biasanya muncul pada kaca bening.

Dilarang menempelkan benda pada kaca depan kendaraan bermotor. Stiker, tambalan dan lain-lain yang penerapannya tidak mengganggu kebebasan dan visibilitas pengemudi, kecuali untuk kepentingan pemerintah. Ini berlaku untuk semua bagian kaca.

Transmitansi pada bagian sebelumnya adalah nilai numerik yang menunjukkan rasio jumlah cahaya setelah melewati lensa tembus cahaya dan jumlah cahaya sebelum melewati lensa.

Pada prinsipnya, tingkat kehitaman kaca film harus 70% atau kurang, terutama 40% atau kurang untuk bagian depan dan belakang.

DOMO Film menjadi merek kaca film mobil yang bisa Anda gunakan untuk mobil kesayangan Anda. Diproduksi langsung dari Negeri Sakura, Jepang, DOMO Film menyematkan fitur Nano Armor Technology. Teknologi ini membuat kaca film mobil dari DOMO Film mampu menghalau panas matahari, sinar uv, hingga pancaran inframerah dengan efektif hingga 99%.

Terdiri dari dua pilihan warna, yakni Hitam (tipe Fuji) dan Biru (tipe Daisen), tingkat kegelapan pada DOMO Film pun berkisar dari 40%, 60%, hingga 80% yang bisa disesuaikan dengan preferensi Anda sendiri.

Untuk berikan perlindungan kaca mobil agar lebih aman dan nyaman saat berkendara, segera dapatkan DOMO Film sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada hingga diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk dapatkan dan langsung pasang DOMO Film di mobil kesayangan Anda. 

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility