❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Bolehkah Wax Setelah Coating?

Bolehkah Wax Setelah Coating

Bagi para pemilik kendaraan yang sering melakukan perawatan eksterior seperti coating mobil, pasti banyak yang bertanya-tanya apakah boleh wax setelah coating? Hal ini sempat menimbulkan perdebatan di kalangan pecinta otomotif. Namun Anda sudah tidak perlu khawatir, berikut telah kami rangkum jawaban lengkapnya di bawah ini.

Bolehkah Wax Setelah Coating?

Secara garis besar, pemilik kendaraan memang boleh mengaplikasikan wax setelah coating mobil. Namun, itu akan menyebabkan lebih banyak masalah daripada solusi. Pembersihan rutin, penyimpanan mobil di tempat tertutup, dan penerapan semprotan penguat coating keramik bermutu tinggi di atas lapisan Anda telah terbukti berkali-kali sebagai bentuk perlindungan terbaik, sehingga wax setelah coating tidak diperlukan.

Saat Anda mengoleskan wax setelah coating di atas lapisan keramik coating kendaraan, Anda dapat menghalangi kemampuannya untuk berfungsi sepenuhnya. Faktanya, wax mobil tradisional terkenal sebagai pengumpul kotoran, terutama karena minyak dan pelumas yang ditemukan dalam lilin carnauba alami yang tetap ada bahkan setelah mengeras sepenuhnya.

Saat wax perlahan menyerap semua kotoran di udara, lapisan keramik di bawahnya akan dibiarkan begitu saja, sehingga kemampuan menolak hidrofobiknya menjadi tidak berguna oleh media lilin yang menyebar di atasnya.

Wax sintetis juga tidak jauh lebih baik, karena wax jenis ini juga cenderung menyerap kontaminan, dan tidak dapat menciptakan kilau mengkilap yang dihasilkan oleh lilin carnauba secara alami. Tentu, wax jenis ini memiliki beberapa atribut penolak air hidrofobik, tetapi tingkat kekerasan sebagian besar wax sintetis cenderung lebih rendah.

Baca Juga: Berapa Lama Sekali Wax Mobil?

Cara Memelihara Lapisan Coating Tanpa Wax

Wax mobil dapat membuat beberapa masalah jika diabaikan begitu saja. Selain itu, penerapan waxing juga memiliki risiko kesalahan yang besar selama proses aplikasinya. Dalam hal ini, pemilik kendaraan bisa mengaplikasikan lapisan pertahanan berbahan kristal kuarsa yang sangat kuat dan sepenuhnya transparan dari lapisan coating yang diterapkan. Hal ini tentu cocok bagi pemilik kendaraan yang ingin lapisan coatingnya tahan lama tanpa perlu mengaplikasikan wax.

Namun terkadang, produk lapisan pertahanan berbahan kristal kuarsa cukup sulit ditemukan di pasaran. Kalaupun produk ini tersedia, harganya bisa sangat mahal. Oleh karena itu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga lapisan coating agar tahan lama tanpa perlu waxing:

  • Cuci kendaraan setiap dua minggu sekali, menggunakan sampo mobil yang berbahan khusus, dan teknik cuci dua ember (satu ember untuk dicampur sabun, dan satu ember untuk membilas mobil).
  • Gunakan semprotan penguat SiO2 lapisan keramik seperti yang diarahkan untuk mempertahankan kilau permukaan dan menyegarkan lapisan.
  • Sediakan beberapa bungkus kain mikrofiber untuk keperluan pembersihan cepat dan aman.

Rekomendasi Bengkel Profesional untuk Perawatan Kendaraan

Apabila melihat penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sebenarnya coating dan wax mobil sama-sama memberikan manfaat yang baik untuk menjaga kualitas eksterior kendaraan sehingga pengaplikasian salah satu dari dua metode perawatan ini saja sudah cukup. Namun karena prosesnya yang rumit, coating ataupun waxing mobil tetap harus dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman dengan hati-hati. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan coating atau waxing mobil di bengkel profesional seperti RUSTPRO dari Dokter Mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Sesuai dengan namanya, RUSTPRO merupakan salon khusus mobil yang menyediakan ragam jenis layanan yang lengkap untuk memelihara tampilan eksterior maupun interior mobil Anda. Layanan dari RUSTPRO yang bisa Anda percayakan untuk merawat tampilan mobil kesayangan Anda adalah DOMO Coating & Detailing.

Layanan DOMO Coating & Detailing kualitasnya begitu diperhatikan dengan sangat detail dan hati-hati. Karena formulasi hingga SOP-nya memang dikembangkan langsung dari Jerman dengan menggunakan peralatan berteknologi canggih dan ditangani oleh teknisi yang ahli, sehingga kualitasnya memang sudah sangat teruji dan sudah banyak dipercaya oleh berbagai jenis mobil untuk dirawat tampilannya agar selalu sempurna.

Untuk nikmati layanan DOMO Coating & Detailing dalam rawat tampilan mobil kesayangan Anda, segera reservasi layanannya sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada hingga diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk rasakan langsung DOMO Coating & Detailing. 

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai bolehkah waxing mobil setelah coating. Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa waxing bisa saja dilakukan setelah coating, namun hal ini bisa menimbulkan masalah karena lapisan wax dapat menghalangi coating untuk bekerja secara maksimal.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility