❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ketahui Fungsi Gigi Mobil Matic dan Tips Perawatannya

fungsi gigi mobil matic

Gigi mobil, atau yang sering disebut transmisi, memiliki peran yang sangat krusial dalam operasional sebuah kendaraan. Dalam mobil matic, fungsi gigi mobil mungkin tidak terasa secara langsung oleh pengemudi, namun peranannya sungguh sangat vital.

Mobil matic, dengan sistem transmisinya yang otomatis, mampu memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengemudi, terutama dalam kondisi lalu lintas yang padat. Fungsi gigi mobil matic tentu berbeda dengan fungsi gigi pada mobil manual.

Umumnya, gigi atau transmisi pada mobil matic hanya akan berpindah saat mobil dalam kondisi berhenti, seperti saat parkir, di lampu merah, ataupun berhenti sejenak di kondisi jalanan yang macet.

Fungsi Gigi Mobil Matic

Mobil matic memiliki beberapa pilihan gigi yang berbeda, yaitu P, D, R, N, 2 dan 3, L, dan shift lock. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang fungsi gigi mobil matic tersebut:

P (Parkir)

Posisi P pada gigi mobil matic digunakan saat mobil diparkir. Fungsi gigi mobil matic ini adalah untuk mengunci roda mobil sehingga mobil tidak bergerak atau meluncur.

D (Drive)

Posisi D digunakan saat Anda ingin mobil bergerak maju. Fungsi gigi mobil matic yang satu ini adalah untuk menjalankan mobil. Ketika Anda memindahkan tuas transmisi ke posisi ini, maka mobil akan otomatis melaju sendiri, bahkan tanpa Anda injak pedal gas sekalipun.

R (Reverse)

Sama seperti di tuas transmisi  mobil manual, fungsi gigi mobil matic di posisi R adalah untuk digunakan saat ingin memundurkan mobil. Untuk memindahkan tuas ke posisi ini, pastikan mobil benar-benar dalam kondisi terlebih dahulu, supaya tidak merusak komponen transmisi.

N (Neutral)

Posisi N digunakan saat Anda ingin mobil berada dalam keadaan netral, yaitu saat mesin mobil menyala tetapi mobil tidak bergerak. Fungsi gigi yang satu ini biasanya digunakan saat mobil berhenti sejenak di lampu merah atau saat dalam kondisi macet.

Jangan pernah gunakan posisi N pada saat mobil melaju di jalanan menurun, karena hal tersebut dapat membuat mobil menjadi sulit dikendalikan.

2 dan 3

Posisi 2 dan 3 digunakan saat Anda ingin mobil bergerak dengan kecepatan rendah. Posisi 2 biasanya digunakan saat Anda ingin mobil bergerak dengan kecepatan maksimal 60 km/jam, sedangkan posisi 3 digunakan saat Anda ingin mobil bergerak dengan kecepatan maksimal 90 km/jam.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

L (Low)

Posisi L digunakan saat Anda ingin mobil bergerak dengan kecepatan sangat rendah. Gigi mobil matic yang satu ini berfungsi untuk melewati jalanan yang menanjak atau menuruni jalanan perbukitan.

Shift Lock

Shift lock adalah fitur keamanan pada gigi mobil matic yang berfungsi untuk mencegah pengendara mengganti posisi gigi dari P ke posisi lainnya tanpa menekan pedal rem.

Tips Merawat Gigi Mobil Matic

Merawat gigi mobil matic tidaklah sulit. Berikut adalah beberapa tips merawat gigi mobil matic yang bisa Anda lakukan:

1. Periksa Rutin Cairan Transmisi

Cairan transmisi memiliki peran penting dalam operasional gigi mobil matic. Pastikan untuk memeriksa dan mengganti cairan transmisi secara rutin sesuai dengan rekomendasi produsen.

2. Gunakan Posisi Gigi dengan Benar

Menggunakan posisi gigi yang salah bisa merusak sistem transmisi. Pastikan untuk selalu menggunakan posisi gigi yang tepat sesuai dengan kondisi berkendara.

Jangan pernah gunakan mode P saat kondisi jalanan macet atau berhenti di lampu merah, karena hal tersebut dapat merusak transmisi mobil matic. Pastikan Anda hanya menggunakan mode P pada saat mobil terparkir.

3. Hindari Mengganti Posisi Gigi saat Mobil Berjalan

Tips merawat gigi mobil matic berikutnya adalah hindari memindahkan gigi saat mobil sedang berjalan. Mengganti posisi gigi saat mobil berjalan bisa merusak sistem transmisi. Pastikan untuk selalu menghentikan mobil sepenuhnya sebelum mengganti posisi gigi.

4. Lakukan Servis Rutin

Tips merawat gigi mobil matic supaya lebih awet adalah melakukan servis mobil secara rutin. Sama seperti halnya komponen mobil lainnya, sistem transmisi juga perlu diservis secara rutin.

Pastikan untuk melakukan servis rutin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen agar Anda dapat mendeteksi kerusakan kecil sedini mungkin sebelum menjadi masalah serius.

Baca Juga: Inilah 5 Mobil Matic Paling Irit BBM

Jauhi Transmisi Mobil Matic dari Gangguan Karat! Aplikasikan Anti Karat RustPro Sekarang!

Mempertahankan kendaraan Anda dari serangan karat adalah langkah yang sangat krusial, khususnya jika kendaraan yang Anda miliki adalah jenis otomatis atau matic.

Karat bisa muncul dan merembet ke berbagai bagian mobil lainnya, seperti bagian kolong, celah pintu, bahkan tidak menutup kemungkinan merembet hingga bagian transmisi. Jika dibiarkan, potensi kerusakan pada kendaraan Anda tentu akan meningkat.

Tentu saja, Anda tidak ingin kendaraan kesayangan Anda rusak akibat karat, bukan? Oleh sebab itu, sangat penting untuk memberikan lapisan anti karat pada kendaraan Anda agar tetap tahan lama dan terawat dengan baik.

Sebagai tempat perawatan mobil yang terpercaya, RustPro menawarkan layanan pelapisan anti karat dengan menggunakan bahan dasar yang berkualitas tinggi.

Formula unik yang kami gunakan dibuat dari bahan dasar karet, yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan maksimum terhadap karat pada kendaraan Anda dan mampu mencegahnya muncul kembali dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Bengkel RustPro dilengkapi dengan alat hidrolik modern yang mampu mengangkat kendaraan dengan akurasi tinggi. Hal ini memungkinkan kami untuk menyemprotkan pelindung anti karat ke bagian bawah kendaraan dengan lebih rinci dan menyeluruh.

Produk anti karat RustPro telah terbukti kualitasnya dan tidak perlu diragukan lagi. Kami memberikan garansi hingga 8 tahun untuk memastikan bahwa produk kami dapat bertahan lama dalam memberikan perlindungan anti karat pada kendaraan Anda.

Selain garansi, kami juga menawarkan layanan perawatan GRATIS berupa penyemprotan ulang pelindung anti karat setiap tahunnya. Dengan layanan ini, Anda tentunya dapat menghemat biaya perawatan kendaraan Anda.

Segera hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678 untuk menentukan jadwal penyemprotan anti karat di RustPro! Jangan lewatkan kesempatan mendapatkan DISKON SPESIAL HINGGA 40% untuk jadwal layanan antara pukul 5 sore hingga 10 malam. Pastikan Anda memesan jadwal sekarang sebelum kuotanya terisi penuh!

Selain layanan anti karat, RustPro juga menawarkan berbagai layanan perawatan kendaraan lainnya, seperti perawatan coating & detailing, serta pemasangan kaca film. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami, silakan kunjungi akun Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jabodetabek, Cirebon, atau Surabaya, jangan ragu untuk mengunjungi cabang workshop kami yang beralamatkan di beberapa lokasi berikut ini.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Cirebon: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

  • RustPro cabang Lontar: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Demikianlah informasi mengenai fungsi gigi mobil matic dan tips perawatannya.

Pastikan Anda selalu mengecek kondisi transmisi mobil matic Anda dan melakukan servis berkala secara rutin sesuai rekomendasi produsen. Hal ini supaya Anda dapat dengan cepat mendeteksi kerusakan minim yang kemungkinan bisa menjadi besar jika Anda biarkan atau telat mendeteksinya.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility