❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ternyata Ini 4 Fungsi Kompon Mobil beserta Jenisnya

4 fungsi kompon mobil

Mobil merupakan investasi besar bagi banyak orang, dan menjaga penampilannya tetap prima adalah hal yang penting untuk menjaga nilai jualnya.

Namun, seiring waktu penggunaan, tidak bisa dihindari bahwa body mobil akan mengalami goresan, baret, atau bahkan jamur yang dapat mengganggu penampilannya.

Nah, rustpro.id punya solusi untuk itu, yakni dengan memanfaatkan fungsi kompon mobil.

Kompon mobil memiliki sifat abrasif yang mampu mengatasi baret, goresan kecil, dan bahkan menghilangkan jamur.

Namun sebelum itu, sebenarnya apa itu kompon mobil?

Apa Itu Kompon Mobil?

Compound atau Kompon mobil adalah salah satu produk perawatan mobil yang digunakan untuk menghilangkan baret, goresan, dan cacat kecil lainnya pada permukaan cat kendaraan.

Kompon biasanya berupa pasta atau cairan yang mengandung bahan abrasif halus yang dapat mengikis permukaan cat dengan lembut, namun cukup kuat untuk menghapus goresan-goresan yang tidak diinginkan.

Fungsi Kompon Mobil

Berikut adalah 4 (empat) fungsi dari kompon mobil:

1. Mengatasi Baret dan Goresan pada Body Mobil

Salah satu fungsi kompon mobil yang paling utama adalah untuk mengatasi baret dan goresan yang merusak tampilan body mobil.

Baret dan goresan dapat muncul akibat berbagai faktor, seperti gesekan dengan benda-benda keras, kerikil di jalan, atau bahkan tindakan vandalism oleh orang yang ‘iseng’.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Kompon mengandung bahan abrasif halus yang dapat mengikis permukaan cat dengan lembut, sehingga membantu menghilangkan baret dan goresan tanpa merusak cat yang ada.

Proses penggunaan kompon untuk mengatasi baret dan goresan biasanya dilakukan dengan cara mengaplikasikan produk tersebut pada area yang terkena masalah, kemudian menggosoknya dengan gerakan memutar menggunakan aplikator atau kain khusus.

Ini dilakukan agar bahan abrasif dalam kompon untuk meratakan permukaan cat dan menghilangkan goresan secara efektif, mengembalikan keindahan body mobil Anda.

2. Menghaluskan Permukaan Cat

Selain untuk mengatasi baret dan goresan, kompon juga berfungsi untuk menghaluskan permukaan cat mobil.

Seiring waktu dan penggunaan, permukaan cat mobil dapat menjadi kasar atau kusam karena terkena debu, kotoran, atau paparan cuaca.

Penggunaan kompon secara berkala dapat membantu mengikis lapisan permukaan yang kasar, menjadikan cat mobil lebih halus dan memberikan hasil yang lebih mulus.

Proses menghaluskan permukaan cat menggunakan kompon biasanya dilakukan setelah proses mobil dicuci secara menyeluruh.

Kompon dioleskan secara merata pada permukaan cat, kemudian digosok dengan gerakan memutar untuk menghilangkan ketidakrataan dan kekasaran.

Hasilnya, nantinya permukaan cat akan menjadi lebih halus dan siap untuk tahap perawatan selanjutnya.

3. Mengembalikan Kilau Warna

Fungsi kompon mobil lainnya adalah kemampuannya untuk mengembalikan kilau warna pada body mobil.

Seiring waktu dan paparan dari elemen-elemen lingkungan seperti sinar matahari dan hujan, warna mobil dapat memudar atau kehilangan kecerahannya.

Kompon mengandung bahan-bahan yang mampu memberikan efek polishing pada permukaan cat, sehingga membantu mengembalikan kilau warna mobil sehingga terlihat seperti baru.

Proses mengembalikan kilau warna dengan kompon biasanya dilakukan setelah proses pencucian dan penghalusan permukaan cat.

Kompon dioleskan secara merata pada permukaan cat, kemudian digosok dengan gerakan melingkar menggunakan aplikator atau kain khusus.

Hasilnya adalah body mobil menjadi lebih berkilau dan menawan. Ini tentu meningkatkan daya tarik estetika dari kendaraan Anda.

3. Sebagai Dasar Melakukan Polishing dan Waxing

Selain sebagai solusi untuk mengatasi baret, menghaluskan permukaan cat, dan mengembalikan kilau warna, kompon mobil juga berfungsi sebagai dasar untuk melakukan proses polishing dan waxing.

Polishing dan waxing adalah langkah-langkah tambahan dalam perawatan mobil yang bertujuan untuk meningkatkan kilau dan perlindungan cat.

Dengan menggunakan kompon sebelum melakukan proses polishing dan waxing, Anda dapat memastikan bahwa permukaan cat mobil benar-benar bersih dan bebas dari ketidakmerataan.

Hal ini akan memungkinkan proses polishing dan waxing untuk memberikan hasil yang lebih maksimal, dengan cat yang lebih berkilau dan tahan lama.

4. Menghilangkan Jamur

Terakhir, namun tidak kalah pentingnya, fungsi kompon mobil juga mencakup kemampuannya untuk menghilangkan jamur yang mungkin tumbuh pada permukaan cat mobil. .

Jamur sering kali muncul pada area yang lembab atau terkena air hujan secara terus-menerus.

Kompon mengandung bahan-bahan kimia yang efektif dalam menghilangkan jamur dan memulihkan kebersihan permukaan cat.

Proses menghilangkan jamur dengan kompon melibatkan pengaplikasian produk tersebut pada area yang terkena jamur, kemudian menggosoknya dengan gerakan melingkar menggunakan aplikator atau kain khusus.

Ini tentu akan membantu mengangkat jamur dari permukaan cat tanpa merusak atau mengikis lapisan cat yang ada.

Jenis-Jenis Kompon Mobil

Adapun jenis-jenis kompon mobil, diantaranya:

1. Kompon Halus

Kompon halus adalah jenis kompon mobil yang dirancang khusus untuk mengatasi goresan-goresan kecil dan menghaluskan permukaan cat tanpa merusak lapisan cat yang ada.

Biasanya, kompon halus mengandung bahan abrasif yang lebih halus daripada kompon biasa, sehingga cocok untuk digunakan pada cat yang lebih sensitif atau pada goresan-goresan yang tidak terlalu dalam.

Proses penggunaan kompon halus mirip dengan penggunaan kompon biasa. Anda cukup mengoleskan kompon halus pada area yang terkena goresan atau permukaan cat yang ingin dihaluskan, lalu menggosoknya dengan gerakan memutar menggunakan aplikator atau kain khusus.

Nantinya, permukaan cat akan menjadi lebih halus dan terbebas dari goresan-goresan kecil yang mengganggu.

2. Kompon Berwarna Putih

Kompon berwarna putih adalah jenis kompon mobil yang biasanya digunakan untuk menghilangkan goresan-goresan ringan atau noda yang membandel pada permukaan cat.

Seperti namanya, kompon ini memiliki warna putih yang khas, dan biasanya mengandung bahan abrasif yang lebih ringan daripada kompon berwarna merah atau kompon biasa.

Proses penggunaan kompon berwarna putih mirip dengan penggunaan kompon halus. Anda cukup mengoleskan kompon pada area yang terkena goresan atau noda, lalu menggosoknya dengan gerakan melingkar menggunakan aplikator atau kain khusus.

Setelah itu, bersihkan sisa kompon dengan kain mikrofiber yang bersih, dan hasilnya permukaan cat akan kembali bersih dan terbebas dari noda yang mengganggu.

3. Kompon Berwarna Merah

Kompon berwarna merah adalah jenis kompon mobil yang umumnya digunakan untuk mengatasi goresan-goresan yang lebih dalam atau baret yang lebih serius pada bodi mobil.

Kompon ini mengandung bahan abrasif yang lebih kuat daripada kompon halus atau kompon berwarna putih, sehingga cocok untuk digunakan pada goresan-goresan yang lebih parah atau pada cat yang lebih keras.

Proses penggunaan kompon berwarna merah memerlukan sedikit lebih banyak perhatian daripada penggunaan kompon lainnya.

Anda harus memastikan bahwa kompon dioleskan secara merata pada area yang terkena goresan atau baret, dan menggosoknya dengan gerakan melingkar menggunakan aplikator atau kain khusus.

Namun, Anda harus berhati-hati agar tidak menggosok terlalu keras, karena hal ini dapat merusak permukaan cat.

Baca Juga: Ini Dia 7 Cara Menghilangkan Baret pada Mobil

Ingin Body Mobil Mulus dan Kinclong? Bawa ke RustPro Garansi 3 Tahun!

Buat Anda yang mendapatkan keluhan body mobil yang kusam dan kurang mulus, RustPro menawarkan solusi efektif melalui layanan coating & detailing.

Bersama kami, mobil Anda dijamin akan kembali mulus dan kinclong seperti baru.

RustPro menggunakan lapisan coating Graphene 10H+ yang memiliki kualitas dan tingkat ketahanan lebih tinggi dari Nano Ceramic yang hanya 9H.

Kami pun menjamin kualitas dan ketahanan Graphene Coating ini dengan garansi selama 3 tahun.

Dengan begitu, Anda tentu tidak perlu khawatir mobil kembali kusam dalam waktu dekat karena kami berani menjaminnya dengan garansi yang tidak main-main.

So, jika Anda ingin tampilan mobil kembali mulus dan kinclong seperti baru keluar dari dealer, membawanya ke RustPro adalah solusi bijak.

Hubungi kami via WhatsApp di nomor 0812-1130-9522 untuk info lengkap dan reservasi layanan coating & detailing di cabang RustPro terdekat!

Jika Anda berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda dapat mendatangi cabang kami berletak di lokasi berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Demikianlah informasi mengenai fungsi kompon mobil beserta jenis-jenisnya.

Dalam menjaga keindahan dan kesehatan cat mobil, kompon mobil dapat menjadi salah satu solusi yang dapat Anda andalkan.

Dengan berbagai fungsi yang dimilikinya, kompon tidak hanya membantu mengatasi baret dan goresan, tetapi juga dapat menghaluskan permukaan cat, mengembalikan kilau warna, menjadi dasar untuk proses polishing dan waxing, serta menghilangkan jamur yang mengganggu.

Dengan penggunaan kompon secara teratur, Anda dapat memastikan bahwa mobil Anda tetap terlihat prima dan menawan di jalan raya.

RUSTPRO

It's My Responsibility