❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Agar Tak Ditilang, Jangan Asal Pakai Kaca Mobil Gelap

Jangan Asal Pakai Kaca Mobil Gelap

Siapa yang tidak suka berkendara dengan mobil yang nyaman dan aman? Namun, terkadang pemilik mobil ingin menambahkan sedikit privasi dengan memasang kaca mobil gelap. Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan kaca mobil gelap sebenarnya diatur oleh peraturan yang ketat?

Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas tentang aturan kaca mobil gelap yang berlaku dan memberikan tips memilih kaca film mobil yang bagus dan sesuai dengan peraturan. Simak terus artikel ini untuk mengetahui informasi yang lebih detail!

Ketentuan Kaca Mobil Gelap Berdasarkan Peraturannya

Ketentuan kaca mobil gelap diatur oleh Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor. Berikut ini adalah beberapa informasi terkait ketentuan tersebut:

  1. Kaca Mobil Gelap Hanya Diperbolehkan pada Kaca Belakang

Menurut Surat Keputusan tersebut, penggunaan kaca mobil gelap hanya diperbolehkan pada kaca belakang kendaraan bermotor. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengawasan dan penegakan hukum oleh petugas kepolisian serta meningkatkan keamanan berkendara.

  1. Tingkat Kegelapan Kaca Mobil Gelap Diatur oleh Ketentuan Tertentu

Ketentuan Surat Keputusan tersebut juga mengatur tingkat kegelapan kaca mobil gelap yang diperbolehkan. Kaca belakang kendaraan bermotor hanya boleh memiliki tingkat kegelapan maksimum 70% dan ketebalan maksimum 4 milimeter.

  1. Kaca Depan dan Samping Harus Memiliki Transparansi Tertentu

Sementara itu, kaca depan dan samping kendaraan bermotor harus memiliki transparansi tertentu. Kaca depan kendaraan bermotor harus memiliki transparansi minimal 70%, sedangkan kaca samping minimal 50%.

  1. Kendaraan Bermotor yang Tidak Memenuhi Ketentuan Dapat Dikenakan Sanksi

Kendaraan bermotor yang tidak memenuhi ketentuan penggunaan kaca pada kendaraan bermotor dapat dikenakan sanksi berupa denda dan pencabutan izin berkendara. Oleh karena itu, sangat penting bagi pengendara untuk mematuhi ketentuan tersebut.

  1. Pengecualian Penggunaan Kaca Mobil Gelap untuk Kepentingan Khusus

Meskipun demikian, terdapat pengecualian penggunaan kaca mobil gelap untuk kepentingan khusus seperti mobil layanan pribadi dan kendaraan dinas milik pemerintah dengan ketentuan tertentu.

Itulah beberapa informasi terkait ketentuan kaca mobil gelap berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor. Penting bagi pengendara untuk mematuhi ketentuan tersebut demi keselamatan dan kenyamanan berkendara yang lebih baik.

Baca Juga: Ini Tingkatan Kaca Film Mobil yang Pas dan Sesuai dengan Aturan

Tips Memilih Kaca Film Mobil yang Bagus dan Sesuai dengan Peraturan

Memilih kaca film mobil yang bagus dan sesuai dengan peraturan yang berlaku dapat menjadi hal yang sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara. Berikut ini adalah beberapa tips memilih kaca film mobil yang bagus dan patuhi peraturan yang berlaku dalam format penulisan listicle yang humanis, informatif, dan otentik.

  • Pilih kaca film mobil yang berkualitas: Memilih kaca film mobil yang berkualitas adalah langkah pertama dalam memastikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Pastikan kaca film mobil yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik dan tahan lama.
  • Perhatikan jenis kaca film mobil: Jenis kaca film mobil juga perlu diperhatikan. Ada beberapa jenis kaca film mobil seperti kaca film cermin, kaca film anti radiasi, dan kaca film anti gores. Pilih jenis kaca film mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda.
  • Perhatikan tingkat kegelapan kaca film mobil: Pastikan tingkat kegelapan kaca film mobil yang Anda pilih sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sebagaimana disebutkan dalam Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor, kaca belakang kendaraan bermotor hanya boleh memiliki tingkat kegelapan maksimum 70% dan ketebalan maksimum 4 milimeter. Sementara itu, kaca depan dan samping kendaraan bermotor harus memiliki transparansi tertentu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Pastikan kaca film mobil dipasang oleh ahli: Kaca film mobil yang bagus juga perlu dipasang dengan benar oleh ahli. Pastikan Anda memilih bengkel yang terpercaya dan memiliki tenaga kerja yang berpengalaman dalam memasang kaca film mobil.
  • Pastikan kaca film mobil memiliki garansi: Memilih kaca film mobil yang memiliki garansi dapat memberikan rasa tenang dan kepercayaan kepada pemilik kendaraan. Pastikan kaca film mobil yang Anda pilih memiliki garansi yang cukup lama dan mencakup kerusakan atau kegagalan dalam pemakaian normal.
  • Cek ulang kaca film mobil secara berkala: Setelah kaca film mobil dipasang, pastikan Anda melakukan pengecekan ulang secara berkala untuk memastikan kaca film mobil masih dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jika ada kerusakan atau kegagalan, segera ganti kaca film mobil yang rusak untuk memastikan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Itulah beberapa tips memilih kaca film mobil yang bagus dan patuhi peraturan yang berlaku. Penting bagi pemilik kendaraan untuk memperhatikan hal ini demi keselamatan dan kenyamanan berkendara yang lebih baik.

Kaca Film Mobil Domo Film untuk Perlindungan yang Sesuai dengan Peraturan

Untuk memberikan perlindungan dengan pemberian kaca film mobil namun tetap patuh akan aturan yang berlaku, pastikan memilih kaca film mobil yang kualitasnya sudah teruji dengan standarisasi yang terbukyi, hanya di Domo Film dari Rustpro.

Domo Film memiliki teknologi khusus Nano Armor Technology yang membuat kaca film mobil dari Domo Film mampu melindungi dari efek sinar UV serta terik matahari hingga 99%. Fitur ini juga membuat kaca film mobil andalan dari Rustpro mampu menghalau radiasi inframerah yang sebabkan panas di suhu kabin mobil.

Tersedia dalam beberapa tingkat kegelapan 40%, 60%, dan 80%, sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi dan aturan perundang-undangan yang berlaku. Domo Film juga hadir dalam dua varian warna, yakni Fuji (Hitam) dan Daisen (Biru).

Kegelapan dari Domo Film ini tak akan menganggu jarak pandang dari pengguna mobil sebab Domo Film sudah hadir dengan fitur Night Vision yang canggih, sehingga dari luar kaca mobil terlihat gelap dan dari dalam akan tetap terang jarak pandangnya.

Selain itu, Domo Film juga dilengkapi dengan masa garansi 8 tahun. Semakin membuat kualitas dari kaca film mobil dari Rustpro ini begitu terpercaya kualitasnya.

Dengan keunggulan yang ditawarkan, jelas menggunakan Domo Film untuk perlindungan kaca mobil kesayangan Anda adalah pilihan tepat untuk dilakukan.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Seringkali produk Domo Film di Rustpro ini banyak dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

RUSTPRO

It's My Responsibility