❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Berapa Jauh Jarak Tempuh Mobil Listrik? Ini Penjelasannya

jarak tempuh mobil listrik

Terdapat satu pertanyaan yang sering menghantui calon pengguna mobil listrik, yaitu “seberapa jauh mobil ini bisa melaju sebelum harus mengisi daya ulang?”.

Well, jarak tempuh mobil listrik ditentukan oleh beberapa faktor, mulai dari kapasitas baterai, kondisi lingkungan, dan kondisi jalan yang dilewati.

Di bawah ini, kami akan memberikan penjelasan secara lengkap kepada Anda mengenai seberapa jauh mobil listrik dapat berjalan.

So, tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai pembahasannya!

Seberapa Jauh Jarak Tempuh Mobil Listrik?

Jarak tempuh mobil listrik dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis baterai, kapasitas baterai, kondisi jalan, gaya mengemudi, dan fitur lainnya pada mobil.

Secara umum, mobil listrik modern dapat menempuh jarak rata-rata antara 150 hingga 370 kilometer dengan sekali pengisian daya penuh.

Namun, beberapa model terbaru yang dilengkapi dengan baterai yang lebih besar dapat menghasilkan jarak tempuh lebih dari 480 kilometer.

Jarak tempuh ini telah mengalami peningkatan signifikan seiring dengan kemajuan teknologi baterai dan efisiensi mobil listrik.

Hal yang Mempengaruhi Jarak Tempuh Mobil Listrik

Beberapa faktor mempengaruhi jarak tempuh mobil listrik dan perlu dipahami dengan baik oleh calon konsumen sebelum memutuskan untuk beralih ke mobil listrik.

Berikut adalah faktor-faktor kunci yang dapat mempengaruhi jarak tempuh dari mobil listrik:

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

1. Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai merupakan faktor utama yang menentukan jarak tempuh mobil listrik. Semakin besar kapasitas baterai, semakin jauh mobil dapat menempuh perjalanan.

Baterai lithium-ion adalah teknologi paling umum yang digunakan dalam mobil listrik, dan inovasi terus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan energinya.

2. Suhu Lingkungan

Suhu lingkungan juga berpengaruh pada kinerja baterai mobil listrik. Saat suhu ekstrem, baik itu panas atau dingin, kinerja baterai dapat menurun.

Suhu dingin dapat menyebabkan penurunan efisiensi baterai dan mengurangi jarak tempuh, sementara suhu panas dapat menyebabkan kelebihan panas dan merusak baterai.

3. Gaya Mengemudi

Gaya mengemudi pengemudi juga dapat berdampak signifikan pada jarak tempuh mobil listrik.

Mengemudi dengan kecepatan tinggi, sering melakukan akselerasi tiba-tiba, dan pengereman yang kasar dapat mengurangi efisiensi energi mobil.

Pengemudi yang mengadopsi gaya mengemudi yang lebih santai dan mengoptimalkan fitur-fitur regeneratif mobil dapat meningkatkan jarak tempuh.

4. Penggunaan Fitur Listrik Tambahan

Penggunaan fitur listrik tambahan seperti pemanas atau pendingin udara, lampu, dan perangkat elektronik lainnya juga dapat mengurangi jarak tempuh dari mobil listrik.

Penting untuk mengelola penggunaan fitur-fitur ini agar tidak mengorbankan jarak tempuh secara signifikan.

5. Kondisi Jalan dan Topografi

Jarak tempuh mobil listrik juga dapat dipengaruhi oleh kondisi jalan dan topografi. Jalan yang licin atau berbukit-bukit membutuhkan lebih banyak energi untuk menggerakkan mobil, yang dapat mengurangi jarak tempuh.

Baca Juga: Ini Dia 6 Jenis Baterai Mobil Listrik beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Mobil Listrik Tampak Berkilau dan Bercahaya? Pake Layanan RustPro Coating & Detailing Aja, Jaminan Garansi 3 Tahun!

RustPro siap mengubah penampilan mobil listrik Anda menjadi lebih elegan dan menarik dengan layanan coating & auto detailing.

Kami menggunakan teknologi Graphene 10h+ dalam produk coating kami, yang telah teruji dan terbukti memiliki ketahanan yang lebih unggul dibandingkan dengan teknologi coating nano ceramic.

RustPro berdedikasi untuk menjamin kualitas Graphene 10h+ dengan memberikan garansi hingga 3 tahun! Selama periode garansi tersebut, lapisan coating pada mobil Anda dipastikan akan bekerja secara optimal untuk melindungi cat mobil dari berbagai ancaman seperti goresan, debu, dan jamur.

Buruan jadwalkan layanan Anda di RustPro melalui WhatsApp Customer Service kami di nomor 0813-1150-2678 dan nikmati DISKON 40% untuk jadwal layanan antara pukul 5 sore hingga 10 malam!

Selain layanan coating & auto detailing, RustPro juga menyediakan layanan perlindungan anti karat, dan pemasangan kaca film. Untuk informasi lebih detail, silahkan kunjungi akun Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Untuk Anda yang berada di wilayah Jabodetabek, kami mengajak Anda untuk datang dan mengunjungi bengkel kami di alamat yang tertera di bawah ini.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Itulah beberapa informasi mengenai jangkauan jarak tempuh mobil listrik. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda seputar perkembangan dunia otomotif.

RUSTPRO

It's My Responsibility