❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Berapa Lama Cas Mobil Listrik? Ini Jawaban Pastinya!

lama cas mobil listrik

Di balik kecanggihan teknologinya, ada satu aspek penting yang sering membuat calon pengguna mobil listrik bertanya-tanya “berapa lama sebenarnya waktu yang diperlukan untuk mengisi daya atau “cas” mobil listrik?”.

Nah, dalam artikel ini, kami akan mengungkap seberapa lama cas mobil listrik dan apa saja pilihan metode pengisian daya yang tersedia.

Mulai dari metode quick charging yang efisien hingga pengisian daya di rumah yang praktis, kami akan mengulas setiap opsi secara mendalam.

Lama Cas Mobil Listrik

Lama waktu pengisian daya mobil listrik di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) atau stasiun pengisian publik dapat bervariasi tergantung pada jenis stasiun pengisian dan kapasitas baterai mobil.

Biasanya, SPKLU menyediakan beberapa jenis pengisian, seperti pengisian lambat, pengisian cepat, dan pengisian super cepat.

Berikut adalah perkiraan waktu pengisian daya mobil listrik di SPKLU:

Pengisian Lambat (AC 220V)

Pengisian lambat di SPKLU menggunakan colokan listrik biasa dengan tegangan 220V. Waktu pengisian daya bervariasi tergantung pada kapasitas baterai mobil dan kecepatan pengisian daya yang diizinkan oleh kendaraan.

Sebagai contoh, lama cas mobil listrik dengan kapasitas baterai 40 kWh dapat membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 8 jam untuk pengisian daya penuh di SPKLU dengan pengisian lambat.

Pengisian Cepat (DC 50 kW)

Pengisian cepat di SPKLU menggunakan tegangan listrik DC (Direct Current) dengan daya 50 kW atau lebih.

Dalam stasiun pengisian cepat, lama cas mobil listrik hingga 80% dapat memakan waktu sekitar 30 hingga 60 menit, meskipun beberapa model terbaru dapat mengisi daya lebih cepat dari itu.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Pengisian Super Cepat (DC 150 kW atau lebih)

Pengisian super cepat di SPKLU adalah teknologi terbaru dalam pengisian daya mobil listrik.

Stasiun ini menggunakan tegangan listrik yang sangat tinggi (150 kW atau lebih) dan mampu mengisi daya hingga 80% atau lebih dalam waktu sekitar 15 hingga 30 menit.

Pengisian daya di stasiun super cepat sangat efisien dan merupakan langkah maju dalam mempercepat pengisian daya mobil listrik.

Apakah Bisa Cas Mobil Listrik di Rumah?

Ya, mengisi daya mobil listrik dapat dilakukan sendiri di rumah. Sama seperti mengisi daya perangkat elektronik lainnya, mengisi daya mobil listrik juga hanya perlu menyambungkan kabel charger dari stop kontak ke port  mobil.

Proses pengisian daya mobil listrik di rumah menggunakan colokan listrik standar yang biasa digunakan di rumah tangga.

Sebagian besar mobil listrik dilengkapi dengan kabel pengisi daya (charging cable) yang dapat disambungkan langsung ke colokan listrik rumah dengan tegangan 220V atau 240V.

Akan tetapi, lama cas mobil listrik di rumah memakan waktu yang relatif lama dibandingkan mengisi daya di SPKLU.

Selain itu, Anda juga perlu mengurangi penggunaan daya listrik di rumah, seperti tidak menggunakan pompa air, AC, mesin cuci, dan alat elektronik lainnya yang membutuhkan daya listrik yang besar.

Cara Cas Mobil Listrik

Berikut adalah beberapa metode atau cara untuk mengisi daya mobil listrik:

1. Quick Charging

Quick Charging atau juga dikenal sebagai fast charging, adalah cara cas mobil listrik yang paling efisien dan cepat.

Metode ini menggunakan stasiun pengisian cepat di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) yang dilengkapi dengan tegangan listrik tinggi.

Dengan daya sekitar 50 kW hingga 350 kW, lama cas mobil listrik hingga 80% kapasitas baterai melalui cara quick charging mampu dilakukan dalam waktu singkat, yakni kisaran 30 hingga 45 menit.

Namun, penting untuk diingat bahwa quick charging biasanya tidak diizinkan untuk mengisi daya hingga 100% kapasitas baterai, karena pengisian hingga penuh akan memerlukan waktu lebih lama dan dapat mengurangi masa pakai baterai dalam jangka panjang.

2. Home Charging

Home Charging adalah cara mengisi daya mobil listrik yang sangat nyaman untuk mengisi daya mobil listrik di rumah.

Dengan menggunakan alat bernama “wall charger”, pengisian dengan metode ini memungkinkan mobil listrik terhubung langsung ke colokan listrik rumah dengan tegangan 220V atau 240V.

Dengan home charging, lama cas mobil listrik hingga baterai terisi penuh dapat memakan waktu sekitar 7 jam, sehingga sangat cocok untuk mengisi daya semalaman saat mobil tidak digunakan.

3. Standard Charging

Standard Charging adalah cara cas mobil listrik paling fleksibel dan dapat dilakukan di rumah atau di SPKLU. Pengisian daya dalam mode ini menggunakan colokan listrik biasa dengan tegangan 220V.

Lama cas mobil listrik dalam metode standard charging memakan waktu yang lebih lama dibandingkan metode lainnya.

Mobil listrik dengan kapasitas baterai 40 kWh dapat memerlukan waktu hingga 15 jam untuk mengisi daya hingga penuh dengan metode yang satu ini.

Baca Juga: Berapa Jauh Jarak Tempuh Mobil Listrik? Ini Penjelasannya

Layanan RustPro Coating & Auto Detailing Adalah Solusi Ideal untuk Membuat Mobil Listrik Menjadi Lebih Berkilau

RustPro siap merubah tampilan mobil listrik Anda menjadi lebih mewah dan mempesona melalui layanan coating & auto detailing.

Kami menggunakan produk coating berteknologi Graphene 10h+, yaitu teknolog coating terbaru yang telah terverifikasi dan terbukti memiliki daya tahan yang lebih superior dibandingkan dengan teknologi coating nano ceramic.

RustPro berkomitmen untuk menjamin kualitas Graphene 10h+ dengan memberikan garansi hingga 3 tahun! Selama jangka waktu garansi tersebut, lapisan coating pada mobil Anda dijamin akan berfungsi secara maksimal untuk melindungi cat mobil dari berbagai risiko seperti goresan, debu, dan jamur.

Segera atur jadwal layanan Anda di RustPro melalui Customer Service kami di nomor WhatsApp 0813-1150-2678 dan dapatkan DISKON 40% untuk jadwal layanan antara pukul 5 sore hingga 10 malam!

Tidak hanya layanan coating & auto detailing, RustPro juga menawarkan layanan perlindungan anti karat dan instalasi kaca film. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi akun Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jabodetabek, kami mengundang Anda untuk mengunjungi bengkel kami di alamat yang tertera di bawah ini.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Demikianlah pembahasan mengenai seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya mobil listrik.

Perlu dicatat lama cas mobil listrik dapat dipengaruhi oleh faktor, seperti suhu lingkungan, keadaan baterai mobil, dan model kendaraan.

Selain itu, perkembangan teknologi terus meningkatkan kecepatan pengisian daya mobil listrik, membuatnya semakin praktis dan efisien dalam kehidupan sehari-hari.

RUSTPRO

It's My Responsibility