❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik dan Cara Kerjanya

jenis mobil listrik

Di balik istilah “mobil listrik,” terdapat beragam jenis yang menawarkan solusi berbeda dalam menerapkan teknologi ramah lingkungan.

Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenali berbagai jenis mobil listrik yang tersedia di pasar otomotif saat ini.

Jenis Mobil Listrik

Inilah jenis-jenis mobil listrik yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya:

1. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Hybrid Electric Vehicle (HEV) adalah jenis mobil listrik yang paling umum dijumpai di pasar saat ini.

Kendaraan ini menggunakan dua sumber daya untuk menggerakkan roda, yaitu mesin pembakaran internal berbahan bakar bensin dan motor listrik yang ditenagai oleh baterai.

Cara kerja mobil listrik yang satu ini adalah dengan menggabungkan kedua sumber daya ini secara efisien untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi.

Saat HEV berjalan, mesin bensin akan mengisi daya baterai dan menggerakkan kendaraan.

Ketika kendaraan berhenti atau berjalan dengan kecepatan rendah, motor listrik akan mengambil alih dan menggerakkan mobil dengan tenaga baterai.

Ketika akselerasi diperlukan atau kecepatan tinggi, mesin bensin dan motor listrik akan bekerja bersama untuk memberikan tenaga maksimum.

2. Battery Electric Vehicle (BEV)

Battery Electric Vehicle (BEV) adalah jenis mobil listrik yang sepenuhnya bergantung pada baterai sebagai sumber utama tenaga.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Tidak ada mesin pembakaran internal dalam BEV, sehingga tidak ada emisi dari knalpot. Mobil ini berfungsi sepenuhnya dengan tenaga dari baterai listriknya.

Untuk cara kerja jenis mobil listrik BEV, baterai besar yang terletak di bagian bawah mobil menyimpan energi listrik.

Tenaga dari baterai tersebut diteruskan ke motor listrik yang menggerakkan roda. Pengemudi dapat mengisi daya baterai BEV melalui colokan listrik standar di rumah atau di stasiun pengisian publik.

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) adalah kombinasi dari HEV dan BEV yang menawarkan fleksibilitas dan efisiensi lebih tinggi.

PHEV menggunakan baterai untuk menggerakkan motor listrik dan juga memiliki mesin pembakaran internal untuk memberikan daya tambahan jika diperlukan.

Bedanya dengan HEV, PHEV dapat diisi daya secara eksternal melalui colokan listrik.

PHEV bekerja dengan cara yang mirip dengan HEV, namun dengan fitur tambahan. Pengemudi dapat mengisi daya baterai PHEV dari sumber eksternal, seperti colokan di rumah atau stasiun pengisian publik.

Ketika baterai terisi penuh, mobil dapat berjalan dalam mode listrik saja untuk jarak tertentu sebelum beralih ke penggunaan mesin bensin jika diperlukan, memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi dan mengurangi konsumsi bahan bakar.

4. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) adalah jenis mobil listrik yang menggunakan sel bahan bakar (fuel cell) sebagai sumber tenaga.

Sel bahan bakar menghasilkan listrik dengan menggabungkan hidrogen dan oksigen dari udara, dan hasil reaksinya adalah air bersih.

Untuk cara kerja mobil listrik ini, hidrogen disimpan dalam tangki dan diumpankan ke sel bahan bakar.

Di dalam sel bahan bakar, hidrogen bertemu dengan oksigen dari udara, menghasilkan listrik dan air sebagai produk sampingan.

Listrik tersebut digunakan untuk menggerakkan motor dan mengisi baterai mobil listrik. FCEV tidak memiliki emisi CO2 atau polusi dari knalpot, dan yang keluar dari knalpot adalah uap air.

Baca Juga: Berapa Lama Cas Mobil Listrik? Ini Jawaban Pastinya!

Ingin Tampilan Mobil Listrik Awet Bertahun-Tahun? Lapisi dengan Graphene 10h+ dari Layanan RustPro Coating!

Jika Anda ingin tampilan mobil listrik tetap awet dan selalu tampak baru selama bertahun-tahun, RustPro siap melayaninya dengan layanan coating & auto detailing.

Kami memanfaatkan produk coating dengan teknologi Graphene 10h+, yakni teknologi coating terkini yang telah terverifikasi dan terbukti memiliki daya tahan yang lebih unggul dibandingkan dengan teknologi coating nano ceramic.

RustPro berdedikasi untuk menjamin kualitas Graphene 10h+ dengan memberikan garansi hingga 3 tahun! Selama periode garansi tersebut, lapisan coating pada mobil Anda dijamin akan berfungsi secara maksimal untuk melindungi cat mobil dari berbagai ancaman seperti goresan, debu, dan jamur.

Yuk, segera buat pesan jadwal Anda di RustPro sekarang melalui layanan Customer Service kami di nomor WhatsApp 0813-1150-2678 dan nikmati DISKON 40% untuk jadwal layanan antara pukul 5 sore hingga 10 malam!

Selain layanan coating & auto detailing, RustPro juga menyediakan layanan perlindungan anti karat dan pemasangan kaca film. Untuk informasi lebih detail, silahkan kunjungi akun Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Untuk Anda yang berada di wilayah Jabodetabek, kami mengajak Anda untuk datang dan mengunjungi bengkel kami di alamat yang tertera di bawah ini.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Demikianlah informasi mengenai jenis mobil listrik dan cara kerjanya.

Dengan memahami perbedaan antara setiap jenis mobil listrik, Anda tentu dapat memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan kontribusi mereka terhadap lingkungan yang lebih bersih dan lestari.

RUSTPRO

It's My Responsibility