❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Kaca Film Anti Embun Terbaik di Indonesia!

Kaca film anti embun

Kaca film anti embun, Kaca depan mobil yang berembun akan menjadi masalah ketika Anda berkendara. Kondisi ini sering terjadi ketika berkendara di saat pagi hari dan selepas hujan saat malam.

Seperti yang diketahui, penyebab kaca mobil berembun bisa terjadi karena dua faktor. Pertama karena arah hembusan AC yang langsung ke kaca atau juga karena adanya kebocoran pada kaca mobil.

Penyebab Kaca Mobil Berembun

Kaca film anti embun

Kaca mobil yang berembun akan bisa terjadi apabila ada perbedaan suhu udara  pada bagian dalam dingin mobil kemudian dengan bagian luar kaca yang bersuhu normal (udara luar). Secara alami itu akan menyebabkan terjadinya proses pengembunan. Contoh yang paling mudah yang dapat kita lihat adalah pada sebuah gelas kosong yang kemudian kita tuangkan air dingin atau air es, maka pada bagian sisi luar gelas tersebut akan mengalami proses pengembunan secara alami.

Kondisi hujan juga sering menjadi penyebab kaca mobil menjadi berembun. Hal itu inilah yang bisa mengurangi visibilitas atau jarak pandang pengendara yang tentunya akan berisiko jika dibiarkan dan tidak segera diatasi.

Proses Terbentuknya Embun

Proses terbentuknya embun disebut juga dengan kondensasi. Ketika saat hujan, udara di dalam kabin awalnya juga akan mengikuti udara di luar yang mengandung kelembaban tinggi. Karena kita ada di dalam mobil, embusan nafas kita yang juga mengandung banyak uap air tentu akan bertemu dengan tekanan udara pada dalam kabin.

Uap yang sudah tidak bisa ditampung, baik oleh tubuh atau pun pada udara kabin, otomatis akan mencari lokasi yang terdingin. Nah, dikarenakan yang paling dekat adalah kaca mobil maka terjadilah kondensasi pada kaca mobil. Jumlah embun ini akan menjadi lebih banyak jika mobil diisi lebih dari satu penumpang.

Cara Menghindari Proses Kondensasi

Untuk menghindari proses kondensasi ini,  pemilik mobil disarankan untuk melakukan perawatan AC secara berkala, seperti mengecek tekanan pada freon dan membersihkan filter pada kabin mobil.

Solusi Mencegah Kaca Mobil Berembun

  1. Memasang Kaca Film Anti Embun

Cara yang pertama adalah dengan memasang kaca film anti embun pada mobil yang telah dilengkapi dengan kemampuan anti fog atau anti kabut atau pastinya juga kaca film anti embun tersebut.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Perusahaan yang telah menjadi distributor merek kaca film anti embun seperti Domo Film dan Domo Film mengklaim sejumlah produk yang dihasilkan telah memiliki fungsi glare atau yang dikenal juga dengan anti silau dan mencegah embun pada saat hujan maupun pada saat pagi hari.

Kaca film anti embun dengan kualitas terbaik itu bukan cuman mampu menolak panas, namun juga mempunyai fungsi dan teknologi lainnya seperti teknologi glare yang akan mencegah silau dan juga bisa untuk mencegah embun. Domo Film merupakan produk kaca film anti embun yang mampu mencegah embun dan silaunya cahaya matahari.

  1. Turunkan Suhu dalam Mobil

Embun pada kaca mobil muncul karena adanya perbedaan suhu antara di dalam dan di luar mobil. Untuk itu, langkah yang dapat Anda lakukan ketika embun muncul adalah Anda harus segera menurunkan suhu di dalam mobil sehingga kondensasi pun juga akan berkurang.

  1. Mengatur suhu dan kecepatan kipas

Atur suhu dan kecepatan kipas ke yang paling tinggi supaya sirkulasi udara akan bisa lebih maksimal. Kemudian turunkan suhu AC mobil hingga yang paling rendah namun dengan tingkatan yang masih bisa ditolerir.

  1. Menggunakan Fitur Defrost/Defogger

Apabila mobil Anda sudah dibekali dengan fitur defogger, fitur ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Ventilasi defrost biasanya akan terletak pada kedua sisi paling ujung dari dasbor mobil. Apabila embun yang terjadi di belakang mobil, Anda bisa menggunakan fitur defogger untuk menghilangkan embunnya.

Dibaca Juga: Cara Mengurangi Intensitas Cahaya Matahari Pada Kendaraan

  1. Resirkulasi Udara dalam Mobil

Opsi lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kaca mobil yang berembun adalah menggunakan tombol resirkulasi. Dengan mengaktifkan fungsi ini, mobil akan kembali memasukkan udara dari luar mobil dan juga menghembuskan udara tersebut tanpa mengubah suhu mobil.

  1. Mengaktifkan AC dan juga Wiper

Embun tidak hanya bisa terjadi saat suhu di luar dingin, namun juga bisa sebaliknya. Saat kondisi udara di luar panas, sedangkan suhu di dalam mobil dingin ini juga akan memungkinkan munculnya titik-titik embun muncul pada kaca.  Untuk menghilangkannya, Anda cukup mengurangi kecepatan AC.

  1. Membuka Jendela

Cara paling cepat dan mudah dilakukan adalah dengan membuka jendela mobil. Bukalah jendela mobil dalam waktu singkat dan biarkan embun menghilang dengan sendirinya. Setelah embun sudah menghilang maka tutup kembali agar AC di dalam mobil bisa kembali terasa dingin.

Mengganti kaca film mobil bawaan yang biasanya dijual sepaket dengan mobil baru, bisa jadi pilihan jika spesifikasi pelindung privasi di kabin mobil itu dirasa masih kurang baik. Namun untuk mobil yang dilengkapi dengan fitur anti-fog atau anti kabut, maka sebaiknya sangatlah  berhati-hati jika ingin mengganti kaca film bagian belakang.

Pertanyaan Seputar Kaca Film

Kaca Film ini merupakan pelapis yang ditempelkan pada kaca mobil untuk dapat mengurangi paparan sinar matahari di siang hari. Dan mempunyai kelebihan-kelebihan lainnya yang dijelaskan pada artikel ini.Description
Untuk urusan keselamatan dan juga safety , kaca film di Domo Film itu menganjurkan bahwa kaca mobil depan maksimal itu di angka kegelapan 40% kaca belakang 60-80% dan juga kaca samping 60%.
Kaca film ini mempunyai manfaat lainnya seperti terjadi kondisi dimana kaca anda mendapatkan tekanan atau benturan. Lapisan kaca film dapat melindungi agar kaca tidak pecah berhamburan apalagi sampai mengenai anda atau penumpang lainnya, jadi kaca yang pecah ini terlebih dahulu akan merekat ke kaca film
Kaca film yang dipakai oleh Domo Film ini dapat menahan panas karena Domo Film menggunakan Nano Armor Technology yang dibuat di Jepang.
Untuk harga pada kaca film ini sungguh bervariasi anda bisa menghubungi admin Dokter Mobil Indonesia untuk mengetahui harga dari Domo Film serta mendapatkan promo yang sedang berlangsung di Domo Film

Mengingat fitur anti-fog ini yang biasanya terdapat pada kaca bagian belakang, juga akan ikut tercabut. Anti-fog ini adalah bentangan kawat halus yang membentuk garis-garis pada permukaan kaca bagian dalam. Tujuannya adalah untuk memanaskan kaca bagian belakang jika mulai berembun karena ada perbedaan suhu di kabin dan di luar kabin mobil.

Mengganti kaca film pada kaca yang sudah terdapat fitur anti-fog, itu adalah masalah yang sangat besar.  Itu benar, karena bentangan kawat-kawat tersebut bersentuhan langsung dengan kaca film yang sudah ada perekatnya. Nah, salah satu trik untuk melepaskan kaca film adalah dengan menggunakan pemanas, itu pun juga masih tidak cukup ampuh. Masih tetap akan ada bagian yang berisiko putus meski harus menggunakan heat gun atau pemanas.

Namun juga ada yang mengakali hal tersebut dengan cara melapis langsung kaca film bawaan dengan kaca film anti embun yang baru. Namun cara pemasangan yang seperti ini, maka garansi yang sudah ditetapkan tidak akan berlaku.

Karena kaca film kami tidak bisa menempel langsung pada permukaan kaca. Artinya garansi kekuatan dan juga presisi kaca film anti embun kami, tidak bisa kami jamin. Jadi akan ada baiknya sebelum memasang kaca film anti embun pastikan lebih dulu bagian yang ini tidak menjadi masalah.

Solusi lain yang disarankan adalah apabila Anda baru ingin membeli mobil, sebaiknya anda juga melakukan pengecekan terlebih dahulu soal paket kaca film anti embun yang diberikan agar sesuai dengan keinginan. Namun jika mobilnya sudah ada dan sudah terpasang kaca film anti embun dan kaca film anti embun ini ingin diganti, satu-satunya cara adalah dengan memberitahukan kepada teknisi kaca film anti embun agar bisa meminimalisir kerusakan di anti-fog bawaan pada mobil.

Kesimpulan

Jika Anda ingin memasang kaca film anti embun maka Anda juga harus memikirkan yang sudah Dokter Mobil sampaikan diatas. Demikian rangkuman informasi dari Dokter Mobil mengenai kaca film mobil anti embun. Dokter Mobil ucapkan Terimakasih dan Salam Otomotif. Anda bisa menghubungi admin Rustpro untuk mendapatkan service-service yang ada di Rustpro dengan menghubungi admin Rustpro di (klik disini).

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !