❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Lontar Surabaya

Kaca Film Mobil Gelap Berapa Persen yang Paling Tepat?

Kaca film mobil gelap berapa persen – Kaca mobil bukan hanya berguna untuk penghalang angin pada saat Anda melaju.

Tetapi, kaca mobil juga berfungsi untuk menjaga privasi dari penumpang yang ada di dalam mobil.

Untuk itu, saat ini sudah ada banyak varian dari kaca film mobil yang memiliki tingkat kegelapan tertentu.

Di mana pada tingkat kegelapan tersebut, akan disesuaikan dengan kebutuhan dari pemilik mobil.

Kaca film pada mobil sendiri memang tingkat kegelapan mulai dari 40 persen sampai dengan tingkat yang paling gelap yaitu 80 persen.

Kebanyakan orang saat ini menggunakan kaca film mobil yang sangat gelap yaitu sekitar 80%.

Padahal, nyatanya aturan dari penggunaan kaca film ini sudah diatur oleh Kementerian Perhubungan. Lalu, kiranya kaca film mobil gelap berapa persen yang seharusnya dipakai?

Kaca Film Mobil Gelap Berapa Persen untuk Kaca Mobil Bagian Depan?

Kaca Film Mobil Gelap Berapa Persen untuk Kaca Mobil Bagian Depan

Kaca film mobil memang cukup banyak digunakan oleh para pemilik mobil akhir-akhir ini.

Banyak dari mereka yang menggunakan kaca film mobil dengan tingkat kegelapan yang cukup pekat.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Padahal, nyatanya tingkat kegelapan dari kaca film mobil tidak boleh terlalu pekat.

Hal ini bahkan juga sudah dijelaskan pada peraturan yang dikeluarkan oleh pihak kementerian yang bertanggung jawab terhadap kendaraan dan perhubungan.

Oleh karena hal itu, disini kami akan membahas tentang kaca film mobil gelap berapa persen yang seharusnya digunakan.

Sehingga, jika Anda ingin memasang kaca film mobil Anda bisa memilih kaca film dengan tingkat kegelapan yang tepat.

Untuk pemasangan kaca film mobil di bagian kaca depan, menurut dari aturan yang ada, sebaiknya hanya gunakan tingkat kegelapan sebesar 20 persen saja.

Dengan tingkat kegelapan 20 persen ini,  Anda tetap bisa melihat jalanan di depan dengan baik dari dalam kabin mobil.

Tetapi, jika Anda masih merasa bahwa tingkat kegelapan 20 persen tersebut masih terlalu terang, maka usahakan untuk menggunakan tingkat kegelapan kaca film maksimal 40 persen dan jangan lebih.

Kaca film mobil untuk bagian depan memang diatur untuk memiliki nilai maksimal kegelapan 40 persen.

Hal ini karena tingkat kegelapan ini sudah cukup untuk menghalau sinar matahari yang terlalu silau dan juga terik di siang hari.

Apabila kegelapan melebihi batas maksimal yang dianjurkan, maka dikhawatirkan pengendara akan kesulitan melihat pandangan ke jalan, sehingga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Lalu, bagaimana dengan mobil yang sering digunakan pergi keluar kota? Kaca film mobil gelap berapa persen yang harus digunakan untuk mobil jenis ini?

Untuk mobil dengan kegunaan pergi keluar kota, Anda cukup menggunakan tingkat kegelapan maksimal 20 persen saja dan jangan lebih.

Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya gangguan pandangan pada saat Anda berkendara jauh di jalan yang redup.

Kaca Film Mobil Gelap Berapa Persen untuk Kaca Mobil di Bagian Sisi Pengemudi?

Setelah mengetahui tentang tingkat kegelapan yang disarankan pada kaca film bagian depan, selanjutnya Anda juga perlu memperhatikan tentang kaca film mobil gelap berapa persen untuk di bagian samping pengemudi.

Untuk kaca film mobil dibagian samping mobil ini, biasanya tingkat kegelapannya akan menyesuaikan dengan kegelapan kaca film bagian depan.

Jadi, jika kaca film mobil bagian depan sudah menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan 20 persen, maka sebaiknya jangan memasang kaca film yang terlalu gelap untuk digunakan di kaca bagian samping kiri dan juga kanan pengemudi.

Hal ini karena pada saat mata Anda terlalu sering melihat kaca di bagian depan mobil yang terang, kemudian berubah menjadi melihat kaca spion melalui kaca di bagian sisi samping yang gelap. Anda tentunya akan menjadi kesulitan untuk bisa menangkap bayangan dengan jelas.

Sebab, mata kita akan butuh waktu yang lama untuk bisa menangkap bayangan di bagian spion mobil.

Sehingga, jika Anda bertanya, kaca film mobil gelap berapa persen untuk di bagian samping, maka jawabannya adalah sekitar 40 persen saja dan hal ini sudah cukup.

Kenapa 40 persen? Selain karena sudah diatur oleh pihak Kementerian Perhubungan,  juga karena pada bagian kaca film depan mobil sudah dirancang secara standar menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan sebesar 20 persen.

Kemudian, apabila Anda memasang kaca film mobil dengan tingkat kegelapan 40 persen di bagian depan, maka Anda dapat menggunakan kaca film mobil yang sedikit lebih gelap untuk bagian samping, yaitu sekitar 60% guna mendapatkan kenyamanan saat berkendara.

Baca Juga: 3 Tips Agar Kenyamanan Berkendara Mobil Tetap Terjaga

Kaca Film Mobil Gelap Berapa Persen untuk Digunakan di Bagian Kaca Belakang Mobil?

Setelah mengetahui tentang kaca film mobil gelap berapa persen untuk digunakan di bagian depan dan juga samping, Anda juga harus tahu tentang tingkat kegelapan dari kaca film mobil yang bisa digunakan untuk kaca belakang mobil.

Untuk pemasangan kaca film mobil yang ada di bagian belakang, apabila pada bagian spion dalam di mobil Anda memiliki fitur rayben mode, maka, Anda bisa menggunakan kaca belakang mobil dengan tingkat kegelapan sebesar 20 persen atau 40 persen, tidak lebih.

Namun jika pada bagian spion mobil Anda belum memiliki mode rayben, kaca film mobil gelap berapa persen yang perlu digunakan?

Anda bisa menggunakan kaca film mobil dengan tingkat kegelapan 60 persen.

Hal ini bertujuan untuk menghindari silau yang terjadi dari pantulan lampu mobil yang ada di bagian belakang mobil kita melalui spion tengah.

Untuk tingkat kegelapan yang digunakan pada kaca film mobil di bagian belakang, sebaiknya jangan pernah menggunakan kaca film mobil dengan tingkatan kegelapan sebesar 80%.

Hal ini karena dapat menyulitkan Anda saat harus berjalan mundur khususnya pada saat malam hari.

Domo Film: Solusi Kaca Film Mobil Berkualitas

RUSTPRO Window Film Protection

RustPro menawarkan layanan pemasangan kaca film mobil dengan beragam pilihan kaca film premium.

Salah satu produk kaca film unggulan yang tersedia di RustPro adalah yang diproduksi oleh Dokter Mobil Indonesia, yakni kaca film Domo Film.

Domo Film hadir serangkaian fitur canggih, seperti perlindungan dari sinar UV hingga 99%, resistensi terhadap sinar infra merah, serta kapabilitasnya dalam menjaga privasi pengendara dan penumpang saat di dalam mobil.

Tidak hanya itu, Domo Film juga dilengkapi dengan fitur pelindung untuk permukaan kaca mobil.

Berbekal fitur-fitur tersebut, kaca film ini dirancang untuk menangkal potensi kerusakan akibat benturan atau retakan, sehingga dapat meminimalisir potensi bahaya bagi penumpang.

Keunggulan Domo Film lainnya adalah garansinya yang bisa tahan hingga 8 tahun, sehingga memberikan keyakinan bahwa kaca film ini tahan lama dan dapat memperindah tampilan mobil favorit Anda.

Jadi, bagi Anda yang sedang mencari layanan pemasangan kaca film mobil, RustPro adalah destinasi yang tepat dengan jaminan garansi produk.

Untuk informasi lebih detail dan pemesanan jadwal layanan, Anda dapat menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678.

Anda juga bisa mengunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia untuk melihat konten-konten menarik seputar layanan RustPro lainnya, seperti layanan anti karat mobil dan coating & detailing.

Jika Anda berdomisili di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa mendapatkan layanan pemasangan kaca film mobil dari bengkel-bengkel cabang RustPro berikut ini.

RustPro Kelapa Gading

Alamat: Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

Google Maps: klik di sini

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

Google Maps: klik di sini

RustPro Kalimalang

Alamat: Jl. Inspeksi Kalimalang Kota No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Google Maps: klik di sini

RustPro Bintaro

Alamat: Ruko, Graha Nusantara, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330.

Google Maps: klik di sini