❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Kenapa Kolong Mobil Karatan dan Bagaimana Cara Mengatasinya

kenapa kolong mobil karatan dan cara mengatasinya

Serangan karat pada mobil adalah momok yang menakutkan bagi para pemiliknya.

Karat bisa diibaratkan sebagai serangan kanker yang akan menjalar bila tidak ditangani dengan tepat.

Dengan hanya satu titik kecil saja pada bagian mobilmu, karat akan semakin meluas ke bagian lainnya.

Kolong mobil adalah tempat yang paling rawan untuk timbulnya karat pertama kali. Kenapa kolong mobil karatan dan bagaimana cara mengatasinya? rustpro.id akan membahasnya dibawah ini.

Kenapa Kolong Mobil Karatan?

Kolong mobil yang berkarat biasanya terjadi karena proses interaksi antara logam mobil dengan air atau kotoran.

Reaksi dari ketiga elemen inilah yang menyebabkan korosi. Tetapi segala macam reaksi ini mulai bisa ditanggulangi dengan lapisan anti karat.

Serangan karat pada kolong mobil paling sering ditemui. Kenapa kolong mobil karatan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Diantaranya adalah reaksi kimia, pelindung yang terkelupas, cuaca, air hujan dan lain-lain. Semua ini akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Proses Kimia Antara Logam Dan Udara

Karat pada proses kimia terjadi akibat proses pertemuan logam yang dilambangkan dengan Fe dengan udara yang dilambangkan dengan O2 atau air yang dilambangkan dengan H2O.

Reaksi kimia dari ketiga bahan ini menimbulkan karat yang dilambangkan dengan Fe2O3.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Maksud dari bahasa ini secara awam adalah reaksi oksidasi yang timbul antara material metal dengan oksigen dari udara.

2. Terkelupasnya Pelindung Anti Karat

Mobil terutama bagian kolong mobil mempunyai resiko yang sangat besar akan terjadi nya karat ini.

Hal ini disebabkan karena bahannya yang menggunakan logam besi.

Walaupun lapisan antikarat sekarang sudah mulai digunakan, tetapi kelembaban udara dan air hujan sangat berpengaruh.

Belum lagi apabila terjadi benturan atau gesekan dengan benda lain menyebabkan lapisan itu terkelupas.

Apabila lapisan pelindung anti karat ini hilang, bisa dipastikan materi besi yang terekspose akan mengalami proses oksidasi kembali.

Hal inilah yang dapat memicu kenapa kolong mobil karatan. Bila tidak segera diketahui dan diatasi. Sudah pasti kerusakan yang lebih besar akan terjadi.

3. Usia Logam Yang Sudah Lama

Usia logam sangat mempengaruhi timbulnya karat pada mobilmu. Apabila mobilmu termasuk kedalam barang antik, tentu saja akan mempengaruhi proses oksidasi pada logamnya menjadi lebih cepat.

Hal inilah yang mendorong karat lebih gampang ditemukan di kolong mobil. Tetapi sebenarmya kenapa kolong mobil karatan masih ada cara yang bisa memperlambat dan bahkan mencegah terjadinya proses oksidasi tersebut.

4. Kelembaban Tinggi Di Daerah Pesisir Pantai Dan Air Laut

Apabila kamu tinggal di kawasan pesisir pantai, maka hal ini juga bisa menjadi penyebab cepatnya karat muncul di kolong mobilmu.

Kenapa kolong mobil karatan dengan cepat? Ternyata kelembaban tinggi di daerah pesisir pantai sangat mempengaruhi cepatnya proses terjadinya karat di mobilmu.

Selain kelembaban tinggi, air laut yang sering mengenai kolong mobil juga sangat mempercepat proses terjadinya karat.

Oleh karena inilah, sebagai pemilik mobil kita wajib memperhatikan kebersihan mobil kita. Sering merawat mobil dengan perlakuan yang extra hati-hati.

Tetapi juga jangan menjadi khawatir berkepanjangan, karena semua masalah ini juga dapat diatasi dengan perawatan yang tepat untuk mencegah terjadinya karat.

5. Seringnya Melewati Genangan Air Dan Lumpur

Apabila kamu aktif bepergian dan tinggal di daerah yang banyak genangan airnya ataupun lumpur.

Hal ini tentu saja sangat berpengaruh pada kesehatan mobilmu. Mobil yang sering melewati genangan air kotor dan lumpur yang bisa menempel di kolong mobil bila tidak cepat dibersihkan akan menyebabkan karat.

Kenapa kolong mobil karatan tentu saja karena proses oksidasi antara kotoran yang menempel dengan logam yang ada di kolong mobil.

Mencuci mobil adalah jalan untuk menghilangkan kotoran membandel. Tetapi perlu diingat untuk membersihkan kolong mobil secara lebih mendetail.

Karena karat bisa saja muncul disana. Namun jangan terlalu takut, karena ada beberapa solusi yang bisa digunakan untuk mencegah timbulnya karat ini.

Dibaca Juga: Lindungi Mobil Anda Dengan Jasa Pasang Anti Karat Mobil Bekasi

Bagaimana Cara Mengatasi Kolong Mobil Karatan?

Mobil kamu wajib untuk dicek secara berkala agar terjaga kesehatannya. Jangan hanya mengecek keadaan body dan mesin mobil saja.

Tetapi cek juga komponen lain yang jarang terlihat seperti kolong mobilmu. Bagaimana cara mengatasi kenapa kolong mobil karatan adalah sebagai berikut :

Mulai untuk Mengikis Karat

Langkah pertama dalam mengatasi kolong mobil yang berkarat adalah mengikis karat yang sudah ada.

Ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat pengikis khusus atau kertas pasir untuk menghilangkan semua karat dari permukaan logam.

Proses ini mungkin memakan waktu dan memerlukan usaha, tetapi sangat penting untuk menghentikan penyebaran karat lebih lanjut.

Pastikan untuk mengenakan perlindungan seperti masker dan sarung tangan saat melakukan proses pengikisan untuk menghindari iritasi dan cedera.

Mengganti Komponen yang Berkarat

Dalam beberapa kasus, karat mungkin telah menyebabkan kerusakan yang cukup parah sehingga komponen tertentu perlu diganti.

Ini terutama berlaku untuk bagian-bagian yang kritis bagi keselamatan dan kinerja mobil, seperti bagian sasis atau dukungan struktural lainnya.

Mengganti komponen yang berkarat bukan hanya akan memperbaiki penampilan mobil, tetapi juga memastikan keamanan dan kehandalan kendaraan.

Menggunakan Larutan Penetral Karat

Setelah proses pengikisan selesai, menggunakan larutan penetral karat merupakan langkah berikutnya yang penting.

Larutan ini dirancang untuk bereaksi dengan sisa karat dan menghentikan proses korosi.

Aplikasikan larutan penetral ini secara merata pada area yang terkena dan biarkan mengering sesuai dengan petunjuk.

Ini akan membantu mencegah karat kembali berkembang dan mempersiapkan permukaan untuk perlindungan lebih lanjut.

Mencegah Terjadinya Karat di Kolong Mobil

Pencegahan adalah kunci dalam menangani karat. Setelah Anda mengatasi karat yang ada, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya karat di masa depan. Ini termasuk:

Aplikasi Pelindung Anti Karat

Gunakan cat atau pelapis anti karat khusus untuk melindungi kolong mobil. Pastikan untuk memilih produk yang tahan terhadap kelembaban dan kondisi keras.

Pemeliharaan Berkala

Bersihkan kolong mobil secara rutin, terutama setelah melewati genangan air atau lumpur, untuk menghilangkan garam dan kotoran yang dapat menyebabkan karat.

Inspeksi Berkala

Lakukan inspeksi berkala di bengkel untuk memeriksa adanya tanda-tanda awal karat dan mengatasinya sebelum menjadi masalah serius.

Baca Juga: Berapa Lama Anti Karat Mobil Kering Maksimal?

Cegah Mobil Berkarat dan Keropos bersama RustPro! Garansi 8 Tahun

Jangan biarkan karat menggerogoti dan merusak mobil kesayangan Anda. Dengan RustPro, Anda dapat menikmati perlindungan optimal terhadap korosi dengan layanan anti karat yang berkualitas dan tahan lama.

Melalui layanan anti karat mobil, RustPro menawarkan solusi komprehensif dengan garansi 8 tahun yang akan menjamin mobil Anda terlindung dari kerusakan dan keropos akibat korosi.

Keunggulan layanan ini bukan hanya pada kualitasnya yang unggul, tetapi juga pada nilai ekonomis yang ditawarkan.

RustPro juga menyediakan layanan penyemprotan ulang cat anti karat secara GRATIS setiap tahunnya.

Ini berarti Anda bisa menjaga mobil Anda dalam kondisi prima tanpa biaya tambahan, menjadikan perawatan mobil jauh lebih hemat dan efisien.

Segera booking layanan anti karat mobil di RustPro sebelum antreannya terisi penuh! Hubungi CS kami melalui WA di nomor 0812-1130-9522!

Buat Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda bisa mengunjungi cabang RustPro yang beralamat di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Demikianlah beberapa penjelasan tentang kenapa kolong mobil karatan dan bagaimana mengatasinya.

Dengan perawatan mobil yang rutin dan baik akan mencegah kolong mobilmu dari bahaya karat.

Karat pada kolong mobil adalah masalah umum yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari proses kimia alami antara logam dan udara hingga kondisi lingkungan tertentu.

Memahami penyebab utama dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat adalah kunci untuk menjaga kendaraan Anda tetap dalam kondisi terbaik.

Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat memperpanjang masa pakai mobil dan menjaga keamanan serta estetika kendaraan Anda.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility