❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

9 Komponen Mobil yang Harus Dicek sebelum Mudik

komponen mobil yang harus dicek sebelum mudik

Mudik merupakan tradisi tahunan yang dinanti-nantikan banyak orang, terutama umat muslim di Indonesia ingin yang merayakan ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.

Namun, perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan dapat berpotensi membahayakan jika mobil Anda tidak dalam kondisi prima.

Nah, kali ini rustpro.id akan membagikan informasi tentang apa saja komponen mobil yang harus dicek sebelum mudik.

So, berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Komponen Mobil yang Harus Dicek sebelum Mudik

Inilah 10 (sepuluh) komponen mobil yang wajib Anda cek sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman:

1. Rem

Sistem rem merupakan salah satu komponen mobil yang wajib dicek menunjang keselamatan berkendara saat mudik ke kampung halaman.

Pastikan kondisi rem mobil Anda dalam keadaan prima dengan memeriksa bagian-bagian seperti kampas, cakram, minyak, dan selang rem.

Periksakan ketebalan kampas rem dan pastikan masih dalam batas aman untuk dipakai perjalanan jauh.

Kemudian, pastikan juga tidak ada kerusakan pada bagian cakram rem. Hal ini penting untuk memastikan rem berfungsi optimal untuk mengurangi laju mobil.

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa kondisi selang rem untuk memastikan tidak ada kebocoran.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

2. Sabuk dan Selang Radiator

Sabuk dan selang radiator adalah komponen mobil yang berperan penting dalam menjaga temperatur mesin.

Sebelum melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, pastikan Anda memeriksa kondisi kedua komponen ini untuk memastikan tidak ada keretakan, aus, ataupun kebocoran.

Dengan begitu, tentunya Anda dapat melakukan perjalanan mudik lebih nyaman dan aman.

3. Aki

Selanjutnya, komponen mobil yang harus dicek sebelum mudik adalah aki mobil itu sendiri.

Aki merupakan sumber energi utama mobil. Oleh karena itu, pastikan aki mobil Anda dalam kondisi prima dengan memeriksa tegangan dan terminalnya.

Pastikan tegangan aki sesuai dengan spesifikasinya. Selain itu, pastikan juga tidak ada karat atau korosi yang menggerogoti bagian terminal aki.

Hal ini agar aki mobil dapat berfungsi optimal dalam menyalurkan aliran listrik ke berbagai komponen elektrik, seperti lampu, audio, wiper, dan lain-lain.

Jangan lupa juga untuk membersihkan aki supaya tidak menyebabkan karat yang bisa mempengaruhi kinerja aki.

4. Sistem Pengisian Bahan Bakar

Komponen mobil berikutnya yang wajib dicek sebelum dipakai mudik adalah bagian sistem pengisian bahan bakar.

Periksa bagian filter bahan bakar. Segera ganti komponen ini jika sudah kotor.

Selain itu, pastikan juga tidak ada kebocoran pada selang dan tangki bahan bakar. Hal ini penting untuk meminimalisir terjadinya kebakaran akibat percikan api.

5. Sistem AC

Sistem AC adalah komponen mobil yang harus dicek sebelum mudik karena penting untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan.

Periksa tekanan freon dan pastikan sesuai dengan spesifikasi. Selain itu, Anda juga perlu mengganti filter AC jika kondisinya sudah kotor.

Tidak ketinggalan kompresor AC juga perlu Anda cek kondisinya untuk memastikan masih berfungsi dengan baik.

6. Oli Mesin

Komponen mobil yang juga wajib dicek sebelum perjalanan mudik adalah oli mesin yang berperan penting dalam menjaga performa mesin.

Periksa volume oli mobil Anda dan pastikan sesuai dengan batas aman.

Kemudian, pastikan juga oli tidak berwarna coklat tua atau hitam, karena ini menandakan oli sudah kotor dan perlu diganti.

7. Wiper

Wiper adalah komponen mobil yang sangat penting untuk menjaga visibilitas pengemudi saat hujan. Sehingga, komponen ini juga tidak boleh ketinggalan untuk dicek sebelum mudik.

Periksa kondisi karet wiper dan motor wiper. Pastikan tidak ada kerusakan dan wiper dapat bergerak dengan baik.

Selaini tu, Anda juga perlu memeriksa ketersediaan air wiper supaya dapat membersihkan kaca mobil ketika terkena lumpur jalanan.

8. Lampu

Lampu mobil merupakan komponen mobil yang harus dicek sebelum mudik karena beperan penting untuk menerangi jalan saat berkendara di malam hari.

Pastikan seluruh lampu, mulai dari lampu utama atau lampu senja, lampu dim atau lampu jauh, lampu sein, dan lampu rem berfungsi dengan baik.

Jika terdapat lampu yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka periksa bagian kelistrikannya untuk mengecek barangkali terdapat kabel yang putus atau tidak.

9. Ban

Terakhir, komponen mobil yang harus dicek sebelum mudik adalah seluruh ban. Komponen mobil yang satu ini merupakan satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan.

Oleh karena itu, penting untuk Anda memeriksa tekanan angin ban dan kondisi ban.

Periksa apakah tekanan angin ban sudah sesuai spesifikasi mobil atau belum. Kemudian, periksa juga apakah kondisi ban masih layak pakai atau tidak.

Jika sudah botak ada terdapat kerusakan, maka jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru agar perjalanan Anda aman.

Baca Juga: 7 Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

Pastikan Kolong Mobil Bebas Karat sebelum Mudik! Bawa ke RustPro Sekarang!

Mudik adalah momen spesial yang ditunggu-tunggu menjelang hari raya Lebaran untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Namun, perjalanan mudik yang panjang dan melewati berbagai medan jalan dapat memperparah kondisi karat pada kolong mobil.

Karat yang dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan parah pada struktur mobil dan membahayakan keselamatan Anda dan keluarga.

Apabila kerusakan sudah sampai mempengaruhi struktur atau sasis mobil, maka biaya perbaikannya pun bisa sangat mahal, bahkan hingga Rp 20 juta.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan kolong mobil Anda bebas karat sebelum mudik. Percayakan perawatan mobil Anda kepada RustPro, solusi anti karat mobil terpercaya dengan garansi 8 tahun!

Kami menggunakan cat anti karat berbahan rubber yang tahan air, sehingga aman untuk digunakan ketika mobil melewati genangan air dan saat cuaca hujan sekali pun.

Untuk metode pengaplikasiannya, kami menggunakan alat lifter yang berfungsi untuk mengangkat mobil, sehingga seluruh komponen di bagian kolong mobil dapat terlihat dengan jelas.

Hal ini memastikan pengaplikasian anti karat pada mobil dapat dilakukan secara menyeluruh dan maksimal.

Jangan biarkan karat merusak mobil Anda dan membahayakan perjalanan mudik Anda! Reservasikan kedatangan Anda di RustPro sekarang melalui WhatsApp di nomor 0812-1130-9522!

Buat Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, silahkan datang dan kunjungi cabang RustPro berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.68, RT.3/RW.19, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itulah dia sejumlah komponen mobil yang harus dicek sebelum mudik ke kampung halaman.

Perawatan dan pemeriksaan rutin pada mobil merupakan kunci utama untuk memastikan kelancaran dan keselamatan perjalanan mudik Anda.

Lakukan pemeriksaan di bengkel terpercaya supaya ditangani langsung oleh ahlinya dan hasilnya bisa lebih optimal dibandingkan Anda melakukannya sendiri.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility