❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Konsumsi BBM Toyota Fortuner, Se-Boros itu Kah?

konsumsi bbm toyota fortuner

Toyota Fortuner, sebagai salah satu SUV favorit di Indonesia, menawarkan kombinasi antara gaya, keandalan, dan kinerja yang tangguh.

Namun, sebagai kendaraan bertenaga dengan mesin bensin yang besar, efisiensi konsumsi bahan bakar bisa menjadi perhatian bagi para pemilik Toyota Fortuner.

Konsumsi bahan bakar yang tinggi dapat mempengaruhi biaya operasional dan berkontribusi pada dampak negatif terhadap lingkungan.

Dalam artikel ini, rustpro.id akan membahas secara mendalam tentang konsumsi BBM Toyota Fortuner dan bagaimana Anda dapat meningkatkan efisiensinya.

Kami juga akan memberikan berbagai tips praktis yang dapat membantu Anda melakukan perjalanan lebih hemat, menjaga kantong Anda, dan pada saat yang sama, memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dengan mengurangi emisi gas buang.

Konsumsi BBM Toyota Fortuner

Sebelum menghitung jumlah konsumsi BBM dari mobil Toyota Fortuner, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Toyota Fortuner memili dua varian mesin, yakni ada yang bermesin diesel dan ada yang bermesin bensin.

Perbedaan konsumsi BBM Toyota Fortuner bensin dan diesel dapat terlihat jelas ketika dihitung dari penggunaan perjalananannya.

Menurut data, rata-rata konsumsi BBM Toyota Fortuner bermesin bensin yang digunakan untuk perjalanan dalam kota dapat menghabiskan 9km/liter bahan bakar dengan kondisi jalan yang padat.

Sedangkan untuk perjalan luar kota, rata-rata konsumsi bahan bakar Toyota Fortuner bensin dapat menghabiskan sebanyak 11km/liter dengan kondisi jalan yang relatif sepi dan lurus.

Sementara itu, rata-rata konsumsi BBM Toyota Fortuner bermesin diesel yang dihabiskan untuk perjalanan dalam adalah sebanyak 12km/liter.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Kemudian untuk perjalanan luar kota, Toyota Fortuner diesel dapat menghabiskan rata-rata konsumsi bahan bakar sebanyak 16km/liter.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Kolong Fortuner Karatan yang Membandel

Tips Hemat Konsumsi BBM Toyota Fortuner

Berikut kami sajikan sejumlah tips supaya Anda dapat menghemat konsumsi bahan bakar dari penggunaan mobil Toyota Fortuner:

1. Pilih Waktu Berkendara yang Tepat

Penting untuk memilih waktu berkendara yang tepat, terutama saat berada di dalam kota atau di area dengan lalu lintas padat.

Berusaha menghindari jam-jam sibuk dan macet dapat membantu Anda menghindari banyak berhenti dan berjalan lambat, yang dapat mengurangi efisiensi bahan bakar.

Jika memungkinkan, manfaatkan jalur alternatif yang lebih lancar dan kurangi kebiasaan “stop and go” yang sering, karena itu bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

2. Perawatan Rutin dan Berkala

Perawatan yang rutin dan berkala merupakan kunci untuk menjaga performa mesin dan efisiensi konsumsi BBM Toyota Fortuner Anda.

Pastikan untuk mengikuti jadwal perawatan yang direkomendasikan oleh pabrikan, termasuk penggantian oli secara tepat waktu, pembersihan filter udara, dan pengecekan sistem bahan bakar.

Mesin yang bersih dan berada dalam kondisi optimal akan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

3. Periksa Tekanan Ban Secara Rutin

Tips hemat konsumsi bahan bakar Toyota Fortuner selanjutnya adalah rutin memeriksa tekanan ban.

Tekanan ban yang kurang optimal dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa tekanan ban secara rutin dan menjaga tekanan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Ban yang memiliki tekanan yang tepat akan membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan juga memperpanjang umur ban.

4. Hindari Beban Berlebihan dan Atur Beban dengan Baik

Kemudian, cara meningkatkan efisiensi konsumsi BBM Toyota Fortuner selanjutnya adalah dengan menghindari membawa beban berlebih.

Bawaan yang berlebihan dan terlalu berat pada Toyota Fortuner dapat menyebabkan beban mesin yang lebih berat dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

Pastikan untuk mengatur beban dengan baik dan hindari membawa barang-barang yang tidak perlu.

Kurangi penggunaan roof rack jika tidak diperlukan, karena hal ini dapat meningkatkan resistensi udara dan mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

5. Gunakan Akselerasi dan Rem Secara Halus

Cara mengemudi yang agresif, seperti akselerasi dan pengereman yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan peningkatan konsumsi BBM Toyota Fortuner

Cobalah untuk menggunakan akselerasi dan rem secara halus dan berhati-hati, sehingga mesin tidak bekerja terlalu keras dan efisiensi bahan bakar tetap terjaga.

6. Manfaatkan Fitur ECO Mode

Banyak Toyota Fortuner dilengkapi dengan fitur ECO Mode, terutama pada Toyota Fortuner keluaran terbaru tahun 2023 ini, yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mengatur kinerja mesin.

Ini merupakan teknologi penghematan bahan bakar terbaru pada Toyota Fortuner.

Aktifkan ECO Mode saat berkendara di jalanan yang datar dan kondisi lalu lintas yang normal agar dapat meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar Toyota Fortuner.

Berkat fitur ini, konsumsi bahan bakar Toyota Fortuner 2023 dapat lebih hemat kinerja mesin yang lebih optimal.

7. Matikan Mesin saat Berhenti Lama

Jika Anda berhenti dalam kondisi yang memungkinkan untuk beberapa waktu, seperti saat menunggu lama di tempat parkir atau menunggu di lampu merah, pertimbangkan untuk mematikan mesin.

Mesin yang tetap hidup saat berhenti dalam waktu lama akan tetap mengonsumsi bahan bakar tanpa memberikan manfaat apapun.

Namun, pastikan untuk menghidupkan mesin kembali secara halus agar tidak menyebabkan tekanan yang berlebihan pada komponen mesin.

8. Hindari Menginjak Gas saat Melewati Jalanan Menurun

Tips menghemat konsumsi BBM Toyota Fortuner berikutnya adalah hindari menginjak gas saat melewati jalanan menurun.

Alih-alih menginjak gas terus-menerus, lebih baik gunakan rem secara bijaksana.

Hal ini akan membantu Anda menghemat bahan bakar dan juga mencegah pemakaian rem yang berlebihan, yang dapat menyebabkan pemanasan berlebih pada sistem pengereman.

9. Hindari Membuka Jendela di Kecepatan Tinggi

Membuka jendela mobil saat berkendara dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan peningkatan resistensi udara dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

Saat berkendara di jalan raya atau dengan kecepatan tinggi, lebih baik gunakan sistem pendingin udara daripada membuka jendela untuk menjaga kenyamanan dan efisiensi.

10. Pertimbangkan Penggunaan Premium Fuel

Tips hemat bahan bakar Toyota Fortuner yang terakhir adalah pertimbangkan untuk menggunakan premium fuel atau bensin dengan oktan yang tinggi.

Meskipun Toyota Fortuner dirancang untuk menggunakan bensin oktan 92, ada beberapa versi yang direkomendasikan menggunakan bensin oktan 95 atau lebih tinggi.

Jika memungkinkan dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan, pertimbangkan untuk menggunakan premium fuel dengan oktan yang lebih tinggi.

Meskipun harganya sedikit lebih mahal, bensin premium cenderung memiliki nilai oktan yang lebih tinggi, sehingga dapat memberikan pembakaran yang lebih efisien dan dapat meningkatkan performa serta efisiensi bahan bakar.

Rela Uang Rp 15 Juta untuk Restorasi Mobil Fortuner Keropos? Cegah bersama RustPro!

Sama seperti mobil-mobil lainnya, Toyota Fortuner juga rentan terkena karat atau korosi.

Hal ini karena korosi dapat terjadi akibat proses oksidasi yang berasal dari zat kimia korosif, seperti air hujan, debu, dan kerikil jalanan.

Karat dan korosi merupakan penyebab utama mobil keropos. Jika mobil sudah keropos, maka biaya restorasinya bisa menghabiskan uang hingga Rp 15 juta.

Supaya Anda tidak rugi hingga belasan atau puluhan juta untuk memperbaiki mobil Toyota Fortuner yang keropos, RustPro menawarkan solusi untuk mencegahnya melalui layanan anti karat mobil dengan jaminan garansi selama 8 tahun.

Bersama kami, mobil Anda dijamin akan terhindar dari karat penyebab keropos hingga jangka waktu bertahun-tahun.

Anda pun dapat melakukan perawatan berkala berupa penyemprotan ulang anti karat setiap tahunnya secara GRATIS. Jadi, dijamin hemat biaya deh!

Segera atur jadwal layanan di RustPro sekarang dengan menghubungi tim Layanan Pelanggan kami melalui WhatsApp di nomor 0812-1130-9522!

Selain layanan anti karat, RustPro juga menyediakan berbagai layanan perawatan kendaraan lainnya, termasuk perawatan coating & detailing serta pemasangan kaca film.

RustPro memiliki cabang workshop yang tersebar di berbagai lokasi di wilayah Jabodetabek, Cirebon, dan Surabaya.

RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro cabang Cirendeu

Alamat: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

RustPro cabang Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro cabang Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itulah beberapa informasi seputar konsumsi BBM Toyota Fortuner. Kesimpulannya, boros atau tidak penggunaan bahan bakar pada mobil Toyota Fortuner bergantung pada cara Anda mengemudi dan kondisi jalan yang dilewati.

Semakin sering Anda menginjak pedal gas saat melewati jalanan menurun, atau semakin sering Anda melewati jalanan yang padat dan macet, maka konsumsi bahan bakar yang dihabiskan pun akan semakin besar.

Namun, dengan melakukan tips tentang cara menghemat bahan bakar Toyota Fortuner di atas, Anda tentu dapat meminimalisir pemborosan dalam penggunaan bahan bakar.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility