Membuat Mobil Tetap Prima

Membuat mobil tetap prima adalah sebuah kondisi yang diinginkan oleh setiap pemilik mobil. Untuk mencapai kondisi seperti ini diperlukan sebuah perawatan mobil yang baik secara rutin. Sebuah mobil tampil prima atau tidak tergantung perawatan itu sendiri. Dalam hal ini, setiap orang tentu mengharapkan mobilnya selalu tampil prima pada saat digunakan. Jika anda menginginkan mobil selalu tampil prima maka ada beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk mencapainya.

Dengan tingginya tingkat mobilitas manusia jaman  sekarang ini tentu dibutuhkan sarana transportasi mobil yang prima untuk menempuh jarak jauh maupun jarak dekat dengan intensitas perjalanan yang tinggi. Namun seringkali akibat kesibukan sehari-hari membuat seorang pemilik mobil tidak begitu memperhatikan perawatan pada mobilnya. Sehingga mobilnya dapat dengan mudah mengalami kerusakan.

Mempunyai mobil menjadi sebuah keharusan untuk merawatnya secara baik dan rutin. Biaya anggaran keuangan untuk perawatan mobil harus dipersiapkan dengan baik. Jika seorang pemilik kendaraan kelupaan dalam merawat mobil maka akan berbahaya bagi mobil bersangkutan karena performa mobil bisa menurun drastis. Apalagi untuk mobil-mobil keluaran lama dibutuhkan perawatan yang baik dan telaten.

Apabila pemeliharaan mobil sangat kurang telaten akan membuat dampak tak baik bagi kendaraan bermotor yakni mobil tersebut. Seperti mobil akan mudah mendapatkan kerusakan ringan sampai berat. Apalagi pemakaian mobil sangat lama dengan jarak jauh dan jalan mengalami kemacetan dan kepadatan. Hal tersebut akan membuat kerja mobil bertambah berat yang akan membuat suku cadang bagian mobil bekerja keras dan cepat aus. Untuk mencegah kerusakan pada mobil yang perlu dipikirkan adalah bagaimana cara merawat mobil dengan baik supaya membuat mobil tetap prima.

Membuat Mobil Tetap Prima

Membuat Mobil Tetap Prima

Berikut ini beberapa langkah dan upaya perawatan yang bisa anda lakukan untuk membuat mobil tetap prima dan awet, antara lain:

1.Melakukan pengecekan pada bagian rem dan kopling

Salah satu komponen yang sangat penting dari kendaraan bermotor seperti mobil adalah bagian rem. Jika rem mengalami kerusakan akan sangat berbahaya bagi kendaraan bermotor mobil tersebut karena akan menjadi pemicu terjadinya kecelakaan seperti rem mobil blong.

Berdasarkan ketentuan buku manual yang dikeluarkan oleh pabrikan untuk keselamatan dan keamanan kendaraan maka setiap kendaraan mobil baru yang telah menempuh jarak 10 ribu kilometer mesti dilakukan pengecekan kondisi mobil untuk memastikan semua berfungsi baik pada bagian rem mobil dan kopling. Begitu juga saat mobil anda telah memasuki 50 ribu kilometer dan 100 ribu kilometer mesti dilakukan pengecekan kondisi mobil agar semuanya dipastikan dalam kondisi terbaik. Terutama rem dan kampas kopling.

Kopling mobil yang mengalami kerusakan atau aus dapat dirasakan ketika sedang melakukan perpindahan gigi relatif berat. Sebaiknya kampas kopling yang aus harus diganti dengan kampas kopling baru. Kemudian perlu diperhatikan juga bagian rem mobil agar berfungsi baik. Pengecekan rem mobil mesti dilakukan secara rutin di setiap mobil sudah menempuh 20 ribu kilometer. Dengan cara ini dapat membuat mobil tetap prima.

2.Penggantian air radiator

Membuat mobil tetap prima selanjutnya adalah dengan memperhatikan air radiator. Pastikan secara berkala air radiator diganti. Hal tersebut bermanfaat untuk membuat dingin mesin mobil sekaligus menghindari peristiwa over heating mobil.

Jika keadaan radiator tak bagus maka dampaknya mesin mobil gampang sekali panas  atau over heat hingga beberapa komponen mesin mobil menderita kerusakan ringan dan berat.  Hingga harus turun mesin. Oleh sebab itu, pemilik mobil sedapat mungkin menghindari overheat pada mobil. Salah satunya dengan cara melakukan pemeriksaan pada bagian radiator secara rutin beserta airnya dan memastikan radiator berfungsi baik. Air dalam radiator secara rutin harus dikuras dan diganti air radiator baru. Dengan demikian, akan membuat mobil tetap prima.

3.Melakukan cek pada bagian aki mobil

Aspek lain yang perlu diperhatikan pada sebuah mobil agar membuat mobil tetap prima adalah melakukan pengecekan secara rutin pada bagian accu. Semua orang tahu sumber energi listrik dari sebuah mobil adalah accu. Accu yang kurang bagus akan membuat mobil tidak bisa distarter dan bisa mengalami mogok di jalan. Melakukan pengecekan pada accu mobil tidak membutuhkan waktu lama.

Tapi manfaatnya sangat besar untuk memastikan mobil dalam keadaan prima. Disamping itu, manfaat rutin melakukan pengecekan aki bermanfaat untuk membuat mobil awet dalam masa pemakaian. Untuk pengecekan accu termasuk memastikan kondisi accu dalam kondisi bagus dan air accu sudah terisi dengan baik.

Dibaca Juga: Apa Sajakah Hal Yang Wajib Dipasang Mobil Baru?

Pengecekan air pada accu mobil bisa dilakukan 2 minggu satu kali apabila mobil anda memakai accu basah. Anda bisa melihat dengan seksama apakah air dalam accu sudah terisi dengan baik sesuai kapasitasnya. Jika air accu berkurang atau sangat minim dari batas yang ditetapkan maka anda bisa menambahkan dengan air accu baru sampai air accu berada dalam garis yang telah ditentukan.

4.Pengecekan ban

Upaya yang bisa dilakukan oleh anda untuk membuat mobil tetap prima selanjutnya adalah dengan memastikan kondisi ban mobil dalam keadaan baik beserta tekanan angin ban mobil sudah mencukupi.  Upaya melakukan pengecekan pada bagian ban mobil secara rutin bermanfaat untuk menjaga keselamatan. Apalagi apabila anda suka pergi mengendarai mobil dalam jarak yang sangat jauh. Memperhatikan kondisi ban sangat penting untuk keselamatan anda dalam berkendara.Untuk waktu pengecekan ban mobil beserta tekanannya dapat dilakukan rutin. Seperti satu bulan satu kali.

Apabila ada salah satu ban mobil yang mengalami rusak atau gundul  maka anda bisa menggantinya dengan ban baru. Sebaliknya jika empat ban mobil semuanya rusak dan tak memungkinkan dipakai lagi maka anda jangan ragu-ragu untuk menggantinya dengan ban baru keempatnya. Hal tersebut  perlu dilakukan sebagai upaya menjaga keselamatan sekaligus membuat mobil tetap prima.

5.Melakukan pemeriksaan pada bagian lampu dan kabel

Hal yang tak boleh anda lewatkan dalam upaya membuat mobil tetap prima adalah melakukan pengecekan pada bagian lampu dan kabel mobil. Semuanya harus dicek satu persatu dan memastikan dalam kondisi bagus. Jika ada kabel yang rusak atau putus maka secepatnya dapat diperbaiki. Atau jika ada lampu mobil yang mati atau redup maka bisa diganti dengan lampu mobil yang baru. Hal itu berguna untuk memperpanjang umur pemakaian mobil dalam upaya cara membuat mobil tetap prima.

Untuk lebih mudahnya untuk memperbaiki kabel yang putus atau lampu yang rusak maka anda bisa melakukan pengecekan sekaligus service di bengkel mobil terdekat. Untuk kabel, lampu dan komponen lain yang harus diganti di bengkel maka anda bisa memilih membeli kabel, lampu maupun suku cadang yang asli dari pabrikan langsung.

6.Pengecekan pada bagian oli

Hal yang tak boleh dilupakan juga agar membuat mobil tetap prima adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian oli. Oli merupakan komponen penting dalam mesin mobil. Sehingga mesin mobil dapat berjalan lancar, prima dan awet. Anda harus memastikan kondisi oli mobil dalam kondisi masih bagus dan sudah diganti sesuai jadwal ganti oli per enam bulan satu kali atau per 10 ribu km.

Demikianlah upaya-upaya yang bisa anda lakukan untuk membuat mobil tetap prima.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.