❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

7 Perawatan Mobil Hybrid yang Penting Dilakukan

mobil hybrid

Mobil hybrid telah menjadi pilihan populer di kalangan konsumen yang mencari kendaraan ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Buat kamu yang baru saja mempunyai mobil hybrid, kali ini rustpro.id akan berbagi tips tentang cara perawatan mobil hybrid agar memiliki masa pakai yang lama.

Perawatan Mobil Hybrid

Berikut adalah sejumlah perawatan mobil hybrid yang wajib kamu lakukan untuk membuatnya memiliki masa pakai yang lama:

1. Pemeriksaan Rutin Sistem Baterai

Baterai adalah komponen mobil hybrid yang paling krusial. Penting untuk selalu memperhatikan baterai mobil hybrid agar kendaraan ramah lingkungan ini memiliki masa pakai yang lama.

Meskipun sistem baterai mobil hybrid sudah dirancang untuk bisa tahan lama, namun pemeriksaan secara rutin tetap harus dilakukan untuk menjamin performanya tetap optimal.

Periksalah kondisi baterai secara berkala dan perhatikan apakah terdapat tanda-tanda keausan atau kerusakan.

Jika baterai sudah mulai menunjukkan penurunan performa, segera bawa ke bengkel spesialis untuk segera diperiksa.

2. Perawatan Sistem Pendingin

Mobil hybrid memiliki sistem pendingin yang lebih kompleks dibandingkan dengan mobil konvensional.

Maka dari itu, pastikan kamu memeriksa level cairan pendingin secara rutin dan menggantinya sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi selang dan radiator agar memastikan tidak ada kebocoran dan kerusakan.

3. Penggantian Oli Mesin

Meskipun mesin bensin pada mobil hybrid tidak bekerja se-ekstra mesin mobil konvensional, mengganti oli mobil hybrid juga wajib diganti secara berkala.

Oli mesin adalah komponen mobil yang wajib diganti secara teratur untuk menjaga kebersihan dan pelumasan mesin.

Idealnya, oli mesin mobil hybrid wajib diganti setiap 10.000 Km atau 6 bulan. Pastikan kamu menggunakan jenis oli yang direkomendasikan untuk mobil hybrid.

4. Perawatan Sistem Rem

Perawatan mobil hybrid yang tidak boleh ketinggalan adalah perawatan sistem rem. Biasanya, mobil hybrid dilengkapi sistem pengereman regeneratif yang dapat berfungsi untuk mengisi ulang baterai saat rem digunakan.

Akan tetapi, walaupun sistem rem mobil hybrid dapat membantu mengurangi keausan pada rem, pemeriksaan rutin tetap diperlukan.

Periksa ketebalan bagian bantalan rem dan pastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik. Selain itu, cairan rem juga wajib diganti sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan.

5. Pemeriksaan Transmisi

Komponen mobil hybrid yang juga perlu diperhatikan dalam perawatannya adalah transmisi. Biasanya, mobil hybrid menggunakan transmisi otomatis atau matic.

Namun, ada juga mobil hybrid yang didesain dengan transmisi khusus untuk kendaraan hybrid.

Nah, pastikan kamu memeriksa dan mengganti oli transmisi secara berkala sesuai anjuran yang diberikan pabrikan mobil kamu.

6. Pemeriksaan Sistem Elektronik

Jangan lupa untuk selalu memeriksa sistem elektronik mobil hybrid kamu. Pastikan semua komponennya, seperti sistem kontrol mesin, sensor, dan perangkat lunak, berfungsi dengan baik.

Kemudian, jika ditemukan masalah pada sistem elektronik mobil hybrid, jangan ragu untuk membawa mobil kamu ke bengkel spesialis agar segera diperiksa dan diperbaiki.

7. Perawatan Eksterior dan Interior

Perawatan mobil hybrid berikutnya yang tidak boleh dianggap remeh adalah perawatan eksterior dan interior.

Perawatan ini bisa kamu lakukan dengan mengpalikasikan anti karat, coating & detailing, atau sekedar poles biasa.

Hal ini penting untuk mencegah kerusakan pada mobil kamu dan menjamin nilai jualnya berada di angka yang tinggi.

Baca Juga: Pentingnya Anti Karat untuk Mobil Listrik

Mobil Hybrid Juga Rentan Berkarat, Bawa ke Rustpro Sekarang!

Sama seperti mobil konvensional, mobil hybrid juga rentan terkena karat atau korosi. Nah, penting juga buat kamu merawat mobil hybrid dengan mengaplikasikan cat anti karat untuk menghindarinya dari keropos.

Kalau mobil sudah keropos, maka biaya untuk merestorasinya bisa sampai Rp 20 juta. Hal ini tentu sangat dapat menguras tabungan kamu jika tidak segera dicegah.

Oleh karena itu, kami menawarkan layanan anti karat mobil untuk melindungi mobil hybrid kamu dari bahaya karat dan keropos.

Kami menggunakan cat anti karat berbahan premium yang kualitas dan ketahanannya bisa sampai lebih dari 5 tahun. Kami menjaminnya dengan garansi sampai 8 tahun.

Kalau mobil kamu sudah terlanjur berkarat, kami punya alat Rust Buster yang bisa membersihkan karat pada logam mobil kamu hanya dalam waktu sekejap.

Rustpro buka sampai malam. Jadi, ga ada alasan lagi buat kamu untuk tidak merawat mobil hybrid di Rustpro.

Apalagi, selain anti karat, kami menyediakan layanan unggulan lainnya untuk memanjakan mobil kamu, yakni mulai dari coating & detailing hingga kaca film.

Yuk, segera reservasi sekarang melalui WhatsApp Customer Service kami di nomor 0812-1130-9522!

Teruntuk kamu yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, Cirebon, dan Surabaya, berikut alamat cabang Rustpro terdekat yang bisa kamu datangi.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.68, RT.3/RW.19, Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

No. CS: Klik di sini

RustPro Bintaro

Alamat: Ruko Graha Nusantara, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330.

No. CS: Klik di sini

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

No. CS: Klik di sini

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228.

No. CS: Klik di sini

Itulah dia sejumlah tips perawatan mobil hybrid yang bisa kamu ikuti untuk menjaminnya dapat bertahan lama.

Segera cegah mobil hybrid kamu sebelum berkarat dan keropos bersama Rustpro! Garansi 8 tahun!

RUSTPRO

It's My Responsibility