❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Pakai Mobil Listrik untuk Perjalanan Jauh saat Mudik? Wajib Perhatikan Hal-hal Ini

Pakai Mobil Listrik untuk Perjalanan Jauh saat Mudik

Mobil listrik semakin populer sebagai pilihan transportasi ramah lingkungan dan hemat biaya. Namun, pakai mobil listrik untuk perjalanan jauh memerlukan perencanaan yang matang dan perhatian ekstra terhadap pengisian daya dan kondisi mobil. Jika Anda merencanakan pakai mobil listrik untuk perjalanan jauh saat mudik, maka Anda perlu memperhatikan beberapa kiat-kiat penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan perjalanan Anda. Artikel ini akan membahas kiat-kiat yang perlu diperhatikan saat menggunakan mobil listrik untuk perjalanan jauh saat mudik, sehingga Anda dapat melakukan perjalanan dengan tenang dan sukses sampai ke tujuan.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pakai Mobil Listrik untuk Perjalanan Jauh Ketika Mudik

Mempersiapkan diri untuk menggunakan mobil listrik untuk perjalanan jauh saat mudik tidak hanya melibatkan pengecekan baterai dan jadwal pengisian daya, tetapi juga memerhatikan aspek keselamatan. Berikut adalah beberapa kiat-kiat aman mobil listrik untuk perjalanan jauh saat mudik.

  1. Perencanaan Rute dan Pengisian Daya

Pakai mobil listrik untuk perjalanan jauh saat mudik memerlukan perencanaan rute dan pengisian daya yang matang. Pastikan Anda memeriksa jalur yang akan Anda ambil dan memastikan stasiun pengisian daya yang terdekat. Anda juga perlu memperhitungkan jarak dan waktu yang diperlukan untuk sampai ke stasiun pengisian daya berikutnya. Lakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai ketersediaan stasiun pengisian daya di sepanjang rute perjalanan. Pastikan untuk membawa kabel pengisian daya mobil dan ponsel yang terisi penuh untuk keperluan darurat.

  1. Pemeliharaan Mobil

Mobil listrik memerlukan perawatan yang berbeda dengan mobil konvensional. Pastikan dalam kondisi prima pada mobil listrik untuk perjalanan jauh sebelum berkendara. Periksa kondisi ban, rem, sistem pendingin, dan baterai mobil. Pastikan semua komponen mobil berfungsi dengan baik dan dalam kondisi yang aman.

Jika ada komponen-komponen yang dirasa khawatir mengalami kerusakan, seperti keropos akibat karat, pastikan untuk mengaplikasikan lapisan anti karat mobil di Rustpro terlebih dahulu. Menggunakan bahan rubber atau karet, anti karat mobil Rustpro jauh lebih ringan, tahan di suhu tinggi, aman dari percikan bahan bakar, tapi tetap optimal lindungi dari ancaman karatan dengan garansi 8 tahun.

  1. Hemat Daya Baterai

Hemat daya baterai adalah kunci untuk sukses dalam pakai mobil listrik untuk perjalanan jauh. Pastikan untuk mematikan fitur yang tidak diperlukan seperti pendingin udara atau pemanas ketika tidak dibutuhkan. Gunakan fitur penghemat energi saat mengemudi seperti mode regeneratif, yang memungkinkan mobil menghasilkan energi saat pengereman dan menghemat daya baterai. Kurangi kecepatan Anda agar daya baterai dapat bertahan lebih lama. Pastikan Anda memiliki cadangan daya baterai yang cukup untuk mencapai stasiun pengisian daya berikutnya.

  1. Mengisi Daya Mobil dengan Aman

Pastikan Anda mengisi daya mobil listrik dengan aman dan benar. Ikuti petunjuk pengisian daya yang tertera di stasiun pengisian daya. Pastikan kabel pengisian daya tidak terjepit atau terpaut di mobil dan stasiun pengisian daya. Pastikan kabel pengisian daya selalu dalam kondisi baik dan aman. Jangan meninggalkan mobil saat mengisi daya dan pastikan mobil Anda selalu terkunci.

  1. Pertimbangkan Suhu Lingkungan

Suhu ekstrem dapat mempengaruhi kinerja baterai mobil listrik. Pastikan untuk menghindari suhu terlalu panas atau terlalu dingin dalam pengoperasian mobil Anda. Jangan meninggalkan mobil dalam kondisi panas atau terkena sinar matahari langsung untuk waktu yang lama. Pastikan Anda memiliki sistem pendingin yang berfungsi dengan baik dan gunakan pengatur suhu untuk menjaga kenyamanan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Untuk menghindari cuaca terlalu panas saat berkendara, pengaplikasian kaca film Domo Film dari Rustpro bisa jadi pilihan tepat. Menggunakan Nano Armor Technology, Domo Film efektif mencegah dan menghalau sinar UV hingga radiasi inframerah penyebab panas matahari hingga 99%. Semakin aman, Domo Film ini dilengkapi dengan masa garansi 8 tahun.

  1. Beri Diri Waktu Lebih

Waktu pengisian daya mobil listrik mungkin memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan mengisi bahan bakar konvensional. Oleh karena itu, pastikan untuk memberi diri waktu ekstra saat merencanakan perjalanan. Hitung waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya dan pastikan Anda memiliki waktu yang cukup untuk sampai ke tujuan Anda. Pastikan Anda mengisi daya secara cukup untuk perjalanan Anda, sehingga Anda tidak perlu terburu-buru untuk mencari stasiun pengisian daya berikutnya.

  1. Pertimbangkan Menginstal Pengisi Daya di Rumah

Jika Anda sering pakai mobil listrik untuk perjalanan jauh, pertimbangkan untuk menginstal pengisi daya di rumah Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk mengisi daya mobil di rumah dan menghemat waktu dan biaya pengisian daya. Pastikan Anda menginstal pengisi daya yang sesuai dengan mobil Anda dan mengikuti petunjuk instalasi dengan benar.

  1. Berbagi Informasi dengan Orang Lain

Saat pakai mobil listrik untuk perjalanan jauh, pastikan Anda berbagi informasi dengan orang lain, termasuk keluarga, teman, atau pihak berwenang. Berikan informasi mengenai rute perjalanan, stasiun pengisian daya yang terdekat, waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan, dan informasi kontak darurat. Jangan ragu untuk meminta bantuan jika Anda mengalami masalah selama perjalanan.

  1. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Patuhi aturan lalu lintas dan jangan melebihi batas kecepatan. Ingatlah bahwa mobil listrik mungkin memiliki waktu pengisian daya yang lebih lama dibandingkan dengan mobil konvensional, sehingga Anda perlu memberi diri waktu lebih untuk mencapai tujuan. Pastikan Anda selalu waspada saat mengemudi dan menjaga keamanan diri dan penumpang.

Baca Juga: Aturan Kaca Film Mobil di Indonesia, Patut Dipatuhi!

Dalam melakukan perjalanan jauh dengan mobil listrik, pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan baik dan memeriksa kondisi mobil sebelum memulai perjalanan. Lakukan penghematan daya baterai dan pastikan pengisian daya mobil dilakukan dengan aman. Patuhi aturan lalu lintas dan selalu waspada saat mengemudi. Dengan melakukan persiapan yang matang dan mematuhi kiat-kiat aman mobil listrik untuk perjalanan jauh saat mudik, Anda dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman.

Untuk pengaplikasian anti karat mobil listrik dan pemasangan kaca film pencegah panas saat mudik, terutama saat mudik atau bermukim di Cirebon, Bandung, dan Lontar, Anda bisa berkunjung ke cabang-cabang Rustpro di sini:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan anti karat mobil dan produk Domo Film di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho. Jangan sampai ketinggalan, segera dipesan!

RUSTPRO

It's My Responsibility