❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Bikin Boncos Budget, Ini Penyebab Bahan Bakar Boros

Penyebab bahan bakar boros – Setiap pengendara mobil tentunya ingin konsumsi dari bahan bakar pada kendaraan mereka irit. Terlebih lagi, di saat seperti sekarang ini dimana harga dari bahan bakar kendaraan semakin mahal. Tentunya memiliki sebuah kendaraan yang boros bisa menjadi sebuah masalah yang sangat menjengkelkan. Tetapi untungnya, pada beberapa mobil mereka sudah memiliki sebuah sistem ECO driving.

Dimana fitur yang satu ini akan bisa membuat mobil Anda menjadi lebih hemat dan tidak boros. Sayangnya, terkadang ada juga monil yang mengalami beberapa masalah. Hal tersebut membuat mobil tetap boros meskipun sudah dilengkapi dengan fitur ECO driving ini.

Penyebab Bahan Bakar Boros

Penyebab Bahan Bakar Boros

Bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, berikut ini adalah beberapa penyebab bahan bakar boros pada mobil Anda yang perlu diketahui.

  1. Terlambat Ganti Oli

Memiliki mobil yang irit bahan bakar tentunya adalah impian semua orang. Terlebih lagi di tengah maraknya kenaikan harga bahan bakar minyak yang semakin melambung tinggi. Membuat banyak orang berusaha untuk mengirit bahan bakar kendaraan mereka dengan berbagai macam cara. Tetapi, terkadang memang ada banyak sekali masalah yang terjadi pada mobil yang membuat mereka menjadi lebih boros bahan bakar.

Salah satu penyebab bahan bakar boros yang pertama adalah karena oli mobil yang terlambat diganti. Oli mobil memang merupakan hal yang sangat penting di dalam mobil. Oli memiliki peran sebagai pelumas mesin, dimana tanpa adanya oli maka mesin tidak akan bisa bekerja. Oleh karena hal itu, mengganti oli mobil menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga performa dari mobil.

Terlebih lagi, fungsi dari oli sendiri selain untuk menunjang performa pada mobil. Ternyata juga berpengaruh terhadap konsumsi dari bahan bakar kendaraan. Dengan Anda tidak megganti oli mobil dengan rutin dan mengulur waktu untuk mengganti oli. Maka Anda tentunya sudah membuat mesin menjadi bekerja lebih ekstra karena oli yang kotor.

Dimana hal ini tentunya akan bisa membuat mobil menjadi membutuhkan bahan bakar yang jauh lebih besar dari biasanya. Sehingga, akibatnya mobil juga menjadi lebih boros lagi terhadap bahan bakar. Dan hal inilah yang kebanyakan menjadi penyebab bahan bakar boros . Sehingga untuk menghindari hal ini, pastikan Anda selalu mengganti oli mobil Anda secara rutin maksimal adalah 6 bulan sekali atau saat mobil sudah menempuh jarak sejauh 10.000 km.

  1. Filter Bensin Kotor

Setelah penyebab bahan bakar boros yang pertama adalah karena oli yang jarang diganti dan kotor. Penyebab selanjutnya dari mobil lebih boros bahan bakar adalah karena filter bensin yang kotor. Seperti yang diketahui, mobil yang jarang yang dilakukan servis tentunya akan semakin sering mengalami masalah. Mulai dari oli yang kotor sampai dengan filter bensin yang kotor.

Filter bensin yang kotor ini juga bisa menjadi sebuah penyebab bahan bakar boros yang utama. Hal ini karena filter bensin yang kotor, akan bisa membuat bensin mobil menjadi ikut kotor. Akibatnya, Kotor tersebut akan masuk ke dalam ruangan pembakaran dan menimbulkan beberapa masalah. Mesin juga menjadi bekerja lebih berat karena bensin yang kotor tersebut, sehingga bahan bakar tentunya akan semakin mudah berkurang.

Masalah yang seperti ini biasanya sering terjadi karena pemilik mobil lupa atau telat melakukan servis secara rutin terhadap mobil mereka seperti ganti oli. Karena, jika pemilik mobil rajin melakukan servis secara rutin dan melakukan penggantian oli secara tepat waktu. Secara otomatis filter bensin ini juga akan ikut diservis dan dibersihkan. Secara umum, filter bensin ini akam diganti setiap sudah menempuh jarak sejauh 30.000 km sampai dengan 40.000 km.

Tujuan dari digantinya filter bensin ini adalah agar bensin yang disalurkan ke dalam ruang bakar adalah bensin yang bersih. Karena jika ada kotoran yang masuk ke ruang bakar, proses pembakaran tentunya jadi tidak sempurna. Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa hal inilah yang menjadi salah satu penyebab dari bensin mobil boros.

Baca Juga: Beberapa Cara Menghemat Bahan Bakar Mobil

  1. Filter Udara pada Mobil Kotor

Setelah mengetahui tentang dua penyebab bahan bakar boros sebelumnya. Penyebab bahan bakar boros pada mobil yang selanjutnya juga hampir sama, yaitu tidak jauh dari komponen yang kotor. Penyebab kedua ini adalah disebabkan dari filter udaranya yang kotor. Selain dari filter bensin, filter udara juga perlu untuk dilakukan pembersihan secara rutin.

Hal ini disebabkan, filter udara juga memiliki peran yang penting di dalam sebuah kendaraan. Dengan filter udara yang kotor pda mobil, hal ini bukan hanya bisa menyebabkan fungsinya terganggu. Tetapi, filter kotor ini akan membuat kotoran yang disaring juga ikut masuk ke dalam mesin. Hal ini tentunya akan bisa menggangu kinerja dari mesin mobil yang membuat mesin bekerja lebih keras dari biasanya.

Dengan mesin yang bekerja lebih keras, artinya bahan bakar yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. Selain dengan hal itu, filter udara yang kotor ini juga akan membuat pasokan udara bersih ke mesin jadi berkurang. Sehingga, hal ini mengakibatkan tenaga yang dihasilkan dari mesin juga menjadi tidak maksimal. Alhasil, kerja dari piston mobil jadi lebih berat, sehingga Anda akan perlu untuk menginjak pedal gas lebih dalam supaya mobil menjadi lebih bertenaga.

  1. Menggunakan BBM yang Tidak Sesuai

Penyebab bahan bakar boros pada mobil yang selanjutnya adalah disebabkan karena penggunaan BBM yang tidak sesuai.Kesalahan umum yang satu ini sebenarnya sering kali terjadi. Hal ini disebab kebanyakan dari para pengguna mobil yang menyepelekannya. Padahal nyatanya, penggunaan dari bahan bakar minyak pada mobil yang tidak sesuai bisa menjadi penyebab bahan bakar boros.

Biasanya penyebab dari bensin mobil menjadi lebih boros ini adalah karena menggunakan bahan bakar yang sembarangan. Dimana bahan bakar tersebut memiliki kualitas yang jauh lebih rendah daripada standar bawaan yang diberikan dari pabrik. Misalnya saja menggunakan bahan bakar dengan oktan di bawah 90, atau bahkan dibawah 80. Padahal sebenarnya, pabrikan pada saat ini umumnya merekomendasikan untuk penggunaan bahan bakar yang beroktan minimal 90 atau juga 92. Bahkan, pada beberapa jenis mobil ada pula yang mensyaratkan untuk minimal oktan yang digunakan adalah 95.

Menggunakan bahan bakar kendaraan di bawah kualitas yang disarankan ini akan membuat pembakaran jadi kacau. Akibatnya tentu membuat konsumsi bensin menjadi lebih boros. Selain itu, hal ini juga akan membuat mobil terasa ngelitik atau knocking. Akibat dari hal ini selain menjadi penyebab bahan bakar boros, juga bisa membuat performa mobil menjadi menurun.

  1. Penggunaan AC yang Berlebihan

Penyebab bahan bakar boros yang selanjutnya adalah akibat dari gaya berkendara pengemudi. Sering kali, para pengemudi menggunakan AC yang terlalu dingin pada saat berkendara. Dimana hal ini apabila terlalu sering dilakukan akan membuat bensin mobil menjadi lebih boros. Sebab, dengan suhu AC mobil yang semakin rendah, maka kompresor akan bekerja dengan ekstra dimana hal ini akan membuat bahan bakar yang dibutuhkan menjadi semakin banyak.

RUSTPRO Window Film Protection, Rekomendasi Kaca Film Mobil Anti Silau

Agar kinerja AC mobil bisa semakin optimal sehingga tak memerlukan asupan energi – melalui bahan bakar – dengan boros, Anda patut untuk mempertimbangkan memasang kaca film mobil berkualitas prima dari RUSTPRO Window Film Protection.

RUSTPRO Window Film Protection dari RUSTPRO bisa jadi pilihan tepat untuk Anda pasang pada mobil kesayangan Anda. Menggunakan Nano Armor Technology, teknologi ini membuat kaca film mobil dari RUSTPRO Window Film Protection mampu melindungi dari efek sinar UV hingga terik matahari hingga 99%. Fitur ini juga membuat kaca film mobil andalan dari RUSTPRO mampu menghalau radiasi inframerah yang menyebabkan panas di suhu kabin mobil.

Dengan optimalkan menghalau teriknya sinar matahari, sinar UV, hingga inframerah yang sebabkan panas di dalam kabin mobil, suhu dalam kabin mobil jadi lebih terjaga sejuknya meski tanpa menyalakan AC mobil secara berlebih. Otomatis penggunaan bahan bakar pun lebih hemat dibandingkan sebelumnya.

Tersedia dalam beberapa tingkat kegelapan yakni 40%, 60% dan 80%, kaca film mobil dari RUSTPRO ini bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi. RUSTPRO Window Film Protection juga hadir dalam dua varian warna, yakni Fuji (Hitam) dan Daisen (Biru).

Tertarik pasang RUSTPRO Window Film Protection agar lebih hemat energi dan bahan bakar mobil Anda? Dapatkan RUSTPRO Window Film Protection via WhatsApp (klik di sini). Reservasinya cukup mudah dan bisa langsung dari rumah, Anda akan diarahkan langsung menuju ke bengkel yang dituju untuk pemasangan tanpa khawatir harus mengantre dalam mendapatkan pelayanannya.

RUSTPRO

It's My Responsibility