❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

4 Penyebab Bearing Roda Mobil Cepat Rusak

penyebab bearing roda mobil cepat rusak

Bearing atau laher mobil adalah komponen penting yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara bagian-bagian bergerak dalam kendaraan. Meskipun dirancang untuk tahan lama, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan bearing mobil cepat rusak.

Melalui artikel ini, rustpro.id akan berbagi informasi tentang sejumlah penyebab bearing roda mobil cepat rusak, mulai dari kondisi jalan hingga faktor-faktor lainnya.

Silahkan simak artikel ini hingga selesai agar Anda dapat mencegah kemungkinan terburuk pada mobil Anda, tak terkecuali kerusakan pada bearing roda.

Penyebab Bearing Roda Mobil Cepat Rusak

Berikut adalah 4 (empat) penyebab utama bearing roda mobil yang cepat rusak:

1. Kondisi Jalanan yang Rusak

Salah satu penyebab bearing roda mobil cepat rusak adalah mobil sering melewati kondisi jalanan yang rusak.

Jalan yang penuh dengan lubang, kerikil, dan bergelombang dapat menyebabkan tekanan dan benturan berlebih pada bearing.

Saat kendaraan melintasi jalan yang rusak, beban yang ditanggung oleh bearing menjadi meningkat. Ini tentu bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen internal bearing seperti bola atau roller dan jalur lajurannya.

Kondisi ini tidak hanya memperpendek usia layanan bearing, tetapi juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian lain dari sistem roda dan suspensi mobil.

2. Masalah pada Suspensi Mobil

Komponen suspensi yang tidak berfungsi dengan baik juga merupakan penyebab bearing roda mobil cepat rusak.

Suspensi yang rusak atau aus tidak dapat menyerap getaran dan benturan dari permukaan jalan dengan efektif, sehingga menyebabkan bearing menerima beban yang lebih besar dari biasanya.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Misalnya, shock absorber mengalami bocor atau kondisi per yang sudah lemah dapat meningkatkan beban dan getaran pada bearing.

Jika tidak ditangani, hal ini bisa berakibat fatal, bahkan bisa menyebabkan kerusakan prematur pada bearing dan komponen kendaraan lainnya.

Oleh karena itu, memeriksa dan memelihara suspensi secara berkala adalah kunci untuk mencegah kerusakan bearing yang disebabkan oleh masalah pada suspensi mobil.

3. Kemasukan Air

Bearing yang kemasukan air juga dapat menyenyebabkan bearing roda mobil cepat rusak.

Air yang masuk ke dalam bearing, terutama air garam yang berasal dari air hujan atau air yang tercemar, dapat menyebabkan korosi dan keausan pada bola atau roller bearing serta jalur lajurnya.

Situasi ini umumnya terjadi saat mobil sering digunakan melewati genangan air atau di daerah yang memiliki kelembapan tinggi.

Air yang masuk ke dalam bearing dapat mengurangi efektivitas pelumas dan mempercepat proses korosi, yang akhirnya mempersingkat umur bearing tersebut.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa seal bearing dalam kondisi baik dan mencegah air masuk sebisa mungkin.

4. Kualitas Grease yang Kurang Bagus

Penggunaan grease atau pelumas yang berkualitas rendah adalah penyebab lain dari bearing roda mobil cepat rusak.

Grease memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan dan efisiensi kinerja bearing dengan melumasi komponen-komponen internal dan melindunginya dari gesekan serta keausan.

Grease yang berkualitas buruk bisa jadi tidak memiliki klasifikasi yang tepat atau komposisi kimia yang sesuai untuk menahan tekanan dari bearing mobil.

Hal ini dapat mengakibatkan pelumasan yang tidak memadai, sehingga meningkatkan gesekan dan mempercepat keausan.

Memilih grease berkualitas tinggi yang sesuai dengan spesifikasi produsen mobil dan menggantinya secara berkala adalah cara untuk memperpanjang umur bearing roda mobil.

Ciri-Ciri Bearing Roda Mobil Rusak

Adapun ciri-ciri bearing roda mobil rusak yang perlu Anda kenali, diantaranya:

1. Mobil Sulit Dibelokkan

Ciri-ciri bearing roda mobil rusak yang pertama bisa Anda rasakan ketika mobil sulit dibelokkan.

Ketika bearing rusak, maka ia tidak bisa lagi memfasilitasi putaran roda yang halus dan bebas gesekan.

Hal inilah yang menyebabkan resistensi yang lebih besar ketika roda berputar, yang bisa dirasakan melalui kemudi.

Jika Anda merasa mobil lebih sulit dibelokkan dari biasanya, atau setir terasa lebih berat, ini bisa jadi tanda bahwa bearing roda mobil Anda perlu mendapatkan perhatian.

2. Terdengar Suara Gemuruh pada Mobil

Suara gemuruh yang dapat menjadi ciri yang paling jelas dari bearing roda mobil rusak.

Suara ini biasanya terdengar dari roda yang bearingnya rusak dan akan menjadi lebih keras saat kecepatan mobil meningkat.

Suara gemuruh dapat berasal dari kerusakan pada bola atau roll dalam bearing, atau kerusakan pada jalur lajur bearing itu sendiri.

Suara ini tentu tidak bisa dianggap spele karena bisa mengindikasikan bahwa bearing sudah sangat aus dan mungkin berisiko menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

3. Mobil Terasa Berat Ketika Direm

Ketika bearing roda mobil rusak, Anda mungkin akan merasakan bahwa mobil terasa lebih berat atau kurang responsif ketika melakukan pengereman.

Kerusakan bearing dapat menyebabkan roda tidak berputar bebas seperti yang seharusnya, yang berakibat pada peningkatan gesekan saat rem ditekan.

Ini tidak hanya membuat pengereman lebih berat, tetapi juga bisa meningkatkan keausan pada sistem rem secara keseluruhan.

4. Ada Suara Berdecit pada Mobil

Suara berdecit yang muncul saat berkendara juga bisa menjadi ciri bearing roda mobil rusak. Suara ini biasanya disebabkan oleh gesekan antara komponen-komponen yang tidak dilumasi dengan baik.

Meskipun suara berdecit juga bisa diakibatkan oleh masalah lain, seperti rem yang aus, tetapi jika disertai dengan gejala lain seperti suara gemuruh atau kesulitan dalam mengemudi, ini bisa jadi petunjuk bahwa masalahnya berasal dari bearing yang rusak.

Baca Juga: Ini Nih 5 Cara Mencegah Bemper Mobil Lecet

Jangan Biarkan Kolong Roda Mobil Keropos! Cegah bersama Rustpro Sekarang!

Kolong roda mobil merupakan area yang rentan terhadap korosi karena terbuat dari logam dan sering terpapar air, lumpur, dan garam yang berasal dari kotoran di jalan.

Karat pada kolong roda mobil bukan merusak tampilan estetika, tetapi juga dapat berdampak buruk pada struktur mobil dan meningkatkan risiko kerusakan yang lebih serius seperti pengeroposan.

Rustpro pun hadir sebagai solusi tepat untuk mencegah keropos pada kolong roda mobil Anda.

Rustpro adalah bengkel spesialis anti karat mobil yang menyediakan layanan penyemprotan anti karat pada bagian kolong roda mobil.

Tim teknisi kami yang sudah berpengalaman dan handal menggunakan alat lifter dan spray gun canggih untuk menyemprot cairan anti karat hingga ke sela-sela kolong mobil.

Cairan anti karat yang kami gunakan pun bukan dari bahan abal-abal.

Kami menggunakan cat anti karat yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang aman dan ramah lingkungan, serta mampu memberikan perlindungan jangka panjang pada mobil terhadap karat atau korosi.

Mengapa Memilih Rustpro?

Berikut beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Rustpro untuk mencegah keropos pada kolong roda mobil Anda:

1. Teknisi Berpengalaman dan Handal

2. Alat yang Canggih

3. Cairan Anti Karat Berkualitas Tinggi

4. Garansi

Yuk, Reservasi Sekarang!

Segera lindungi kolong roda mobil Anda dari karat dan keropos bersama Rustpro! Hubungi kami melalui WhatsApp Customer Service di nomor 0812-1130-9522!

Untuk Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda bisa mengunjungi cabang kami yang beralamat di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.68, RT.3/RW.19, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

No. CS: Klik di sini

RustPro Bintaro

Alamat: Ruko Graha Nusantara, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330.

No. CS: Klik di sini

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

No. CS: Klik di sini

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228.

No. CS: Klik di sini

RUSTPRO

It's My Responsibility