❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

7 Penyebab Cat Mobil Kusam Setelah di Compound

7 Penyebab Cat Mobil Kusam Setelah di Compound

Ternyata, setelah mobil Anda menjalani proses compound yang membuatnya terlihat mengkilap dan cerah, ada beberapa faktor yang dapat membuat cat mobil kusam setelah di compund seiring berjalannya waktu. Mengapa demikian? Cari tahu apa sebabnya dengan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab Cat Mobil Kusam Setelah di Cmpound

Masalah cat mobil kusam setelah di compound jelas sangat membingungkan, sebab compound adalah salah satu kiat untuk menjaga cat mobil agar tetap cemerlang. Untuk cari tahu apa saja sebabnya, berikut adalah beberapa penyebab cat mobil kusam setelah di compound:

  1. Eksposur Terhadap Suhu dan Cahaya Matahari

Ketika mobil telah menjalani proses compound, kecerahan dan kilau catnya dapat kembali terlihat. Namun, seiring berjalannya waktu, paparan terhadap suhu dan cahaya matahari dapat menyebabkan cat mobil kusam setelah di compound. Sinar ultraviolet (UV) yang terpancar dari matahari dapat merusak lapisan pelindung cat, yang pada gilirannya memicu oksidasi. Oksidasi ini dapat mengurangi kecerahan dan kilau yang semula ada pada permukaan mobil. Permukaan yang kusam bisa menghasilkan tampilan yang tidak menarik dan membuat mobil terlihat kurang terawat.

Selain itu, suhu yang tinggi juga dapat berkontribusi terhadap cat mobil kusam setelah di compound. Mobil yang terparkir di bawah sinar matahari langsung sering mengalami kenaikan suhu yang signifikan. Suhu yang ekstrem dapat mengubah struktur dan kekuatan cat, mengakibatkan warna menjadi pudar dan cat menjadi kusam. Jadi, perlu diingat untuk melindungi mobil dari sinar matahari langsung dan memarkir di tempat teduh untuk meminimalkan dampak buruk dari suhu yang tinggi.

  1. Polusi dan Debu di Jalan Raya

Kondisi jalan raya yang sibuk menyebabkan mobil kita tidak selalu terlindungi dari polusi dan debu. Partikel-partikel halus yang terdapat dalam debu jalan dan polusi udara dapat menempel pada permukaan mobil yang baru di-compound. Seiring waktu, akumulasi partikel ini dapat menghambat kilau dan membuat cat mobil setelah di compound. Debu dan polusi juga bisa menggores permukaan mobil saat terjadi gesekan saat membersihkan atau menyeka debu.

Untuk mengurangi risiko kerusakan cat mobil kusam setelah di compound akibat polusi dan debu, sebaiknya mobil dicuci secara teratur. Dengan mencuci mobil secara rutin, kotoran dan partikel-partikel yang menempel dapat dihilangkan. Selain itu, pastikan untuk menggunakan produk pembersih yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia keras yang dapat merusak lapisan cat.

  1. Penggunaan Produk Pembersih yang Tidak Tepat

Proses compound melibatkan penggunaan berbagai macam produk pembersih untuk menghilangkan goresan, noda, dan kotoran pada permukaan mobil. Namun, jika produk pembersih yang digunakan tidak tepat atau tidak diaplikasikan dengan benar, hal ini dapat merusak lapisan cat mobil membuat cat mobil kusam setelah di compound. Beberapa pemilik mobil sering menggunakan bahan kimia yang terlalu keras atau menggosok permukaan terlalu kuat saat membersihkan mobil.

Penggunaan bahan kimia yang terlalu keras dapat mengikis lapisan cat dan menyebabkan cat mobil kusam setelah di compound. Selain itu, menggosok permukaan terlalu kuat dapat membuat cat terkelupas atau tergores. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan produk pembersih yang direkomendasikan untuk mobil, mengikuti instruksi penggunaan dengan benar, dan tidak menggunakan tekanan yang berlebihan saat membersihkan mobil. Selalu ikuti petunjuk produsen dan pastikan produk pembersih yang digunakan aman untuk digunakan pada permukaan cat mobil.

  1. Kurangnya Perawatan Pasca-Compound

Setelah mobil menjalani proses compound, perawatan yang tepat sangat penting untuk menjaga kecerahan dan kilau cat. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang mengabaikan perawatan pasca-compound. Kurangnya perawatan, seperti tidak mencuci mobil secara rutin, tidak melindungi dari sinar matahari langsung, dan tidak menerapkan lapisan pelindung secara teratur, dapat membuat cat mobil kusam setelah di compound.

Mencuci mobil secara rutin adalah langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kilau cat. Selain itu, hindari mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung karena air yang cepat mengering dapat meninggalkan bercak atau noda pada cat. Pastikan juga untuk menggunakan produk pembersih mobil yang lembut dan tidak mengandung bahan yang dapat merusak cat.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Usia dan Kualitas Cat yang Digunakan

Selain faktor-faktor eksternal, usia dan kualitas cat yang digunakan pada mobil juga memainkan peran penting dalam menjaga kecerahan dan kilau cat. Seiring berjalannya waktu, paparan terhadap elemen alam seperti sinar UV, perubahan suhu, hujan, dan debu dapat mempengaruhi kondisi cat mobil kusam setelah di compound. Jika cat mobil tidak berkualitas tinggi atau sudah berumur, kemungkinan cat mobil kusam setelah di compound akan lebih tinggi.

Cat yang berkualitas tinggi biasanya memiliki lapisan pelindung yang lebih baik dan lebih tahan terhadap kerusakan akibat faktor-faktor lingkungan. Namun, seiring waktu, bahkan cat berkualitas tinggi pun dapat mengalami perubahan warna dan kehilangan kilau. Faktor usia dan kualitas cat ini tidak dapat dihindari sepenuhnya, namun pemilihan cat yang berkualitas dan perawatan yang tepat dapat membantu memperpanjang masa kecerahan dan kilau cat mobil.

  1. Kurangnya Perawatan Cat Secara Umum

Selain kurangnya perawatan pasca-compound, kurangnya perawatan cat secara umum juga dapat menyebabkan cat mobil kusam setelah di compound. Banyak pemilik mobil yang mungkin mengabaikan pentingnya menjaga kebersihan cat dan melakukan perawatan rutin. Jika cat tidak dibersihkan secara teratur, kotoran seperti noda burung, tumpahan cairan, atau sisa serangga dapat menempel pada cat dan mengakibatkan perubahan warna serta kekusaman.

Selain mencuci mobil secara rutin, perawatan cat juga melibatkan penggunaan produk pembersih khusus untuk cat mobil, penggunaan clay bar untuk menghilangkan noda dan kotoran yang menempel, serta perlindungan cat dengan wax atau sealant. Dengan menjaga perawatan cat secara umum, Anda dapat mempertahankan kecerahan dan kilau cat mobil dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Cat Mobil, Agar Kilau Warnanya Tetap Terjaga

  1. Kerusakan Fisik pada Cat Mobil

Selain faktor-faktor di atas, kerusakan fisik pada cat mobil juga dapat menyebabkan cat mobil kusam setelah di compound. Goresan, goresan halus, atau bekas tumpahan bahan kimia yang tidak dihilangkan dengan baik dapat mengganggu kecerahan dan kilau cat. Jika ada kerusakan fisik pada cat, seperti lapisan cat yang terkelupas atau tergores, permukaan mobil akan terlihat tidak merata dan kusam.

Untuk mengatasi kerusakan fisik pada cat, diperlukan perbaikan dan perawatan khusus. Proses touch-up atau restorasi cat mungkin diperlukan untuk mengembalikan kecerahan dan kilau yang hilang. Jika kerusakan terlalu parah, mungkin perlu dilakukan proses cat ulang untuk mendapatkan tampilan yang optimal.

Lindungi Cat Mobil Agar Selalu Paripurna dengan Graphene Coating di Rustpro!

Setelah mengetahui berbagai penyebab cat mobil kusam setelah di compund, kini saatnya bagi Anda untuk memahami bagaimana agar menjaga tampilan cat mobil selalu mengkilap dan cemerlang meski mobil banyak digunakan.

Penting untuk memberikan perlindungan cat mobil yang tepat agar tampilannya selalu kuat dan indah dengan pemberian proteksi terpercaya, seperti Graphene Coating di Rustpro.

Dengan formulasi Graphene 10H+ Protection, Rustpro menjamin perlindungan yang lebih kuat, keras, dan tahan lama untuk body mobil Anda dengan garansi 3 TAHUN. Jauh lebih kuat dibandingkan lapisan nano dan ceramic coating.

Selain itu, Rustpro adalah satu-satunya bengkel di Indonesia yang menggunakan formulasi coating Graphene 10H+ Protection ini. Dengan demikian, Anda bisa merasakan keunggulan eksklusif yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain.

Karena seringkali layanan Graphene Coating di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini).

Penutup

Meskipun proses compound dapat mengembalikan kecerahan dan kilau cat mobil, terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab cat mobil kusam setelah di compound seiring berjalannya waktu. Agar cerah dan kilaunya cat mobil Anda selalu terjaga, pastikan untuk memberikan perlindungan ekstra dengan pengapliaksian Graphene Coating di Rustpro.

RUSTPRO

It's My Responsibility