❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Penyebab dan Solusi Mobil Putih Menguning

Penyebab dan Solusi Mobil Putih Menguning

Mobil adalah kendaraan yang penting bagi kehidupan modern, karena memudahkan kita untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Saat kita membeli mobil, tentunya kita ingin mobil tetap terlihat cantik dan bersih seperti mobil baru. Namun, ada masalah yang sering dikeluhkan oleh para pemilik mobil, yaitu mobil putih yang menguning.

Bagi para pemilik mobil, mobil putih menguning akan terlihat kusam dan tidak menarik. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penyebab dan solusi mobil putih menguning.

Penyebab Mobil Putih Menguning

Mobil yang menguning memang menjadi masalah yang sering dihadapi oleh para pemilik mobil. Tampilan mobil yang tidak menarik dapat membuat Anda merasa tidak percaya diri saat berkendara. Namun, sebelum Anda mencari solusi untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab mengapa mobil putih menguning.

  1. Usia Kendaraan

Penyebab pertama dari mobil putih menguning adalah usia kendaraan. Mobil yang sudah menua umumnya lebih rentan mengalami kerusakan pada lapisan cat. Seiring dengan waktu, cahaya matahari, hujan, dan polusi udara dapat merusak lapisan cat mobil sehingga warna mobil mulai memudar dan menguning. Faktor usia kendaraan ini tidak dapat dihindari, namun pemilik mobil dapat meminimalisirnya dengan melakukan perawatan mobil secara teratur dan mengganti cat mobil yang sudah rusak atau mulai menguning.

  1. Kualitas Cat Mobil

Penyebab kedua dari mobil putih menguning adalah kualitas cat mobil. Kualitas cat mobil yang buruk akan mempercepat kerusakan pada lapisan cat mobil dan membuat warna mobil menjadi kusam dan menguning. Cat mobil yang berkualitas akan lebih tahan lama dan sulit mengalami kerusakan, sehingga warna mobil akan tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu, pemilik mobil sebaiknya memilih cat mobil yang berkualitas dan sesuai dengan standar, serta menghindari cat mobil yang tidak berkualitas.

  1. Faktor Lingkungan

Penyebab ketiga dari mobil putih menguning adalah faktor lingkungan sekitar mobil. Polusi udara, debu, dan sinar UV matahari adalah beberapa faktor lingkungan yang dapat menyebabkan mobil menguning. Polusi udara dan debu dapat menempel pada lapisan cat mobil dan mengakibatkan warna mobil menjadi kusam dan kotor. Sinar UV matahari juga dapat merusak kandungan pigmen dalam cat mobil sehingga menyebabkan mobil menguning. Faktor lingkungan ini memang tidak dapat dihindari sepenuhnya, namun pemilik mobil dapat meminimalisir efeknya dengan melindungi mobil dari sinar matahari langsung, membersihkan mobil secara teratur, dan menggunakan produk pembersih mobil yang tepat.

Baca Juga: 7 Efek Buruk Paparan Sinar UV saat Berkendara Mobil

Cara Mencegah Mobil Putih Menguning

Anda tentu tidak ingin mobil putih Anda terlihat kusam dan menguning, bukan? Masalah ini memang sangat mengganggu, namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mencegahnya, diantaranya sebagai berikut.

  1. Jangan Serahkan Mobil pada Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari adalah salah satu penyebab utama mobil putih menguning. Oleh karena itu, mobil sebaiknya tidak diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Jika mobil harus diparkir di luar ruangan, sebaiknya gunakan car cover atau parkir di tempat yang teduh. Car cover juga akan melindungi mobil dari debu dan kotoran.

  1. Mencuci Mobil Secara Teratur

Salah satu cara terbaik untuk mencegah mobil putih menguning adalah dengan mencuci mobil secara teratur. Jika mobil tidak dicuci secara teratur, debu dan kotoran akan menempel pada lapisan cat mobil dan mengakibatkan warna mobil menjadi kusam dan kotor. Selain itu, pastikan untuk menggunakan sabun cuci mobil yang tepat dan membersihkan mobil secara menyeluruh, termasuk bagian bawah mobil.

  1. Gunakan Produk Pembersih Mobil yang Tepat

Penggunaan produk pembersih mobil yang tepat juga dapat membantu mencegah mobil putih menguning. Pastikan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan jenis cat mobil dan berbahan dasar lembut. Hindari penggunaan produk pembersih mobil yang mengandung bahan kimia yang agresif atau abrasive, karena dapat merusak lapisan cat mobil dan membuat warna mobil menjadi kusam dan menguning.

  1. Perhatikan Pemeliharaan Mobil Secara Keseluruhan

Pemeliharaan mobil secara keseluruhan juga penting untuk mencegah mobil putih menguning. Pastikan mobil menjalani servis rutin secara teratur dan memeriksa kondisi lapisan cat mobil. Jika terdapat kerusakan pada lapisan cat, segera perbaiki dan ganti cat mobil jika diperlukan. Selain itu, hindari menggosok mobil dengan benda keras atau kasar, karena dapat merusak lapisan cat mobil.

  1. Lindungi Mobil dengan Pelindung Cat

Selain mencuci mobil secara teratur dan menggunakan produk pembersih mobil yang tepat, penggunaan pelindung cat mobil juga dapat membantu mencegah mobil putih menguning. Pelindung cat mobil atau wax dapat melindungi lapisan cat mobil dari faktor lingkungan seperti sinar UV matahari, hujan, dan debu. Selain itu, penggunaan pelindung cat juga dapat membuat mobil lebih mudah dicuci dan menjaga tampilan mobil tetap cantik dan bersih.

Salah satu pelindung cat yang bisa Anda pilih adalah coating mobil. Coating mobil memberikan lapisan pada bodi mobil sehingga tampilan cat bodi mobil akan tetap terlindungi meskipun terkena berbagai amcam polusi dan goresan sekalipun.

Salah satu layanan coating mobil yang sudah banyak dipercaya kualitasnya adalah coating detailing mobil dari Rustpro.

Rustpro menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10 H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia. Formulasi Graphene ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Dengan masa garansi hingga 1 tahun, jelas kualitas dari coating dan detailing Rustpro memang sangat terjamin.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Surabaya, dan Bandung, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Lebak Bulus
    Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  2. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216
  3. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

Karena seringkali layanan coating dan detailing mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Penutup

Mobil putih yang menguning memang menjadi masalah bagi para pemilik mobil, karena akan membuat mobil terlihat kusam dan tidak menarik. Namun, mobil putih yang menguning dapat dicegah dengan melakukan langkah-langkah pencegahan seperti mencuci mobil secara teratur, menggunakan produk pembersih mobil yang tepat, melindungi mobil dari sinar matahari langsung, dan memperhatikan pemeliharaan mobil secara keseluruhan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, mobil putih Anda dapat tetap terlihat cantik dan bersih seperti mobil baru. Jangan lupa untuk memilih perawatan bodi mobil putih yang tepat agar terhindar dari penguningan, salah satunya dengan percayakan coating mobil dari Rustpro yang kualitasnya sudah terbukti oleh banyak pengguna mobil di Indonesia.

RUSTPRO

It's My Responsibility